Pentingnya Komitment Perusahaan Terhadap CSR Program yang melibatkan Konsumen

Sebagai sebuah perusahaan yang Mapan, Bergengsi dan Besar kewajiban untuk melakukan kegiatan-kegiatan dan event CSR adalah mutlak. CSR atau yang lebih dikenal sebagai Corporate Social Responsibility adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan baik sebagai bentuk keperdulian Perusahaan terhadap masyarakat-lingkungan sosial di sekitarnya atau di negara tempat perusahaan tersebut hidup tumbuh berkembang dan berusaha. Namun hanya beberapa Perusahaan yang memiliki langkah Visioner akan melaksanakan CSR yang juga melibatkan konsumen-konsumennya. Tujuannya bukan sekedar untuk menggalang dana lebih besar bagi penerima bantuan sosial, akan tetapi justru lebih besar dari itu, perusahaan juga mengajarkan tindakan Mulia tersebut kepada segenap konsumen (komunitas-komunitasnya) agar berlanjut menjadi sebuah gerakan Social Movement yang bermanfaat dan bertujuan Sosial. Ini merupakan langkah kongkrit seperti membuat bola salju yang mengelinding makin lama makin besar, berat dan kencang.

Nah seperti kita tahu kegiatan CSR yang melibatkan Konsumen sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan otomotif, kita lihat saja Honda yang selalu melibatkan konsumen dan komunitasnya untuk membantu panti asuhan, sekolah dengan safety ride-nya dan melakukan kegiatan lingkungan yang bermanfaat seperti menanam pohon dan lain sebagainya. Aqua juga sebagai perusahaan minuman dalam kemasan juga pernah melakukan kegiatan CSR untuk memberikan bantuan air bersih kepada lokasi yang tertinggal dan kekurangan air dengan melibatkan konsumennya setiap membeli Aqua. Intinya perusahaan yang Visioner akan selalu berfikir kedepan saat melakukan aktivitas eventnya, bukan sekedar jalan dan pokoknya sudah menjalankan begitu saja.

Nah begitu juga dengan SUN Indonesia, sebagai perusahaan innovative dalam bidang Tinta dan Kertas Printing ternyata sudah melakukan CSR+ yang melibatkan Konsumennya. Lihat ini:

“Dalam Program CSR REVO Semangat Berbagi, kami berusaha menularkan kepedulian social dengan melibatkan konsumen-konsumen setia kami untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemanusiaan kepada anak-anak Yatim Piatu. Keterlibatan konsumen dalam program CSR ini sangatlah mudah yaitu dengan membeli 1 botol REVO Smart Ink melalui semua jaringan penjualan SUN Indonesia baik Offline maupun Online selama periode 1 Februari hingga 31 Mei 2018 langsung turut berdonasi Rp. 1.000,-.”

Nah luar Biasa khan. Konsumen juga diajak berpartisipasi dalam kegiatan yang baik ini. Gue Yakin tanpa sumbangan dari Konsumen-pun, SUN Indonesia pasti mampu melakuan sumbangan terhadap Panti Asuhan, namun dengan memotong keuntungan rp.1000 rupiah dari setiap Botol Revo Smart Ink, dan menyumbangkannya ke Panti Asuhan dengan mengatasnamakan serta melibatkan Konsumen itu yang menjadi nilai Plus pada acara CSR ini. Konsumen diajari untuk terlibat dan mau terlibat pada hal-hal yang positif bagi sesama dan lingkungan sosialnya. Berita selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini: Bersama Konsumen SUN Indonesia memberikan Bantuan Pendidikan Bagi Anak Yatim Piatu

Nah sebenarnya dengan acara atau event-event CSR seperti ini, kita sebagai konsumen juga mampu menilai kualitas Brand/Merk atau Perusahaan/Pabrikan yang melakukannya. Gambarannya begini, jika pada suatu event atau kegiatan, perusahaan tersebut sangat Visioner dalam hal konsep dan eksekusi, tentunya perusahaan tersebut bisa begini juga karena sudah terbiasa melakukannya dalam hal-hal yang lain juga, semisal mutu-kualitas produk, proses produksi, pemasaran dan semua kegiatan perusahaan pastinya juga lebih maju dan memiliki nilai inovasi yang lebih unggul.

Kita sebagai konsumen tentunya jadi lebih sreg dengan kualitas produknya juga tidak asal-asalan, sebab hanya perusahaan maju dan yang telah baik dalam penanganan internal perusahaannya yang mampu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang luar biasa seperti ini. Selama masih berkutat dengan masalah internal, gue pikir perusahaan pasti akan sulit untuk berfikir mau lebih dalam hal-hal eksternal yang kurang ada hubungannya langsung dengan Margin Perusahaan. Mereka pasti memilih untuk menguras pikiran dan tenaganya untuk membenahi urusan internal yang belum beres terlebih dahulu dari pada menguras pikiran dan fokus pada visi visi ekternal yang visioner begini.

Hanya perusahaan yang telah baik secara internal (mutu, kualitas produk, efisiensi produksi, jaringan pemasaran, Qc dan lain-lain) yang mampu untuk mencurahkan pikiran dan tenaga untuk hal hal eksternal yang membangun dan visioner semacam ini bagi lingkungan sosialnya. Istilahnya sudah kenganguran bingung membenahi apa lagi, sehingga kreatifitas yang tercurah dan meluap-luap akhirnya tersalur juga untuk hal hal kecil beginian.

Salam Salut 2 Jempol dan salam Uhuuuuuuuuy!!!

Advertisements

3 thoughts on “Pentingnya Komitment Perusahaan Terhadap CSR Program yang melibatkan Konsumen”

  1. Memang perusahaan dan produk yang baik dapat dilihat dari kegiatan dan event2nya, terutama acara csrnya sudah se maju apa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s