Desain NMAX itu sudah ketinggalan Jaman, Belajar dari MIO, kok gag kapok kapok!!!

Kali ini artikelnya singkat padat jelas aja dech ya….

Pertama kali launch NMAX di Indonesia, memang rupa matic yang satu ini menggegerkan jagat permotoran nusantara. Desainnya juga gak biasa, unik, nyeleneh, bahkan diposisikan sebagai desain European Style. Langsung aja jadi trending topic, dipuja puja netizen, dan segera jadi trend setter sekaligus trend wave baru saat itu. Yamaha seakan sekali lagi membawa perubahan yang fresh dan kembali memimpin dalam hal inovasi. Walaupun sebenarnya Honda sudah hadir lebih dahulu dengan PCX CBU-nya, namun sekarang sudah tak banyak yang ingat lagi. Alih alih urutan kehadiran, seakan NMAX mem-wipe up semua memori tersebut, dan penetrating sangat dalam di mind-set orang Indonesia seakan akan Yamaha yang hadir lebih dahulu dan membawa trend perubahan ini.

Kembali ke histori lama, masih ingatkah ada Brand Kymco yang pertama kali di Indonesia mengenalkan motor matic di era bebek? setelah itu barulah Yamaha hadir dengan matic Nouvo kemudian baru MIO. Namun diingatan sebagian besar orang Indonesia, motor matic pertama adalah MIO. Oke Yamaha emang jago urusan demikian. Terulang pada NMAX tentunya. Namun ingat apa yang terjadi pada MIO selanjutnya, sebagai backbone product sekaligus cash cow product-nya Yamaha saat itu malah lalai melakukan peremajaan desain dalam waktu yang sangat lama. Model Mio begitu begitu saja, setelah First MIO, muncul Mio Senyum dan Yamaha tetap happy dengan hasil penjualan MIO serta melupakan kalau sebagian besar orang masih beli MIO bukan karena desainnya lagi, namun karena sedikit terpaksa karena ditunjang oleh berbagai faktor lainnya sehingga walau desain MIO sudah ketinggalan, namun masih beli juga karena banyak hal lainnya. Namun saat itu kompetitor tidak tinggal diam, selain selalu melakukan peremajaan desain, kompetitor juga berusaha mengejar untuk mengungguli berbagi faktor dan hal lainnya tersebut. Nah ketika semuanya mulai equal…. Barulah sales (angka penjualan) Mio jatuh karena memang dari segi desain sudah sangat tertinggal oleh trend saat itu. Yamaha berusaha mem-bangkit-kan MIO dengan beberapa perubahan FRESH Design, berturut-turut dalam waktu cepat mulai dari MIO J, MIO GT, MIO S , MIO M3 sampai MIO Z, namun semua sudah terlambat. “too little too lates”.

Nah melihat desain NMAX juga begitu begitu saja tanpa perubahan cukup berarti, jadi inget sama MIO yang awalnya juga jarang ganti make up. Bener sih ada pendapat NMAX yang baru lebih sangar dan kelihatan besar, sedikit lebih modern, tambahan fitur dimana mana. Namun perlu digaris bawahi disini secara Trend Design udah tertinggal, gak up date lagi, gak ada angin segar. Untung kali ini kompetitornya Honda juga mlempem gak terlalu fighting, (Bagi Gue PCX ini juga gak terlalu uhuuuuuuy!!!) mungkin udah malas kekenyangan Market Share tuh Honda, jadi males fighting all round. Jika saja Honda mau beneran semangat fight seperti jaman MIO vs BEAT, maka dipastikan NMAX ini juga akan menelan pil pahit karena mengulangi kesalahan masa lalu.

Sudah begitu saja. Silahkan didiskusikan MasBrow…Uhuuuuuuuuy!!!

80 thoughts on “Desain NMAX itu sudah ketinggalan Jaman, Belajar dari MIO, kok gag kapok kapok!!!”

  1. Entah knapa kalau dulu suka banget liat nmax malah sampai nyimpen brosurnya dalem lemari. Diem diem liatin dan pengin punya banget.
    Sekarang malah kebalikan kalau liat nmax dijalan malah eneg gw.

    1. Ya itu karena nmax sudah bejibun di jalanan,kalau desain berubah total tentu beresiko. PCX perubahan juga gak terlalu mencolok menurut saya

      1. Tapi kalau liat motor Honda semisal Vario, PCX berjibun di jalanan malah semakin ngebet ingin memiliki juga Bro. Sebaliknya liat Yamaha dijalanan jadi eneg.

        1. Pikiran bawah sadar kita konsumen TIDAK SUKA bila penantang menang dan berkembang (bawah sadar meng compare dgn diri sendiri), apalagi bila kita menganggap diri kita adalah selalu pemenang dlm hidup atau yg sdh menyerah utk berkompetisi, akan semakin eneg lihat brand lain menang atas honda.
          Ketika konsumen sdh menyerah/ takluk pada sebuah brand dgn keunggulan mutlak, maka apapun geliat/ inovasi/ tag line/ dll brand lain akan selalu salah.

          Emeng epe?!

          1. Tapi dulu yamaha pernah dibela konsumen bahkan pernah M/S Yamaha bahkan diatas Honda.

            Namun begitu konsumen dikianati oleh produk produk yg secara teknologi dan desain begitu begitu saja y kembali ke Honda yg lebih care dan satu hati sama konsumen

  2. Klo diliat Dr sejarah vixion sama r25 yg sekarang… Dan malah terjadi lg di aerox facelift (padahal masih oke menurut Saya)… Yamaha kena bully abis²an sama netijen Maha benar terkait design nya… Makanya disini keliatannya Yamaha main Aman untuk masalah design Dr pd ubah total malah blunder… Dan mungkin keterbatasan designer motornya jg yg udah mentok bingung mau diapain lg modelnya… Kasus ini jg mirip sama cbr250rr yg design nya overkill yg makanya facelift nya cuma tambah² fitur aja…

      1. Betul… Nmax design ga overkill Dan Saya ngga Ada menyebut itu di Komen Saya sebelumnya… Makanya Saya beropini sebelumnya designer Yamaha udah mentok bingung mau diapain lg… Mirip kasus CBR250RR yg facelift nya cuma tambah fitur krn designer Honda jg bingung mau update body gmn lg… Saya ga bilang design nmax overkill loh ya…

          1. Kemungkinan krn designer Honda jg bingung update design si cbr150 mau gmn lg… Malah akhirnya di samain ama cbr250rr… Harusnya kalo emang blom dpt inspirasi masalah design… Mending pake design lama aja dulu trus ditambahin fiturnya… jgn maksa update design malah jd blunder… Wong design lamanya masi bagus kok…

          2. Bukan blunder buat 150cc nya justru sang adik mengambil kue kakaknya karena itu cara ygbpalingnpraktis buat memperbesar margin dikala pasar sport lg meredup.

  3. om uhuy, sebagai pengguna mio, saya pikir bukan masalah desain yg out of date saat itu (mio msh sangat cantik sampai hari ini), ttp bg saya lebih kepada performa mesin yg semakin tertinggal.
    utk nmax bg sy scr desain overall masih lbg suka drpd pcx, lg2 yg dikhawatirkan ttp pada performa mesin, fitur, serta kenyamanan pengendara dibandingkan pcx.
    satu lg Om uhuy yg menurut sy fatal bila bertarung penjualan (anggap sj nmax x pcx = 11:10), hari gini akses dealer sangat jomplang antara yamaha dgn honda, 1 Yamaha vs 5 Honda, jauh lg, kalo nggak die harder males banget berkunjung ke dealer Yamaha yg jauh.

    1. Setuju om, masih punya mio automatic yang menurut ane desainnya everlasting. Kekurangannya adalah mesinnya yang boros, tangki bensin kecil dan getaran mesinnya sangat terasa, meskipun secara performa cukup oke. Dan masalah itu tidak segera teratasi pada next gen.

  4. Kalo begitu byk vario 125/150 di jalan, rasa eneg itu nggak ada ya om?
    itulah hebatnya produk yamaha, semakin byk di jalan orang2 liatnya eneg dan ingin beli produk tandingan. tidak berlaku sebaliknya….

    1. Ada benarnya liat produk produk honda lebih everlasting modelnya. Desainnya masih elok dipandang meskipun sudah jadul. Beda ama desain yamaha bentar aja dah kerasa kuno dan jelek.

    1. Data Aisi emang digembok untuk umum tapi khan kalau yg berkecimpung di bidang ini juga tau datanya.
      Kalau melihat data AISI saat ini posisi M/S NMAX juga makin tergerus PCX loh. Mulai masuk awal awal fase kritis. Kalau begini terus menerus lambat laun bisa tergunting tuh M/S nya.
      Bisa bisa mirip kejadian Mio vs Beat dan Jupiter Z vs Blade. Yg diomong om Komeng ini bisa jadi beneran .

    2. Keterlaluan emang konsumen Indonesia, dikasih motor bagus nmax belinya mbit versi 160cc. Dikasih spor mantab 155cc katanya mesin jadul (micek sama pengembangan vva) malah belinya mbit versi 150 sport yg mng kosmetik.
      Yah klo sy cukup lexi sambil mimpi bore UP 200cc

        1. Bagusan lexi sexy lah bang, biji ana sih!?
          Desain asli seksi semok, posisi duduk nyaman tinggi menjulang, lewat jalan bebatuan masih sangat nyaman, posisi kaki boncenger lurus nyaman tp pinggang minta urut sesampai tujuan, tenaga mesin powerfull siap libas sport 150 kosmetik bila bore UP 200cc.
          Sedang…….
          Potensi mbit 160 cuman 1 bang! Bentar lagi kuasai ms “besar itu 160”, bukan ms maxi.

          1. Operasi dulu bang, 200cc biar laki 💪, versi banci kata abang memang seksi lexi! 🤭

  5. Kenapa honda tidak all out ya? …. Totalitas pcx untuk menggulung nmax diragukan…. Jd pengin berpikir yg engga2…. Hmmm

    1. Dari dulu honda klo mo numbang.in satu segmen selalu bertahap cek hadirnya vario sama mbit yg butuh waktu buwt numbangin mio series

    1. Orang Indonesia suka desain lancip2 setajam silet terus dibumbui sesuatu yg glamour, misal hampir 50% dr motor lampu semua, trus kalo bisa ditambahi aksen crom ato yg kinclong2 nyulek mata gitu.

        1. Secara desain, awal kehancuran mio itu bang udang, mio desain bulet2 dgn mesin kompresi rendah super boros. Lalu datanglah mbit yg tajem2 robotic super imut dgn kompresi tinggi super torsi irit bensin (kalo nyante, kalo wuzz2 parah abis bensinya), maka jelaslah sudah, si “cantik” nyungsep.
          Beda dgn nmax, desain super cakep proporsional, mesin terbaik, keiritan oke berbanding performa, fitur Max puol. Cuman, ya…… Jumlah dealer kalah jauh 1:5, promo leasing jauh, jumlah serta tekanan sales lapangan puol jauhnya sama sales mbit 110 – mbit 160. Pelan2 namun pasti, tinggal nunggu habis itu nmax!

          1. Jumlah dealer sama jumlah penjualan itu satu lingkaran begitu pula dg leasing yg saling terkait. Klo potrnsi laku banyak maka dealer bisa ditambah. .klo potensi lakunya banyak maka margin leasing bisa ditekan jadi jangan bilang jumlah dealer dan leasing menjadi alasan suatu produk laku atau gak ya.

          2. Jaman Satria FU dulu booming dgn jumlah dealer seadanya gimana?

            Terus gimana dengan Ninja dan kawasakinya?

            Gak bisa dijadikan alasan tuh.

            Misal penjualan Lexi moncroot… ya emang produknya aja yang jelek Tong.

            Kalau penjualan Vario kenceng ya emang produknya bagus.

            Penjualan NMAX mulai melempem ya karena produknya sudah mulai uzur minim upgrade.

            Dalam dunia otomotip itu bagus tidaknya sales hanya karena 1 faktor utama yaitu Produknya sendiri. Masalah jumlah dealer dan suport leasing itu mengikuti saja, sekondari faktor aja.

          3. Oh gitu, agak beda2 dikit sama beberapa penjelsan om uhuy di bbrp artikel terdahulu.
            Dlm kondisi tertentu, meskipun produk laris manis ttpi kompetitor yg gila sd-nya melawan balik dgn kuat, ya gak gampang mestinya buat nambah armada baru.
            Om martello pernahkan satria fu mengalahkan produk kompetitornya? Kasus ninja bisa diduskusikan. Om, produk apapun tidak jg pengecualian otomotif, sangat arogan bila produk mengambil hampir seluruh porsi sales tanpa menengok marketingnya.

            Yamaha berusaha bertahan dengan birunya, terus akhirnya bisa naik salesnya sampai diajak merah oleh honda (bisnis), terus akhirnya kalah dengan tekanan bertubi-tubi.

  6. menurut gw ya bang komeng.
    nmax itu gak telalu separah mio series lah.. decara design nmax lebih cakep (design jetsky/ maxi bgt). cuma menurut gw ada beberapa hal yg memang kurang diantaranya bagian bodi belakang di bagian bawah yg terkesan kopong. overall sih no debat.. untuk saat ini sih masih fine2 aja itu design nmax.
    gw lebih nunggu gebrakan dari yamaha indo untuk rilis smax dan bw’s untuk mengisi lineup produk scooter 155cc mereka. disamping itu 125cc yamaha menurut gw design udah usang apalagi velq legendnya heeemmmm… lebih baik yamaha main di atas beat. QBix sepertinya lumayan tuh untuk isi 125cc. disamping freego.

    1. Mending desain smax untuk update desain lexi. Dengan kesan elegan dan imut ya minimal bisa jadi pilihan buat yg lg heboh sama mbit 160, dgn harga dan performa lexi jls menarik, sekalian buat ganggu update vario bentar lg.

      smax smax smax 125

    1. Vote untuk:
      1. Smax 125
      2. Force 125
      3. Bw’s 155
      4. Mio smile remake, model tetap, mesin tetap tp naik kompresi, pelek lebar, harga Max 10jt., hahaha 😊

  7. Yamaha > produk baru ada, tapi kalau udah laris mulai males inovasi desain, fitur bannyak
    suzuki > jualan biasa aja(disini), sekalinya laris update terus(kasus satria) sampai lupa membuat motor terbaru(kasus matic saluto/brugman).
    honda> jualan oke, desain dan fitur lanjut terus(kalau rivalnya membuat inovasi).
    kawasaki? jualan motor cuma hobi doang

  8. Bukannya desain itu persetujuan pusat ya? Artinya ya desain nmax dan pcx itu ya deal2an dengan pusat. Menurut ai sih new nmax berevolusi cukup lumayan walau masih nanggung. Kalo yamaha indonesia disuruh desain sendiri takutnya malah jadi lexi dan freego yang gajebo

    1. Iyo om, mending ambil desain taiwan: smax/ force, atau desain thailand, nehi untuk desain india…..
      Nmax masih boleh senyum2 sekarang, tp kalo produk lainya mlempem ya tinggal tunggu waktu jatuh diserang hujatan netizen maha benar serta serangan bertingkat honda. Bye2.

      Tp minimal sy tetep naik lexi, sambil nunggu bisa bore up 200cc 😊

  9. Kalau nmax tetap bertahan… Mudah2an pcx 160 ada upgrade lg (v-tec). .. Kalau pcx 160 yg menang… Mudah2an yamaha bikin produk baru lagi (smax) hehehe…

  10. Hondanya juga setengah setengah.. beat, ADV sama forza itu segaris desainnya.. satu tajem alakadarnya, satunya tajem gagah satu tajem dengan sentuhan lembut yang jadi bikin mewah, malah ngeluarin desain pcx kyk gitu

    mestinya….

    Beat…naik kelas jadi ADV

    …… Turunan Forza

  11. Pcx bagus sih desainnya premium

    Kalau nmax mah lewat

    Kalau mbit khan emang dibuat untuk segment kere ya emang begitu.

  12. Mio kalah bukan karena sekedar design aja..
    Tapi dari riding experimentnya yg jauh berbeda, shock keras, tarikan lemot,durability diacyl cylinder juga dipertanyakan..
    Banyak kasus vampire oli.
    Nmax juga harus dibenerin mesinnya..jangan vampire juga

      1. Mio j emang diasil tp kualitas gak jauh beda sama mbit yg silinder biasa…. mosok gitu ditanyaken😅

          1. Katanya demen motor bro? Saya cuma nanya klo silinder beat bisa dikorter ulang gak? Coba tanya sama bengkel jalanan . Trus tanya jg silinder mio j klo baret bisa dikorter ulang kaya bet kagak? Dah gitu aja

      2. Saya pemake meong m3.. penyakitnya ya loss kompresi.. setelah dibongkar,,ring dah lemah..jarang ada mio baru, akhirnya oli nyelonong,,kerak dimana2.. coba main ke group long drain interval community di fb..
        Baru 1000km aja,,oli dah berkurang jauhh..
        Diasil silinder itu yg bagus di vixion 3c1.
        Terus beberapa kasus,liat di yutub,,silinder baru,,ada yg agak longgar,,ada yg agak sempit..

        1. Pd dsrnya diasil silinder itu jauh lebih bagus dr silinder konv. Sayangnya proses pembuatan yg kurang baik materialnya dan proses manufaktur yg serampangan dengan ketelitian rendah ya bikin mutu jadi lebih jelek.

          Ibaratnya makan steak lebih mantap dari pada makan empal. Namun kalau mutu daging dan proses bikinnya serampangan ya masih enak empal yg dibikin dengan bener.

          1. Makanya itu,,kalo kualitasnya kaya 3c1 ya ga bakal ada debat lah..top bgt..
            Coba tengok mio 2ph,,jarang yg ga vampire oli.. silinder baru dibuka dusnya,,kadang clearance nya beda2..

        2. vixion 3c1 fix no debat kalo soal silinder…..2x km balik ke nol masih aman. Sempet ngebul, turun atas bersihin ring ma piston, celah masih masuk pasang lagi. WKWKWK

    1. kalo mbit jelas bisa lah dikolter ulang, maklum teknologi jaman dulu sekali, ya biasa sih, mangkanya katanya di mbit 150/ 160 ada kasus macet, ya…teknologi lama.
      kalo di mio gen lama sbelum j jls jg bisa dikolter, kalo generasi setelah j termasuk montor sy jls harus beli blok baru kalo ada masalah, tp santai, lebih murah kok daripada dikolter, baru lg….bahkan langsung punya pwr terbaik bila ganti punya nmax/ aerox.

      bukan begitu om eis?! emang apa kelebihan bisa dikolter sama dyasil cylinder yg harus ganti baru kalo ada apa2?

      1. Bisa langsung cek di link diatas kelebihan kekurangan silinder korteran dan jg dibahas kelebihan kekurangan silinder diasil yg gk bisa dikorter.
        Saya mah cm user oto doang

        1. dikit banyak dah tau lah om, ato mungkin ada rahasia tentang urusan kolter mengkolter dan dyasil yang masih suhu eis punya 😂? boleh donk bagi2 langsung, maklum saya tuh masih belom jauh ke negeri seberang.

      2. Loh loh komennya kontradiktif sama komen sebelumnya 😁😁 konsisten donx

        pengen lexi
        MARCH 30, 2021 AT 12:20 AM
        haiss, cuman “nama” biar beda,
        emank mbit pake silinder biasa om eis? wih….. parah!!

  13. Jadi kesimpulannya piston dan block silinder nmax masih kalah bagus ama pcx githu ya om om diatas ane

    1. bagusan punya lexi om cuplis, lah kalo lexi aja bagus, om cuplis bisa ambil kesimpulan untuk model di atasnya. gitu….

        1. iya om, punya lexi lebih bagus dari punya nmax, la wong duit saya cuman cukup buat punya lexi…….., pengen punya nmax belum kebeli, hehe

  14. Benar sekali. Lihat desain XRide, Vixion dan Mio sekarang. Yamaha benar” gk niat jualan. Desain ketiganya ancur. Apa RnD nya gk belajar dari suksesnya Beat, dengan desain yg simple dan eyecatching? Mio pernah menguadai pasar matic I donesia hampir 5 tshun lamanya. Ironisnya, selama itu pula Yamaha gak tahu apa yg membuat Mio menguasai. Benar” parah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s