HONDA gunakan strategi Zhuge Liang Merebut 100.000 anak panah dengan perahu jerami. Part1

Hadiah terindah sering kali malah berasal dari LAWAN, bukan KAWAN !!! Ketika seorang ahlli strategi militer yaitu Zhuge Liang perlu membuat 100.000 anak panah dalam waktu tiga hari, dia menemukan solusi yang paling bijaksana, mendapatkan anak panah yang ditembakkan langsung dari busur dan untuk mendapatkan anak panah milik seseorang yang bukan dermawan yang tidak mungkin memberi kepadanya.

Cerita ini terjadi ketika mendekati waktu peperangan tebing merah dalam cerita 3 kerajaan, dimana Kanselir Zhuge Liang diuji oleh para jenderal perang sekutu kerajaan Wu yang tidak percaya akan kemampuan legendaris yang membuat mereka iri. Dalam waktu 3 hari untuk melancarkan perang besar dibutuhkan 100.000 anak panah, dan mustahil membuatnya dalam waktu singkat hanya 3 hari saja. Singkat cerita dengan rencana strategi ini Pasukan koalisi Wu-Shu berhasil meminjam 100.000 anak panah dari musuh. Ya meminjam karena memang Zhuge Liang berencana segera mengembalikannya kepada musuh!!!

Untuk melaksanakan strategi ini dibutuhkan 4 element utama:

  1. Pengetahuan tentang medan perang (geostrategic) – dalam kasus ini adalah potential market segment, deep customer insight, hidden need, target market subculture landscape.
  2. Pengetahuan tentang kondisi timming dan forecast cuaca – dalam kasus ini adalah market trends, market’s growing needs, inovasi (next disruptive factor), dan tentunya forecast kondisi ekonomi suatu market area.
  3. Kemampuan membaca lawan, baik siasat, kebiasaan, kecenderungan, watak dan karakter, serta cara berfikir para jenderal musuh – dalam kasus ini adalah membaca grand strategy, micro strategy dan tactics lawan secara spesifik pada suatu kondisi tertentu.
  4. Kemampuan Organizer dan Timing management secara ketat, akurasi tinggi, presisi, cepat dan komplex dalam waktu singkat. Dan tentunya dapat dilaksanakan secara senyap!!!

Nah seperti yang tertulis pada judul artikel ini, Honda menggunakan strategi yang sama, lebih tepatnya akan segera menggunakan strategi “merebut 100.000 anak panah dengan perahu jerami” untuk bermain-main melawan Kawasaki. Loh Kawasaki khan kecil aja, mengapa sampai butuh strategi perang seperti ini, tinggal dilawan pakai adu power aja dah mencret khan? harusnya khan Kawasaki yang melakukan strategi beginian melawan kekuatan Honda yang superpower? Begini loh Brow dan Sist semuanya… walau kekuatan Honda itu super power di Industri roda 2 melawan Kawasaki, tapi secara backbone Industri Kawasaki itu jauh diatas Honda pada industri aneka peralatan berat. Pada line up Heavy Industries Kawasaki benar benar Raksasa. Nah Raksasa inilah yang jadi beking dibelakang Kawasaki Motor!!! Walau prakteknya secara finansial berbeda, namun beking tetap beking, Tentunya anak yang lemah akan selalu di bantu oleh orang tua yang kuat. Strategi global Corporate akan selalu maju memainkan bidak catur perusahaannya bersama sama, belum lagi lobi lobi politik ekonomi dan strategi bisnis yg mendukung dibelakangnya.

Kedua Honda tentu bermain cerdas, mengapa harus mengeluarkan power 1.000 kalau bisa bikin musuh kelenger dengan power cukup 10 saja? Nah tentunya bagi perusahaan yang mampu, besar, modern dan sudah canggih khan pantang bermain mubazir seperti itu khan!!! Strategy yang apik wajib dimainkan untuk menghajar musuh hingga tak berdaya!!!

Ketiga Honda punya kekuatan, punya kemampuan untuk memainkan strategi ini. Semua ke-empat syarat element utama strategi ini dapat dilaksanakan, dapat dipenuhi oleh perusahaan macam Honda motor. Sebaliknya berbeda dengan Kawasaki motor yang tidak memiliki kemampuan memainkan ke 4 element syarat untuk menerapkan strategi ini. Belive in me, gue paham bener jeroan KMI.

Karena tulisan pada artikel ini sudah panjang, Gue akan cut jadi 2 bagian, kalau di bagian part1 ini lebih pada pengenalan strategi dan apa saja prasyaratnya untuk melaksanakan strategi tersebut, serta kenapa Honda akan melakukannya, baru pada part 2 nanti strategi ini akan kita bahas dan kita lucuti 1 per 1 detailnya, terutama bagaimana Honda akan melakukan penerapan strategi ini dilapangan. Praktek dan Penerapan teori strategi perang yg diciptakan oleh ahli strategi perang Zhuge Liang yang tersohor itu.

Nah next selanjutnya, pada artikel berikutnya, yaitu : “HONDA GUNAKAN STRATEGI ZHUGE LIANG MEREBUT 100.000 ANAK PANAH DENGAN PERAHU JERAMI. PART2” baru akan gue bahas secara spesifik bagaimana penerapan Honda melaksanakan strategi ini untuk menghajar Kawasaki.

Yuk ditunggu ya part2. Stay Tune di blog ini untuk tetap Uhuuuuuuy!!!

10 thoughts on “HONDA gunakan strategi Zhuge Liang Merebut 100.000 anak panah dengan perahu jerami. Part1”

  1. Meminjam evoria yg dilancarkan kawasaki terhadap produk 4 silinder,

    Kawasaki sudah memblowup di seluruh media tentang 4 silinder 250cc , yg mana market ini sudah lama mati.

    Tentunya, kaum milenial lah yg dituju kawasaki ,kalu kaum old dah ngerasin.

    Oke, honda kan juga sdh punya mesin 4 silinder toh., 250 cc dan 400 cc kan .

    Yach spt kata fby, honda follower saja.
    Ngak perlu capek keluar budget utk blowup memperkenalkan 4 silinder ke kaum milenial.

    Model dah oke, tinggal templokin ke desain cbr 250 RR, selesai. Tambah R 1.

    Kalu di market erofa, yach tinggal pake mesin CB 400 tuning ulang jadi 300 CC.

    Kelar

    1. Saya sependapat, namun sepertinya tidak se sederhana ini. Jadi gelisah menunggu pembahasan Om MG dipart2.

      Mesin CB 400 bisa dituning ke 300, mhm menarik pembahasan Om Bdt nih.

    2. Kayanya kalo mesin 250cc 4cyl nya honda bukan mesin cb super 4 yg dikecilin. Kayanya beda segmen.. inget,,ini motor RRR yg artinya siap balap.
      Dan MG kan pernah nulis,,honda dah punya 250 v2 dan 250 inline 4..
      Cbr 400 kayanya cuma buat pemanasan aja di pasar global

  2. Terus baca artikel MG tapi buat pembelajaran disiplin ilmu bisnis panci…..MG muantap
    Kalau motor cuman mampu beli yang gol jelata

  3. Usul pembahasan part 2 dibikin password aja Min. Biar seru kayak sebelumnya.

    Jadi keranjingan pecahin teka teki nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s