G40BC kompetisi Mini pengisi jeda GBWC

Tahun 2020 ini memang tahun yang sangat istimewa, bagaimana tidak dikarenakan pandemi covid 19 banyak sekali segi segi kehidupan yang terpaksa berubah. Mau tidak mau kebiasaan manusia juga dituntut berubah, tak terkecuali event event serta berbagai kompetisi tidak dapat dilaksanakan di tahun ini.

G40BC Indonesia Gundam 40th Builders Contest

Begitu juga dengan kompetisi GBWC (Gunpla Builder World Championship) 2020 yang urung dilaksanakan di tahun ini. Sehingga mau tidak mau kompetisi championship yang dilaksanakan rutin tahunan ini terpaksa alpha di tahun 2020 ini. Sehingga terjadi jeda terakhir terlaksana adalah GBWC 2019 dan kemungkinan lompat ke GBWC 2021 (yang tentative dan jika mungkin baru bisa dilaksanakan apabila ancaman pandemi sudah bisa diminimkan). Nah lucu juga jika event tahunan yang dinantikan oleh seluruh builder di dunia ini terpaksa mengalami masa kekosongan di tahun 2020 ini, padahal tahun 2020 ini adalah tahun sakral yang sudah dinanti nantikan, yaitu ulang tahun ke 40 Gunpla.

Oleh karena hal inilah, maka BANDAI sebagai pricipal Gunpla sekaligus sebagai penyelengara kompetisi GBWC membuat kompetisi mini pengisi jeda antar GBWC 2019 dan GBWC 2021 yang kosong ini dengan sebuah kontes foto Gunpla, yaitu G40BC (Gunpla 40th Builders Contest).

G40BC ini cukup unik karena pertama kalinya Bandai membuat kontes entry kit Gunpla yang hanya memperlombakan fotonya saja, bukan entry kit yang sesungguhnya dalam kondisi di pamerkan untuk dinilai oleh judge (jury) secara langsung. Nah pasti di tahun ini akan terjadi banyak “kejutan” yang sulit diramalkan oleh para peserta maupun para pengamat. Tentu saja hal inilah yang membuat kontes ini semakin menarik untuk diikuti dan dibahas. Walau kontes ini adalah kontes mini pengisi jeda GBWC yang berlevel Championship, namun cukup wajib diperhatikan sebab ada 2 hal yang menyebabkan kontes ini memiliki arti penting; Pertama kontes ini diselenggarakan oleh Bandai Officially, sehingga kontes ini adalah kontes resmi. Kedua banyak peserta tahunan GBWC yang sudah menyiapkan karya mereka untuk terjun di GBWC 2020, sehingga dengan absennya GBWC 2020, karya mereka diterjunkan dalam kontes ini.

Selanjutnya dalam beberapa hari kedepan diharapkan hasil dan pengumuman pemenang untuk area Indonesia bisa muncul, tentunya MG juga akan sangat antusias untuk memberikan report dalam artikel berikutnya, coming soon!!! Ditunggu ya pembahasan lengkap G40BC dalam artikel berikutnya. Uhuuuuuuy!!!

33 thoughts on “G40BC kompetisi Mini pengisi jeda GBWC”

  1. Jateng pasti menang???? Hahaha belum tentu, saya jagokan si James JGarage dari team Underdog. Tahun lalu jateng bisa menang kan hanya karena dari team Underdog ga ada yang turun.

    Kalau untuk kelas junior sih saya jagokan team UH dari Surabaya kayaknya bakal banyak sabet gelar junior.

    1. Mengingat hasil Gbwc taun kemarin, 6 gelar dari 12 gelar dipegang oleh team UH, gak komen deh soal sabet gelar junior g40bc bisa jadi kenyataan nih

    2. Sampai saat ini Underdog tetep team terbaik di Indonesia. Kualitasnya jauh diatas team team lainnya. Builder dan Modeller nasional maupun dunia mengakuinya. Kelasnya beda.
      Tapi masalah juara, menang atau kalah pada kompetisi Gunpla official itu pekara yang beda.

      1. Team underdog kayaknya udah 5x atau lebih podium di GBWC dari tahun ke tahun. Pastinya kurang inget tapi 5x itu pasti.
        Kualitas entrynya jauh diatas yang lainnya. Untungnya mereka tidak ikutan tiap tahun GBWC.

    1. Feeling molor. Hong kong aja yang panitianya berani nulis pertengahan desember, sampai hari ini belum diumumin.

  2. Bener Underdog sudah 5 kali podium, emas 2, silver 2, bronze 1. Team paling keren se-Indonesia. Ga tiap tahun ikut. Tp tiap kali ikut pasti podium.

    Ya beda kelas sih sama si uhuk-uhuk. Meski piala banyakan UHuk. Tapi kan… Ya kita semua tahulah

  3. G40bc indonesia ini kayaknya gak bakalan dimenangin oleh team UnderDog deh. Karena mereka gak terjun di kompetisi G40BC ini, alhasil chance ada di team Parkzart.

  4. Seperti di Jepang dan Negara negara lainnya, G40BC Ini sudah jadi gengsi antar daerah di Indonesia lomba ini.
    Perwakilan Jawa tengah yakin menang, perwakilan jawa barat juga ada jagoan sendiri, perwakilan jakarta juga ada jagoannya juga. Daerah lain seperti Bali, jawa timur, sumatera dan kalimantan apakah juga ada andalan? Kita tidak tahu… lihat saja nanti pemenangnya ne.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s