CBR 150 VS R 15

Honda memang tahu betul bagaimana memposisikan Brand nya dengan baik, bahkan di tiap-tiap category ada minimal 1 Product yang menjadi Flagship Product, sebagai duta positioning Brand semua lini product di category yang sama. Di category Matic ada PCX, seolah bicara matic Honda paling canggih, modern, luxurius dan Irit. Di Category Bebek ada CS-1 yang juga seolah bicara bebek Honda Irit, kencang, cc kecil  tapi power besar. Bahkan untuk sub category bebek sub premium sampai low end ada Blade yang juga berani berbicara, Irit, Kencang, Model Keren dan Racing look juga. Ditambah lagi ada Revo AT yang bicara walau Revo itu motor Irit kelas Low End, tapi soal fitur premium dan teknology juga ditanamkan. Di kelas HSX125 juga ada HSX FI, dimana kesannya semua HSX 125 series itu Irit, berteknologi maju dilengkapi dengan Injeksi.

Nah cara yang sama diterapkan di Category Sport, jadi jelas sekali mengapa CBR 250 harus dimunculkan. Sebagai Flagship product Sport Honda tentunya. Image Honda adalah Penguasa teknology motor akan benar-benar absolute jika ada produk Ultimate yang dipasarkan di kawasan Indonesia ini, tentunya sebuah Sport Racing yang canggih, modern, fashionable, kencang dan tentu saja Irit di kelasnya. CBR 250 cukup mewakili untuk semuanya itu. Ibaratnya CBR 250 adalah pasukan special untuk membuka jalan bagi pasukan utama untuk menghabisi musuh. Nah inilah peran CBR 150 sebagai pasukan samurai yang membabat habis musuhnya.

Sejenak teringat permainan Catur, ada “Skak Mat”. Honda melakukan langkah ini dengan cantik di Sport Category. Inilah “Skak Mat” di Sport Category tahun ini. Lho kok Bisa?

Seandainya nantinya R15 masuk di pasar Indonesiapun, konsumen mulai membandingkan R15 dengan CBR150. Ingat konsumen sport sangat menghargai kecepatan dan performa mesin, disamping penampilan motor itu sendiri. Nah bagaimana performa keduanya jika diadu? kecepatannya? Power mesinnya? DOHC lawan SOHC apakah sebanding? bagaimana menjawab ekspektasi para konsumen sport berfairing ini?

Belum lagi secara image, CBR 150 adalah turunan dari CBR 250 yang super premium bagi ukuran biker Indonesia pada umumnya. CBR 250 adalah Flagship productnya. Gak mampu beli CBR 250, gak usah dipaksain, ada adiknya yang lebih terjangkau, toh model mirip tapi performa oke untuk kelas 150cc.

Bagaimana dengan R15? masyarakat akan memandangnya sebagai V-ixion berfairing, ini upgrade dari V-ixion, tambah gigi, tambah cakram belakang, tambah fairing dan upgrade performa. Tak lebih dari sekedar up grade V-ixion yang dimunculkan untuk menandingi motor Sport Honda.

Kira-kira mayoritas para penggemar sport berfairing lebih suka motor sport fairing 150cc turunan dari versi Racing Sport 250cc, atau pilih upgrade dari motor sport tanpa fairing yang kini dilengkapi dengan fairing yang desainnya cukup oke? Gue gak perlu menjawabnya.

Nah yang namanya “Skak Mat” itu maju kena, mundur kena. R15 gak keluar salah, Keluar juga salah. Bila YMKI memaksa R15 keluar sebelum CBR150 lauching, kesannya tetap Honda lagi lagi menang kwalitas produk saat CBR 150 akan di head to headkan dengan R15. Effect berantai bola salju akan image motor Yamaha vs Honda akan semakin besar nantinya.

Jika gak mengeluarkan R15 juga runyam… gak usah dijelaskan panjang lebar Gue yakin dah pada ngerti dan mudah ditebak alasannya.

Susah memang, mau gak mau Yamaha juga harus berani menerima kekalahan kali ini. Kalaupun masih tersisa “tenaga” yang cukup (finansial power yang cukup), Mundur, muter dulu “flangking” pake jurus optimalkan kapasitas produksi Byson. Penuhi demand yang ada sekarang, selagi import sedikit saja Fazer 250 sebagai flagship Byson. (lebih baik jangan Head to Head kalau pasti kalah jika beradu secara frontal). Menang memang tidak akan mungkin bisa, setidaknya bertahan dulu di sisi yang lain selagi menunggu ada product YZF 250 R4 untuk merebut kembali mahkota image “Kencang”nya disaat kondisi finansial Yamaha sudah tertata baik lagi di tahun-tahun mendatang.

Jadi jangan sampai SALAH ANALYSIS, kali ini Honda bukan lagi mengeluarkan jurus yang sama yaitu; *”memukul permukaaan air untuk menimbulkan riak”. Akan tetapi sudah memakai jurus yang lain, yaitu; “Harimau Putih di Depan, Naga Hijau di Belakang” yang seakan-akan dibungkus dengan jurus yang sama* seperti sebelumnya untuk memancing Yamaha yang sudah berulang kali termakan jurus yang sama*. Bisa jadi Yamaha berfikir, ah sama lagi siasat Honda kali ini, gak mau termakan ikut-ikutan di 250cc, tapi langsung hajar di 150cc pake R15. Itulah yang sebenarnya telah matang diperhitungkan oleh Honda, sehingga jurus “Harimau Putih di Depan dan Naga Hijau di Belakang” sangat tepat dikemas sebagai serangan siasat strategi maut Honda kali ini. Skak Mat!!!

129 responses to “CBR 150 VS R 15

  1. Petramax Plus

  2. Muantap rasanya bisa petramax di sini. he he he. Luar Biasa.

  3. Fazer 250, Yes, setuju.

  4. Tukang Ngibul

    di kupas juga dong strategi suzuki yg mulai menggeliat….!!!

  5. nih emg blog favorite ane,mantap uhuuuuy!!!!!

  6. Blogger Tuyulawi

    Emang kalao bahas strategi marketing TOP na Blog Motor ya disini. Warung sebelah bisanya cuman ngekor bilang grand strategi dan siasat Honda hebat, tapi gak bisa menjelaskan secara jelas dan tajam. Beda jauh levelna. Inpoh lho Mas, sekarang warung sebelah ikutan bikin prediksi 2011.

    Setuju banget kalao di bandingin ama YZF 150 R15, CBR terlalu superior. Sebanding ama polling di Indobikermags, artikel ini selaras dengan hasil polling tersebut. CBR 150 terlalu sakti, pasti jawara. Jadi langkah YMKI jika mengikuti saran warung lain untuk memasarkan YZF150 R15 sebelum CBR150 dipasarkan adalah ide gila dan konyol.

  7. MANTAB!!😀

  8. vanz21fashion

    Analisa yang tajam🙂

  9. @Tuyulawi
    iyo komenku juga dihapus di warung lain itu, gara-gara komen kok sekarang banyak yang membahas grand strategi dan tipuan siasat Honda pada Yamaha yang cuma lihat permukaannya saja.

    Intinya warung itu mau ikut-ikutan mbahas biar terlihat smart tapi ternyata njeblesss, gak mampu tapi dipaksaain. jadi terlihat siapa yang ngikuti trend dan siapa yang Semakin Di Depan.

  10. Tukang Ngibul

    wwaaaahhhh….ada tuyulawi…..biang kerok….!!!

  11. Cuma bisa mangut-mangut,🙂

  12. di sinyalir fanboi berharap bgt cbr 15o menghabisi vixi di penjualan.. sayang bgt motornya lom keluar dan blom tau harganya😀

  13. knapa CBR250 modelnya seperti skrg ini,spt serba nanggung…sptnya itu bagian dari strategi…klo kita liat persiapan yamaha jika akan mengeluarkan yzr250 r4 mgkn butuh waktu sampai 1-2thn(kyknya si 2tahun),disaat r4 keluar honda akan mengeluarkan cbr250rr (yang sudah ganti body dengan design yang satu lagi..liat blog mas taufik)…mgkn seperti itu strateginya…IMHO

  14. Mau komen dari kemaren kemaren tapi jadi keder, takut ilmunya ngak nyampai,… aduh, yo wes nyimak wae!!. barangkali banyak pengunjung lain yang juga memiliki ilmu kanuragan tinggi untuk ngimbangi analysa bro genesis biar tambah pengetahuaan. hix3x.

  15. Adem banget nih warung banyak ilmu & wawasan yang ane dapet. Diskusinya sehat & minim BC. Ini warung jadi favorit ane selain warungnya wak haji. Ane mohon izin nongkrong gan… Salam uhuy…………

  16. Gan, kalo boleh usul bikin artikel analisa price positioning CBR 150R dong, ane yakin banyak yang penasaran. Thank’s.

  17. suka dengan analisis2nya…

  18. pek hauw + ceng liong

  19. artikel yang saya tunggu…

    mwuantab kisanak!!

  20. lae togar anak medan

    muantafff habiz artikelnya bro.

    yang namanya `skak matt`, minimal, beberapa langkah lawan udh ketauan dan antizipazinya udh tau. bahkan bagaimana cara dan apa yg `membunuh raja` dalam catur zuga tau.

    kezulitan nih ymki.

  21. Batikguy Master Yang Taiji

    Yamaha harus pake strategi “Jurus makan bubur panas” … nah kalo udah baca2 buku strategi baru tahu itu jurusnya…tapi syaratnya jangan besar kepala dulu kalo mau pake jurus tsb, jurus tsbakan lebih tokcer kalo keberadaan yamaha nga di anggep sama honda ..just stay low profile jangan nekat😀

  22. Batikguy Master Yang Taiji

    yamaha mau keluarin 250cc R4 di india
    nah R4 itu maksudnya apa yah , kalo maksudnya4 sylinder itu mah ngak mungkin alias kemahalan.

  23. kalau cbr cbu 30jt-an mungkin hanya menggerus pasar vixion 10-15% (just feeling), dimana 10-15% pasar vixion ini adalah entusiast yang pengin sport fairing 4tak injeksi tapi mentok di vixion, walaupun tanpa fairing tapi dah injeksi dan rangka sport dengan deltabox yang sangat dominan

    Minta ijin nitip jemuran perdana:
    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/03/29/new-cbr-250-dilengkapi-sensor-o2-sesuatu-yang-tidak-ada-di-injeksinya-vixion/

  24. ampun., manggut2 lagi..😀

  25. mantap. sembari menunggu ysf-R4 masuk ke indonesia. liat aja yang lain apa masih bisa sombong hehehehehehehe

  26. mantap..analisa nya bagus bang..sementara saya masih berpikiran Yamaha keluarin R15 buat mendahului CBR150..setelah baca baru kepikiran memang mau nya Honda begitu..iyah setuju mending dialih kan dulu ke Byson–>Fazer dari pada langsung berhadapan dan pasti kalah nya..

  27. mantabh bos…..

  28. tetep aja r15 harus di keluarkan dengan catatan ada beberapa modifikasi di bagian buritan jangan seperti vixion minimal udah jok terpisah

  29. Makasih Om Komeng atas ilmu dan pencerahannya…. saya do’akan Om Komeng makin sukses karirnya.
    Balakangan saya males buka blog2 otomotif, karena isisnya banyak intrik subyektif pribadi blogger yang dikemas untuk membuat opini publik berpihak.
    Saya berpendapat bahwa ulasan blogger khususnya tentang ATPM ibarat orang buta meraba gajah, karena mereka mengulas tanpa ada konfirmasi ataupun fakta yang otentik dari pihak ATPM. Ya kalo kebetulan yang dipengang buntutnya dia akan bilang gajah itu panjang kayak ular.
    Kenapa seperti itu?? ya karena saya bekerja di salah satu ATPM.
    Giliran saya komen, eh…dibilang Fans Boy lah, nah yang paling lucu blogger2 itu pada salah tebak, dibilangnya saya FB A padahal saya FB C
    Padahal banyak oknum blogger yg menciptakan kloningan FBnya sendiri biar blog-nya terlihat ramai, trus banyak pemutarbalikan fakta, ada yg ngaku anti ATPM…eh dia pake produk ATPM tempat saya bekerja, sok independent dan non komersil, menghujat dan men-cap blogger lain antek ATPM, padahal blogger itu sendiri mendapat bayaran dari pihak lain untuk jadi kontributor, lebih parah lagi ada blogger yang ngajarin tempat saya cafri nafkah, padahal siapa elo? mari kita buktikan lihat jurus yang disarankan untuk keluarin R15, kalo untuk yang itu saya berani taruhan, teori om Komeng yang lebih JITU.
    dinamika blooger otomotif saat ini hanya membuat saya tahu kalo budaya maling teriak maling juga ada di dunia blogger.
    Nah untuk warung om komeng ini, inilah warung yang dihiasi idealisme blogger yang sejatinya, gak ngaku2, gak menjudge orang, gak pake statement2, ulasan om komeng memberikan pencerahan, analisis om Komeng ajib banget dah, Om Komeng bisa menganalisa dengan fikiran jernih, dengan melepaskan subyektifitas….inilah mentalitas dan pola fikir yang harus dimiliki oleh seorang blogger sejati, saya senang baca blog ini.
    UHUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUYYYY!!!!

  30. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    waaach kalo r15 ngga meluncur bakal lebih runyam,jelas vixie mach bukan level dan tandingan cbr150r.tapi berkaca kasus yang sudah-sudah AHM pasti sudah membaca gelagat ke arah sana,kalo yamaha keluarin r15 tapi dengan model r125,maka akan lain ceritanya.

  31. Dengan kapasitas yg ada,langkah yamaha mungkin bertahan,sembari menambah kapasitas terpasang byson,tp jika ingin fight dngan honda,mungkin bisa spt langkah ahm,CBU kan mongtor sport fairing,main d cc kecil(125).jd kesanya tdk head tohead langsung.

    Maaf,mungkin akan bnyak yg gak setuju ide saya.tp itu cuma ide saja.

  32. walah kalau ngimpi R4 kayanya kejauhan berkaca dr kasus byson ….yang paling rasional ya vixion d kasih fairing..ya walaupun jika di head to head sama cbr 150 masih mawod kocar kacir ya tp minimal sedikit ada usaha perlawanan atau pertahanan….

  33. @jaffar
    mendatangkan R15 dg kondisi Yamaha yg sekarang aja sepertinya berat. apalagi melakukan redesign R15 dengan body R125. Gak kuku lah…

    menurut saya bener yg dibilang yg punya artikel. sebaiknya yamaha mlipir dulu menghindari pertempuran, dan melancarkan dulu distribusi Byson. Walaupun pasti ada pasar vixion yg termakan, tapi secara total masih menang. CBR biarin aja, toh selisih harga dg vixion & byson pasti masih cukup lebar. Cukup lebar buat bernafas sambil menata ulang strategi produknya.

  34. yahonsuwakanja

    CBR150 dengan V-Ixion , sudah jelas beda kasta..
    dari sisi perfomance dan price sudah berbeda…
    CBR di middle
    V-Ixion di entry level pada awalnya , mskipun skrang akan sdkit bergeser dgn adanya Byson.
    Dgn catatan selama CBR belum di mass-prod di Indonesia , V-Ixion masih aman…dan kalaupun akan ada R15 , dgn sedikit re-engeenering maka R15 bisa bergantian di-line produksi dgn V-Ixion dgn cycle time yg lebih lama tentunya karena ada pemasangan fairing.Jelas ini ,lebih efisien dan bisa menekan harga jual….cmiiw..

  35. nais inpoh gan,
    smoga AHM ga langsung skak mat, tapi cuma skak ster …. heheheh. ngasih angin buat YMKI

    Sepertinya juragan warung ada yang kurang nih, di salam penutup,

    Uhuuuuuuuuuuuuy……..

  36. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    supersamin | Maret 29, 2011 pukul 3:52 pm |
    membiarkan cbr150r melenggang sendiri tanpa lawan tanpa melihat potensi penjualannya jelas sebuah kesalahan besar.kalo responnya biasa saja sich ngga masalah kalo responnya luar biasa.maka YMKI akan kehilangan momentum sebagai first mover,ingat testimoni pengguna awal itu sangat penting bagi langkah selanjutnya.dan apabila langkah AHM dalam mengeluarkan cbr150 ini berhasil maka,ane yakin YMKI akan sangat menyesal dan perlu diingat peluru AHM di segmen sport tidak berhenti sampai di cbr series saja,inilah langkah awal AHM dalam menghancurkan kompetitor di segmen sport,hehehehehehe😆

  37. memang cbr 250 r itu juga flagship aja. namun saya ragu pakag cbr 150 yang akan di lego di indonesia. saya lebih condong ke cbr 125 R seperti yang di canada

  38. wowww…menyimak dulu Gan

  39. skak mat?
    tenang, YMKI gak usah panik,

    balikkan aja papan caturnya:mrgreen:

  40. blog ini benar2 pintar. Membaca strategi dgn dingin dan cermat. Memang ini semua jebakan ahm. Andaikan R15 datang orang pasti membandingkan dgn cbr 150R walaupun lbh dulu, tapi masyarakat indonesia sudah mengetahui kualitas CBR 150 di bnding R15. Apalagi walaupun bodi kurang racy tapi elegan seperti kakaknya. Memang strategi seperti ini hanya bisa memaanfaatkan kelemahan lawan di bidang naked. Seperti optimalisasi byson. Dan pemaksimalan kelas 250cc naked, karena belum ada saingan…

  41. selain itu optimalisasi yamaha V-ixion dgn menciptakan model lebih kekar dan penambahan fitur lainya. Sehingga new megapro ahm semakin terjebak dgn hajaran bison dan vixion memaksa ahm mengeluarkan CBR 150R dengan cepat. Walau secara spek kalah, namun setidaknya vixion sudah di gemari di indonesia karena punya alasan tersendiri, bisa untuk harian, dan body lbh ringan sehingga cocok untuk pemula.

  42. R15 kalo dilawan dengan CBR150R wajar aja kalah, tapi kalo dilawan dengan “New” YZF R15, nah,,, itu baruu,,, oce makjoss:mrgreen:

  43. AHM bernafsu memenangkan sumua lini pertempuran tahun ini….
    semua pasukan sedang di persiapkan, tinggal satu lini yang blon di kuasai.
    makin seru pertarungan 2 ATPM kelas atas tahun 2011 ne…
    mari kita saksikan siapa jawaranya.

  44. ckckckckckkk………………..
    keren banget analisanya…..
    mantebh……….!!

  45. Wah, saya sangat suka ulasan Anda.

  46. Gilaaaa,,,
    udah lama long’s ga baca artikel mantef kaya gini… Pembahasan ny enak dan masuk akal, ga sikut sana sikut sini macam blogger 4l4y kebakaran jenggot…

    Truz berkarya Om Komeng😀

  47. Seperti ny ada beberapa komtator yg lupa dngn kasus scoopy…
    Banyak yg meremehkan sampe” presedir YMKI bilang skutik retro udah ketinggalan jaman… Tapi apa yg terjadi sekarang,??

    *u orang juga udah tahu😆

    mungkin itu juga akan terjadi pada CBR 150R… Tohh di IU aza dngn harga kisaran 32 s/d 38 juta aja terbilang laku keras utk mtr yg di masukan secara BU tanpa dukungan 3S… Apa lg ini!

  48. @Adong | Maret 29, 2011 pukul 2:42 pm |

    Makasih Om Komeng atas ilmu dan pencerahannya…. saya do’akan Om Komeng makin sukses karirnya.
    Balakangan saya males buka blog2 otomotif, karena isisnya banyak intrik subyektif pribadi blogger yang dikemas untuk membuat opini publik berpihak.
    Saya berpendapat bahwa ulasan blogger khususnya tentang ATPM ibarat orang buta meraba gajah, karena mereka mengulas tanpa ada konfirmasi ataupun fakta yang otentik dari pihak ATPM. Ya kalo kebetulan yang dipengang buntutnya dia akan bilang gajah itu panjang kayak ular.
    Kenapa seperti itu?? ya karena saya bekerja di salah satu ATPM.
    Giliran saya komen, eh…dibilang Fans Boy lah, nah yang paling lucu blogger2 itu pada salah tebak, dibilangnya saya FB A padahal saya FB C
    Padahal banyak oknum blogger yg menciptakan kloningan FBnya sendiri biar blog-nya terlihat ramai, trus banyak pemutarbalikan fakta, ada yg ngaku anti ATPM…eh dia pake produk ATPM tempat saya bekerja, sok independent dan non komersil, menghujat dan men-cap blogger lain antek ATPM, padahal blogger itu sendiri mendapat bayaran dari pihak lain untuk jadi kontributor, lebih parah lagi ada blogger yang ngajarin tempat saya cafri nafkah, padahal siapa elo? mari kita buktikan lihat jurus yang disarankan untuk keluarin R15, kalo untuk yang itu saya berani taruhan, teori om Komeng yang lebih JITU.
    dinamika blooger otomotif saat ini hanya membuat saya tahu kalo budaya maling teriak maling juga ada di dunia blogger.
    Nah untuk warung om komeng ini, inilah warung yang dihiasi idealisme blogger yang sejatinya, gak ngaku2, gak menjudge orang, gak pake statement2, ulasan om komeng memberikan pencerahan, analisis om Komeng ajib banget dah, Om Komeng bisa menganalisa dengan fikiran jernih, dengan melepaskan subyektifitas….inilah mentalitas dan pola fikir yang harus dimiliki oleh seorang blogger sejati, saya senang baca blog ini.
    UHUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUYYYY!!!!

    ===================================

    ane tau warung mana yg ente maksud.
    makanya ane jg udah males buka blog2 mereka.
    ngakunya netral tapi dari artikel2nya jelas banget menggiring opini.

  49. CBR 150 mungkin masih belum jadi ancaman andai ahm melabeli harga di atas 30jeti.jadi sebaiknya yamaha memaximalkan kapasitas prod untuk bison,sy rasa sampai bulan juli,ymh masih akan menguasai mtr sport.dengan pertimbangan harga cbr cbu >30jt.dengan begitu hingga tutup tahun yamaha masih ‘raja’ secara kuantitas total.waktu yg cukup untuk memperkuat barisan sport d 2012

  50. seperti biasa cuma bisa manggut² mode.on😀

  51. ulasan yang.. kereeeeennn!!!! [two thumbs up]

  52. aduh malu. langkah kita kebaca banget.
    tahun ini kami siap pestapora atas kemenangan di segala lini.
    siap2panen insentif.

    salam.

    one heart

  53. Warung sini adem bgt yah,komennya mencerdaskan semua…!!!
    Gk kyk warung sblah yg sikut sna skut sni dan cm diisi sm fb gk jelas!!
    Maju terus om!🙂

  54. Om blognya ane bookmarks yah d opmin ane hehehehe

  55. @Adong

    hahaha… maling teriak maling, ane setuju gan… tapi ya sudahlah gak sah dibahas, blog ini bukan untuk bakar2an…

    saya setuju banget bro, seperti kata sun tzu ketika kekuatan kita benar2 mutlak, maka kepunglah musuh. ketika kekuatan kita lebih dominan maka seranglah musuh, ketika kekuatan kita dua kali lipat maka bertempurlah. Ketika seimbang, pecah belahlah. Ketika lebih sedikit, bertahanlah. Ketika tidak memadai , hindarilah.

    dan dalam hal ini kekuatan ymki benar2 tidak memadai, maka ymki wajib menghindari pertempuran, karena sama dengan bunuh diri, tapi menghindar tidak asal menghindar tetap diimbangi dengan jab2 ringan dan lari2 kecil sambil menunggu tempo yang tepat untuk mendaratkan upper cut yang telak kepihak lawan IMHO

  56. @54 one heart lover’s on; dari komen ente, pembaca jg udah pada tau maksud tulisan ente…
    Lagi musim x, fbx ngaku fbz…

  57. sepertinya YMKI gak terpancing untuk ngeluarin sport fairing dalam waktu dekat ini. Momentnya udah diambil Honda…. produk mereka udah mumpuni di segment sport…. kalau memang mau ngeluarin sport baru sekalian di segment 250 cc buat flagship…

  58. uhuy ni..
    imo, buat mongtor laki (sport), kesalahan fatal ymki adalah new scorpio, real blunder..
    ndak ada masalah dgn vixion dan byson..
    tapi masalahnya di lini sport kan ymki ndak punya (ndak jelas) flagshipnya, dan harusnya flagship itu nempel di pengganti scorpio, bukan di new scorpio..

    strategi diferensiasinya:
    vixion – techno..
    byson – desain..
    scorpio – power..
    yang mana the real flagship? ndak ada..
    gamang, kabur, samar..

    harusnya tahun lalu itu bukan new scorpio, diharapkan hadir product yg benar2 kuat dan jadi flagship..
    masak sih tahun lalu ymki blum ngeh dgn cbr250 dan 150, ndak mungkin tho..

    kalo skrg, timingnya udah hilang..
    mau keluarin 250cc fairing, harus benar2 istimewa kalo ndak mau disebut ‘just another 250cc bike’..
    keluarin fazer250 yg naked bisa sih, tapi gw250 nya suzuki udah membayangi, terkait timing lagi kan..

    saia ikutan pake jurus ya mas komeng, ‘dua harimau putih didepan dan dibelakang, lho kok sama harimau juga, mana naganya?’:mrgreen:

  59. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Bro Genesis
    Yup ane setuju, oleh karena itu ane kamrin jg mengatakan langkah mengeluarkan R15 terlebih dahulu ada kesalahan fatal melihat sepak terjang AHM sekarang ini, begitu R15 keluar dg harganya, AHM bisa langsung hajar dg Harga Predatory price ckp lebih mahal 1-3 jt, R15 lsg tepar.

    ingat perkataan BJL, AHM dah reformasi utk menggolkan satu keputusan (produk baru) dg waktu yg jauh lebih singkat.

  60. @ adong blog mana ?
    inisial please.

  61. @jafar
    Ya itu dalam kondisi ideal mungkin benar. Tapi kondisi YMKI sekarang tidak memungkinkan u/ itu. Makanya amankan dulu apa yg sudah diraih. Toh disparsitas harganya cukup lebar.

  62. kesimpulannya yamaha harus ngeluarin motor sport 200 cc dan 275 cc kali ya?

    soalnya yamaha bukannya selalu mau lebih unggul dalam CC dibanding honda? inget jupi mx dan scorpio? ccnya dinaikin dikit dan ternyata bisa menciptakan pasar baru

  63. aku juga kerasan banget baca di blog ini, jd gak pernah buka blog lain, ini gara2 mang haji ngasih link ke blog ini melalui salah satu artikelnya, trimakasih mang haji taufik, maaf mang aku malah jd kerasan di warung orang. Memang di blog ini ulasannya uenak dan berwawasan luas serta gak subjektif, kalo sdh gini komennya jg gak asal nyeplos sungkan sendiri deh kalo sembarangan, tp pesan saya hati2 jgn kebebablasan, di bbrpa artikel tulisan anda pemikirannya sama dgn saya, tp sayang saya gak bisa ngungkapin ide sejelas tulisanmu.

  64. gimana sih malah pada oot ngejelekin warung orang? kalo mo curhat noh di H2H:mrgreen:

    btw gema CBR150R dah terlanjur meluas walopun blom pasti kapan hadirnya, so sekalipun YMKI mo keluarin R15 new version duluan (mnurut ane) tetep akan dibandingin sama CBR150 apalagi dari sisi kualitas n perfomance CBR150 is no doubt!! kecuali R15 yg masuk new look, more power, sama2 DOHC n harga gak jauh2 dari vixy (ngareeep😀 )

  65. @Adong
    Terima kasih Bro atas Doa Tulusnya, kalau boleh doanya diralat dikit aja, doain supaya Bisnis Gue tambah lancar dan Clientnya makin banyak. ha ha ha ha. Terima Kasih Banyak.
    @Roby
    Makasih atas kepercayaannya.
    @Punk Locust
    Hebat, penggemar Sun Tzu ya?
    @Safety Rider
    Komennya mantap-mantap, You got it Bro.

    @All
    Thanks atas Diskusi yang luar biasa ini, komen-komen yang inspiratif dan wawasan-wawasan luas yang luar biasa, Bro-Bro semua telah banyak berbagi dalam melengkapi Journal bersama ini.

  66. @giant
    Warung Bro Taufik itu bagus menurut Gue, Infonya cepat, link infonya sangat luas dan beritanya terpercaya. Apalagi yang punya warung Banyak pengetahuan, punya dedikasi yang kuat untuk kemajuan Biker Indonesia. Punya Hati untuk dunia R2 Indonesia.
    Terus terang soal Info Product baru sangat cepat dan terpercaya. Rajin up date Blog dan simultan dalam menulis artikel-artikel baru, gak seperti Blog Gue yang sering mati suri. Dedikasinya sangat Gue Hormati.
    Jujur Gue seringkali memantau perkembangan dunia R2 Indonesia dari Blog TMC Beliau. Baru bisa ada gambaran tentang apa yang sedang dan akan terjadi berikutnya.

    Komentar Bro Giant juga Gue tunggu, Gue juga belajar banyak dari para Komentator disini, Blog ini khan media pembelajaran bersama, semua pasti juga mendapatkan sesuatu yang berharga tentunya. Termasuk Gue.

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy buat semua!!!

  67. @gerorogunso
    tolong bro dibaca lagi komen saya, apakah ada yang ngejelekin warung orang justru saya berterimakasih dikasih link ke warung ini, blog ini menjadi laman wajib bagi saya skrg setelah warung mang haji, bukan berarti lalu saya tidak suka dgn warung mang haji. di warung mang haji spt komen dari bro genesis, byk sesuatu yg kita dapat, saya kira setiap warung punya ciri khas sendiri shg kita bisa banyak belajar, bisa saling memberi dan menerima… tentu saja yg bermanfaat

  68. tanpa ragu lagi..ane ijin submit RSS warung ente bro komeng….🙂

    * ikutan salam uhuuuuuuuy deh:mrgreen:

  69. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Mind Genesis
    Thanks Bro, itu juga salah satunya karena banyak belajar dari sini, ane ngikutin blog ini sejak pertama berdiri, hidup n matinya. hehehe. ky lagu dangdut aja..

  70. Blog yang mencerahkan …

    Baca blog sambil belajar marketing..Mantep

    Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

  71. Warung yang smart tanpa perlu ngaku2 smart hehe…..

  72. @giant
    sabar masbroo bukan buat ente kok, buat yg ngerasa aja:mrgreen:
    kalem aja broo… hehehe😀

  73. naik level dari komentator bakar2an jadi pembaca blog dengan lebih banyak mikir dan belajar. siiiip

  74. Padahal judul ny LPG 3KG tapi karena di bahas secara lugas tajam dan terpercaya (silet kalee) para komentator pun ga bakar-bakaran… Bener” uhuuuy!

  75. mengerikaaaaaaaaan…maju kena mundur kena kyk judul pilm ya…wkwkwkkw

  76. Great article, always one step ahead.
    @ Mas Komeng
    Tolong mas Bro dibuat artikel khusus yang mendeatil untuk jurus :
    “Harimau Putih di Depan, Naga Hijau di Belakang”

    @ Pino Kio
    Balakangan saya males buka blog2 otomotif, karena isisnya banyak intrik subyektif pribadi blogger yang dikemas untuk membuat opini publik berpihak.
    ————————————————————————————-
    Koq perasaan ane sama ya ????????

  77. @ Pino Kio
    …..dia pake produk ATPM tempat saya bekerja, sok independent dan non komersil, menghujat dan men-cap blogger lain antek ATPM, padahal blogger itu sendiri mendapat bayaran dari pihak lain untuk jadi kontributor, lebih parah lagi ada blogger yang ngajarin tempat saya cafri nafkah, padahal siapa elo? mari kita buktikan lihat jurus yang disarankan untuk keluarin R15, kalo untuk yang itu saya berani taruhan, teori om Komeng yang lebih JITU.
    ————————————————————————————-
    Ane setuju ulasan Kang Komeng lebih sistematis dan ilmiah.
    Mengenai referensi blogger yg katanya paling smart untuk R-15 yang bermain di ceruk 8% dari total penjualan sepeda motor nasional, apakah dia lebih pinter marketing dan strategi daripada MarkPlus&Co yang terbukti sukses menghentak ATPM lain Mio. ( http://growthecharacter.blogspot.com/2010/04/grow-with-character-84100-series-by.html )
    Ingat, Pak Dyon merupakan orang pertama Indonesia yang menjadi Presdir PT Yamaha Motor Kencana Indonesia! sudah jadi life time member MarkPlus&Co, artinya bisa datang kapan saja ke pertemuan-pertemuan The Club seumur hidup gratis!

    Menurut saya input boleh aja ke ATPM tapi jangan terlalu besar kepala.
    Jangan mengajari ikan berenang !

    Salut untuk Kang Komeng yang mengulas secara tajam tanpa menggurui siapapun, kecuali komengtator kayak ane yg masih culun.

  78. Pingback: Ketimbang brojolin R-15 mending benahi Byson | Teras Belitong Blog

  79. Boombox Walker

    yamaha udah mati langkah. selama ini yamaha selalu mengklaim yg terdepan. nah, klo kali ini muncul yamaha pasti tidak bs mengklaim yg terdepan. image follower akan melekat kental klo yamaha r15 muncul. akan dicap followernya CBR. hmm………

  80. sebetulnya setiap konsumen mempunyai selera tersendiri. biarlah konsumen yang memilih. bukan masalah follower dan lain sebagainya. tapi siapa yang paling berkualitas biarlah waktu yang menjawab😀

    nitip lapak ya gan
    Yamaha kembali mengukuhkan diri menjadi yang terdepan di Indoprix http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=845

  81. Meskipun artikelnya berpotensi jadi LPG, tapi kalau ulasannya tajam, yang mau komen ngawur akan mengkeret sendiri, apalagi bakar-bakaran. Malu hihihihi

  82. Baru baca blog ini setelah dpt info dari warung kang haji. Ternyata analisisnya manteb bener. Jadi teringat dosen saya dulu.. hihihi
    Lebih mateb lagi klo pake gambar om.. :thumbs up:

  83. di tunggu ulasan berikutnya….
    hheheeeehhee

  84. kalo usaha mengeluarkan yzf r15 juga tidak mampu mengalahkan cbr series mungkin ymki masih punya jurus yg lebih handal dan terbukti sangat ampuh,apa itu yaitu jurus BC dan sekarang mulai di iklankan,.hehehehe………

  85. yamaha india mo klwrin motor sport 250cc klw pke spec motor yamaha WR250R (DOHC 6 speed silinder tunggal), Max. power 22.6 kW (30.7 PS) @ 10,000 rpm Max. torque 23.7 Nm (2.42 kg-m) @ 8,000 rpm, gak usah diapapin mesinnya udah guendeng mesinnya, tinggal pke dibody fairing😛
    http://motorbike-search-engine.co.uk/2008_bikes/yamaha_wr250r.php
    http://www.technical-specification.com/2009-yamaha-wr250r-specs-engine-features-picture-and-video
    http://www.yamaha-motor.com/sport/products/modelspecs/595/0/specs.aspx

  86. Bc aja kalau nggak mampu ngeluarin produk baru.
    Kasian tuh Deddy mizwar sama Didi Petet.
    Dah lama mereka nggak muncul di tivi.

    Saya suka gaya mereka.
    Contoh:
    1. Waktu Yamaha Image kencangnya masih kental, mereka bilang: waktu adalah uang, kalo nggak kenceng, nggak bisa dapat uang.
    2. Waktu Yamaha ternyAta motornya lemot, mereka bilang: kalo wus-wus terus, gimana bisa dapat ginian ( dapat cewek).

  87. blog ini memang mangtabs, informatif..
    Beda ma blog tetangga yg ngaku netral tp ngomongnya emosional & cenderung brainwash. Ngaku non komersil tp suka pamerin trafik, terkikis sdh kekaguman saya dgn beliau.
    Maaf jd pjg lebar di sini, krn di blog beliau sdh tdk memberi ruang bagi saya utk berkomen aplg mengkritik..

  88. @ arif vixion jangan senang dulu… Kadang2 malah di spek down. Emang pada gak inget dulu rumornya CBR 250R Pake mesin crf 250R yang 29.3kw (38,9 dk) tapi nyatanya ? Memang benar tapi di spek down hingga 26 hp. Ingat kalo produk ini produk global maka kemungkinan spekdown besar, karena di luar negeri sana 250cc buat motor harian jarang bnget buat balap. Kaya bebek gitu lah….

  89. maaf bro bukanya bermaksud menjelekan. Tapi memang begitu. Mesin trail adalah mesin sangat liar apa bila masuk dalam mesin harian tanpa penyesuaian waduh…… Kacau jadinya ?

  90. @ vyzex setuju !
    ane lbh senang iklan yamaha dgn kata2 yang mendidik. Bukan semakin di depan atau apapun.

  91. keep santun blogging y bro komeng’….

  92. Vyzex | Maret 31, 2011 pukul 5:53 am |
    Bc aja kalau nggak mampu ngeluarin produk baru.
    Kasian tuh Deddy mizwar sama Didi Petet.
    Dah lama mereka nggak muncul di tivi.

    Saya suka gaya mereka.
    Contoh:
    1. Waktu Yamaha Image kencangnya masih kental, mereka bilang: waktu adalah uang, kalo nggak kenceng, nggak bisa dapat uang.
    2. Waktu Yamaha ternyAta motornya lemot, mereka bilang: kalo wus-wus terus, gimana bisa dapat ginian ( dapat cewek).

    ===========================================

    bener sekali bro, pengen ketawa kalau lihat iklan2 yamaha.
    niatnya mau BC tapi malah jd seperti senjata makan tuan.

    dulu waktu vario keluar langsung di BC dgn iklan matic gendut mau dateng, eh tau2 YMKI malah bikin skutik obesitas macam soul.

    waktu BEAT brojol juga langsung di BC dgn iklan contekan, dengkul lecet, monyet, dll.
    gak lama setelah itu si meong malah difacelift jadi spt BeAT dgn box console, lampu depan menyatu spt BeAT.

    ya seperti itulah gaya promosi yamaha.

  93. Mari kita bandingkan iklan NewABS Revonya Nidji dengan Vega ZRnya Bung Dedy dan Om Didi. Yang satu bikin heppy dan simpati. Satunya bikin keki dan geli tapi tak nyman di hati.

  94. Arif Vixion

    bebek kwek kwek bebek kwek kwek…
    kapan nih sport fairing injeksi murah 6 speed terjangkau klwr yah.. apakah Ya**ha vi**** R jawabannya?..

  95. uDien d'kab 234

    Ulasan yang mantab bro …….
    padahal artikel ini panjang, tapi gak terasa panjang, ibarat makan dua piring tapi masih laper … xixixi ….
    komentnya pun panjang-panjang … ibarat orang sedang kelaparan xixixi …

    kalah atau menang bagi komeng tetap … uhuuuuuuuuuuuyyyyy …😛

  96. uDien d'kab 234

    semenjak baca tentang
    ”memukul permukaaan air untuk menimbulkan riak”
    sejak itu sayah selalu membaca strategy AHM penuh dengan jebakan betmen, termasuk dengan rilisnya revoAT dan yang terakhir dengan rilisnya CBR250

    banyak orang yang mempermasalahkan si CBR 250 R ini, mulai dari single cylinder, design (yang sama dengan CBR 150), power dll,dst …
    tapi sayah selalu mengatakan bahwa banyak rahasia di balik CBR 250R, dan sedikit-sedikit rahasia itu terkuak, dan bro Genesis seolah-olah “menelanjangi” strategy si AHM ini, tapi walau kini mulai banyak terkuak , sayang YMKI sudah skak mat ….
    tapi bro Genesis memberikan masukan buat YMKI yang cukup membangun

  97. uDien d'kab 234

    mau ikut mendoakan bro Genesis nih
    SEmoga Bisnisnya tambah lancar dan Clientnya makin banyak.
    Amiiinn ..

    ( sesuai pesanan, xixixi )

  98. cuma bisa uhhuuuuuuuuuyyyyy😀

  99. Sepakat ama bro komeng…
    Yamaha seolah – olah bingung harus bagaimana ?,digempur kanan kiri, depan belakang..sementara kekuatan yang dipunyai sebagai pendobrak laju yamaha di masa lalu terlihat nyaris tidak ada/nyaris tidak terlihat 2 tahun terakhir ini..kekuatan iklan yang lucu,cerdas,intelek ala dedy mizwar dan didi petet digantikan sang lorenzo yang asal “ngelucu”..kemudian tag line semakin di depan yang visioner dengan jingle yang baik sekarang seolah – olah ditelan bumi kalah bingar ama one hearts..frekuensi iklan yg semakin jauh berkurang, kemudian refreshmen produknya tidak lebih baik dengan yang sebelumnya..dimulai vega ZR, New Jupi Z tidak cukup membantu image nama besar type masing2, sehingga membuat mereka jadi bingung lagi mau diapakan mio nya..ganti atau tidak ? seperti makan buah simalakama..dan akhirnya hanya ganti stripe, ganti stripe lagi, padahal kita ingat dulu bagmn image ganti baju itu melekat sekali di Honda..eh malah skrg yamaha melakukan itu….btw hanya byson yang mampu merebut hati konsumen itupun karena memang konspe produknya beda ama Honda mega pro..jika byson cenderung ke sporty – GAGAH…sedangkan Mega pro masih konsep GAGAH – NYAMAN…
    Vixion pun siap – siap meredup jika CBR 150 di CKD…
    belum lagi kebangkitan suzuki dan kawasaki yang mulai menggeliat, dimana kalo dilihat profil konsumennya SUZUKI,YAMAHA dan KAWASAKI cenderung sama, sehingga lebih mudah untuk mengambil konsumen yamaha…dan HONDA semakin melaju sendiri…

    Salam

  100. blade kencang ???????????????

    numpang ketawa aja. lawan vega zr jadul aja kalah

  101. Pengamat_Montor

    redlight | April 1, 2011 pukul 1:41 pm |

    blade kencang ???????????????

    numpang ketawa aja. lawan vega zr jadul aja kalah
    —————————————————————-
    cacad ni orang…. baca artikelnya bung

  102. @redlight
    fanboy detected…

  103. ^^^ masih ada yg nyulut petasan disini.
    gak tau malu….

    sales…. sales……

  104. Mana lagi boz tulisannya…mampir mulu nih tapi ndak ada orangnya…pengen buru2 baca….

  105. Pingback: Jika Honda mau main “Kejam”. | Mind Genesis

  106. pada curhat

  107. aku rindu sama mygoldmachine🙂

  108. salah satu warungnya yamaho = dewo.wordpress.com

    dari awal selalu komentar miring thd produk laen tapi belain yamaho mulu :p

  109. good article..

    Gw akui, strategi timingnya Honda keren banget..

    walaupun di depan masih banyak kemungkinan dan Honda pun tidak boleh lengah terhadap segala kemungkinan.. yang jadi ancaman bukan hanya sekedar kompetitor, tapi bisa pula regulasi dan kondisi ekonomi masyarakat.. Menomorsatukan konsumen itu yang harus jadi patokan utama..

  110. gimana kalo yang diluncurin all new r15, yang dari segi desain mungkin bagi banyak orang dinilai lebih bagus daripada cbr 150 ?? (udah ada spyshotnya kan)

    imho lowh ya, desain cbr 150 itu ga terlalu menarik. . . dari beberapa temen yang kutanyain aja ga suka desain cbr 250, yang notabene mirip ama cbr 150. . .kurang sporty

    memang kalo yang dimunculin r15 yang lama, ymki seperti bunuh diri. . . tapi kalo yang dimunculin all new r15, mungkin ceritanya bisa lain😀

    setidaknya kalo kalah, ya ga jomplang banget kek scorpio ma tiger lah. . . xixixi

    nitip artikel ya bro

    http://lovemybike.wordpress.com/2011/04/06/racing-suit-ben-spies-feminim-n-wagu/

  111. Menurut gw tetep Honda is the best..😀

  112. Pingback: Menanti Kiss Of The Dragon (KoD) Honda | Teras Belitong Blog

  113. lovemybike : bukan cbr 250 yg niru cbr150 tp smua itu terinspirasi dr bentuk honda vfr1200f/r… pengetahuanmu msh dangkal bro… nonton dlu aja ya…
    ttg new r15 itu ndak ada,,cm brita hoax. trus ttg tmn2mu yg kmu tnyain itu sama kyak eloe yg msh dangkal n kere so nonton dlu aja ya bro…

  114. Pingback: Mahabharata CBR 250R vs Ninja 250R, dan analysis Honda CBR 150 vs Yamaha R15 | Mind Genesis

  115. Pingback: Nggak hanya Scorpio, Vixion dan Byson juga mesti pakai cakram belakang | Teras Belitong Blog

  116. Pingback: Nggak hanya Scorpio, Vixion dan Byson juga mesti pakai cakram belakang « DUNIA OTOMOTIF DAN ELEKTRONIKA

  117. mantabs jaya…

    btw, lama bgt gak ke marih, kapan ini warung hidup lagi bro Komeng ??
    ohoyyy…😀

  118. spesifikasinya mana…???
    aku pngen liat dong,mana yang unggul n yang lemah!!!
    byar bsa taw ga rugi kalo kita belinya..
    yaaa kan!!

  119. asemeleketedol

    Mas diatas kalau soal spesifikasi, masa hari gini masih BUTA, malu donk…kagak tahu apa-apa, ketinggalan jaman.

  120. r1ngpiston

    @AAnk: Kl cuma soal spesifikasi, udh banyak bgt warung yg ngasi, dan itu malah lebih objektif dibanding yg dibikin ama pabrikan. Disini, sejak awal konteks pembicaraan kita adalah mengenai strategy nya, spesifikasi itu dibuat setelah strategynya matang, kalau spesifikasi dibuat tanpa ada strategy, itu sama seperti org bodoh yg “menelanjangi diri sendiri”, itu bkn cara marketing n sales. Anda bkn org marketing ya bro? Kok awam bgt soal marketing??

  121. salam hangat aja buat semua,. dan buat bro komeng..keep posting yah…

  122. Kesalahan terbesar yamaha adalah dengan mebikin tagline/slogan yang kurang berkenan/tidak sesuai dengan adat ketimuran. Yamaha terlalu anggkuh/congkak dalam beriklan dan gak masuk diakal,itulah yang bikin sebagian konsumen jadi kurang simpati.Cobalah rubah sloganya dengan slogan yang lebih mendidik dan mengutamakan keselamatan dijalan bukan dengan iklan yang menginpirasi untuk memacu motor kenceng2. Perbanyaklah event2 yang mengandung safety riding…..

  123. pade munafik,,,
    di mari sok suci,, di warung sebelah,, jadi provokator FB,,👿

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s