Belajar dari Grand Strategy Honda-AHM

Grand Strategy amat sangat vital bagi perusahaan, sekali terjadi kesalahan dalam menentukan Grand Strategy akan sangat berakibat fatal bagi semua tatanan yang ada, dampaknya juga akan sangat dalam dan panjang. Begitu pula perbaikan dan langkah baru yang ditempuh juga membutuhkan usaha yang keras dan sumber daya yang besar, itupun harus dilakukan dengan step by step Grand Strategy yang benar dalam timing yang tepat.

Case Study yang cukup menarik disini adalah langkah penyusunan Planing Grand Strategy yang tepat dan berkesinambungan untuk memperbaiki kondisi pasca kejatuhan akibat “Serangan Yamaha”. Disini AHM begitu piawai membaca kondisi market, membaca Grand Strategy, kondisi dan next step kompetitornya, dan tentu saja membaca kondisi dan potential resources yang ada dalam Perusahaannya sendiri. Seperti pepatah,”Kenalilah Medan Perang, Kenalilah Musuhmu dan terutama kenalilah Dirimu sendiri”.

Mari kita ikuti Grand Strategy AHM dalam upayanya memperbaiki kondisi dengan langkah-langkah yang briliant di bawah ini;

2007:

AHM Bertahan mati-matian dengan Strategy mempertahankan diri yang tidak terlalu jelas. Disini beberapa panic action terjadi dan marketing tactic yang sekedar quick action sering dilakukan. Copy paste Promotion Activity dari kompetitor juga terpaksa harus dilakukan, tentu saja dengan penambahan budget yang sangat significant untuk memberikan power yang lebih besar. Di tahun ini Yamaha bermain “cepat” dan Honda bermain “power”. Upaya Discount dan banting harga yang tak serempak di level dealers bahkan menyebabkan kondisi cash flow sebagian dealers tidak sehat. Kondisi network Honda yang tidak sehat ini mengakibatkan network dibeberapa tempat terpaksa harus mati kering dan di-regenerasi dengan Dealer yang baru. Langkah serampangan dan beberapa blunder memang harus diakui terjadi di tahun ini.

2008:

Grand Strategy Baru dirumuskan, AHM Strategy 2008 is Defend Market Share in all Cost (Grand Strategy Jangka Pendek, untuk mengganjal market share dan output quantity. Ditahun ini terjadi perombakan besar dalam struktural management AHM. Discount and campaign mulai dirumuskan secara terpadu dan besar-besaran beserta gelontoran produk untuk memenuhi stock, tentunya dengan subsidi dana dari AHM. Sehingga kondisi network yang tadinya seperti kehabisan oksigen mulai bisa bernafas dengan sedikit lega. Walaupun tidak dipungkiri masih ada saja sebagian network yang terpaksa harus regenerasi. Promotion advertorial selalu mengklaim “zero” DP, ini upaya “memancing harimau turun gunung” dengan cara price war. AHM tahu betapa besar Financial Advantage-nya dibanding Yamaha. Apalagi ditambah support dari Leasing Resmi yang full support dibanding kondisi rekanan kompetitornya. Face Lift dan Sub New Product digelontorkan terlebih dahulu untuk mulai persiapan memperbaiki image product dan Brand Honda di tahun depan. Semisal kemunculan Revo 100cc yang masih berbasis Supra Fit hanya untuk menanamkan image revolusi sedang terjadi di Honda-AHM sebagai landasan dasar bagi image-image lain yang hendak ditanamkan kemudian. Honda seakan berkoar,”Kami Berubah”. Image baru yang akan ditanamkan nantinya akan jadi lebih mudah diterima karena mind set konsumen dibuka terlebih dahulu dengan proklamasi ini. Sekaligus produk Revo 100cc ini digunakan sebagai tipu muslihat ke kompetitor dalam menyiapkan product planningnya. Ingat kemunculan Revo 100cc ini cukup fenomenal, hanya 1 tahun berselang telah digantikan oleh Absolute Revo yang benar-benar produk baru dengan semangat revolusi.

2009:

Next Grand Strategy untuk 2009 ini adalah Re-Branding & Re-Positioning untuk memperoleh Heart Share & Mind Share dengan cara penetrasi Image lewat jajaran produk-produk barunya yang memang sudah di setting untuk mematahkan keunggulan Image Yamaha disertai perubahan gaya Promosi dengan tujuan yang sama. (Synergy Between Product Planning & Promotion Execution).

Image Jadul berusaha dihapuskan dengan berbagai produk baru yang dipersiapkan memakai mesin dengan technology baru, desain modern, fitur lengkap dan modern, serta safety fitur yang selalu didengung-dengungkan. Inovasi adalah positioning yang juga ditanamkan dalam-dalam ke benak masyarakat sehingga tercipta juga image Honda kini sebagai First Mover. Intinya image yang harus diraih Honda adalah sebagai First Mover, Innovative, Modern Hi-tech, Safety, kaya fitur dan juga mampu berlari kencang tidak kalah oleh kompetitor.
Tentu saja gaya discount dan menggelontor produk untuk memenuhi stock di dealer masih tetap dilakukan. (Strategy Defend Market Share in all cost 2008 masih harus dilakukan untuk memperkuat kuda-kuda penjualan.)

Ditahun ini Honda konsentrasi penuh untuk memenangkan dan kembali menguasai pasar secara absolute  baik secara Market Share, Mind Share dan Heart Share di kategori bebek, sambil mencoba sedikit menggerogoti pasar matic. Sehingga apabila next year mereka berusaha merebut pasar matic, kategori ini sudah aman dan kedua kategori dapat direbut.

2010:

Nah menurut Gue justru 2010 ini moment AHM untuk Getting out of Price War. Image Honda sudah cukup bagus dan tentu penetrasi image ini akan diteruskan. Di tahun ini pasti akan dilakukan penataan ulang Discount dan Pricing Power. Ini saat untuk memulai marketing advantage management versus kompetitornya. Grand Strategy di 2010 adalah Superiority All Out War.

Disini segala superioritas AHM akan di daya gunakan sebaik-baiknya dan di create untuk menghancurkan Yamaha Indonesia dan sekaligus Yamaha International. Perang Honda vs Yamaha dunia kini terletak di Indonesia. Ini kesempatan bagus bagi Honda untuk menghabisi Yamaha.
Disini Superioritas dalam hal Cash Flow & Finance Power benar-benar dikeluarkan. Superioritas Line Up dan Technology Product juga di show off dan di gelontorkan untuk memenuhi dan sekaligus memenangkan market.
Tentu saja Superioritas kondisi Honda International sangat mendukung untuk memfokuskan peperangan roda 2 di Indonesian market. (Ingat Yamaha International lagi mengalami kesulitan Financial  dimana Yamaha Indonesia diposisikan sebagai Cash Cow yang tentu saja mengalami berbagai kendala keterbatasan untuk melakukan strategy yang all out).

Pada Network atau jaringan dealer, support dari pihak pabrikan pasti all out. hal ini untuk menjaga kelangsungan hidup dan healthy finance condition pasukan garis depannya. Tidak seperti pada kondisi tahun 2007 yang bertahan habis-habisan, di 2010 ini di-planning-kan kondisi network sudah dalam keadaan baik dan pastinya kedepan pasti lebih baik lagi dengan berbagai kebijakan pricing dan discount management yang semakin sehat.

Ditahun ini Honda berkonsentrasi penuh untuk memenangkan dan menguasai pasar Matic baik secara Market Share, Mind Share dan Heart Share. Terbukti dengan digelontorkannya banyak line up Matic produk Honda di pasar tanah air. Sehingga apabila next year mereka berusaha merebut pasar sport, kategori bebek dan matic sudah ditangan. Tentunya penancapan kuku yang lebih dalam di kategori bebek masih akan dilakukan untuk memperkuat singasana, akan tetapi akselerasi fokus pada mengekplorasi untuk meng-conquer pasar matic.

2010 adalah timming tepat untuk rebound membalikkan posisi dan tendency.

NEXT 2011-2012

Grand Strategy di tahun 2011 ini adalah Pressure Superiority All Out War & Management Quality Up”. Merebut Kemenangan dan berusaha menghabisi Lawan sampai benar-benar tidak berkutik” Dimana segala keunggulan superiority Honda akan all out untuk mem-presure lawan sampai pada kondisi yang benar-benar tak berkutik. Disaat yang sama juga melakukan Management Quality Up Program secara keseluruhan dari tingkat atas sampai tingkat paling bawah.

Ditahun ini pula pembenahan terhadap Quality network dan management Network akan menjadi agenda utama. Quality Up Salesmanship system dan dealers service akan banyak dilakukan. Pembenahan Quality akan dilakukan bertahap mulai dari tingkat atas sampai ke paling bawah. Detail detail akan banyak disorot di tahun ini untuk mencapai tingkatan kesempurnaan yang lebih tinggi.

Nah target tahun 2011 ini adalah memenangkan pasar Sport sebagai bukti penguasaan secara mutlak dan menyeluruh terhadap pangsa pasar roda dua di Indonesia. Apalagi kasta sport adalah kasta tertinggi secara image, yang memberikan influence kepada all category motor.

Masalah Pricing Power akan sangat tergantung kebijakan Honda International. Jika memang mau menghancurkan lawan secara Global, hancurkan saja Cash Cow Machine-nya. Pricing Strategy akan sebagai senjata utama untuk menikam lawan. Tetapi Discount dan standardization harga akan teratur tersentral pada kebijaksanaan AHM pusat. Harga Produk turun, Value for Money lebih tinggi, akan tetapi discount tidak lagi besar-besaran dan akan terkendali.

NEXT 2013-2015

Honda akan berusaha mengembalikan kejayaan masa lalu, REVOLUSI; Philosophies, Culture dan Format Perusahaan ini telah mencapai Finalnya sejak tahun 2008 lalu. Maka langkah yang ada sekarang adalah berlari tancap gas sekencang mungkin untuk meninggalkan lawan yang terseok-seok. So the Grand Strategy is Innovation & Eco-Human Technologies Advantage.

Tentunya dalam melaksanakan Grand Strategy ini selalu ada persiapan di tahun-tahun sebelumnya, sehingga timing dari fase product planning hingga siap produksi dapat diperhitungkan masak-masak sesuai dengan skenario Grand Strategy Business yang ditetapkan oleh perusahaan. Bahkan jika kita jeli terdapat benang merah persiapan untuk memuluskan dan sebagai landasan Strategy di tahun-tahun mendatang. Ini sebabnya mengapa begitu susah atau begitu lama untuk merubah arah dan berganti Grand Strategy.

Ya kita tunggu saja….next year!!!

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

About these ads

141 responses to “Belajar dari Grand Strategy Honda-AHM

  1. ediyan.mengerikan…

  2. pertamax …. diblognya mas komeng

  3. Superiority All Out War
    tahun ni ya bro komeng hmmm . . . owesome article
    really love this discussion :)

  4. Ini sebabnya mengapa begitu susah atau begitu lama untuk merubah arah dan berganti Grand Strategy.

    Yup . . . Grand strategy dalam penerapannya (juklak) di lapangan dapat diubah2 caranya bergantung pada sikon atau dengan kata lain Fleksibel
    Tapi Strategy Pokok yang menjadi tentu Gak bisa tiba2 diubah ektreem

    manteeebb . . . ta’ CTRL+D (bookmark) artikel ini

  5. ulasan yg luar biasa …
    namun dalam pelaksanaan sepertinya di th 2010 masih blm sejalan dng grand strategy (*kl mmg benar spt ulasan bro komeng) diantarnya msh terjadinya perang diskon, sepengetahuanku ini terjadi di wil jateng & jatim di kuartal pertama thn ini. dan kondisi ini cukup membuat pihak yamaha (baca:dealer) mau nggak mau harus ngikutin. tp kondisi ini cukup disadari oleh mereka bahwa ini tiidaklah sehat hingga kira2 satu bulan bekangan mereka (yamaha) sdh ‘tobat’ perang diskon.

    kl melihat uraiannya sptnya sangat mengerikan buat kompetitor, btw apa yg dirasakan oleh dealer2 honda sdh tidak sedikit diantara mereka mengalami ‘kesulitan’ finansial akibat penggelontoran barang yg terjadi sejak 2008 hingga skr(mkg ini jg sdh terpikir oleh ahm tp mkg pikiran mereka itulah resikonya)
    untung saja kebanyakan dealer honda sdh kaya krn sdh menikmati lezatnya jualan motor selama puluhan tahun, inilah saatnya mereka memberikan imbal balik buat atpm …. cmiiw (tp lucu jg ya mosok dlm bisnis ada imbal balik)

    tp ada sedikit yg ‘mengganjal’ bro komeng, penggelontoran produk thn ini apakah bagian dr grand startegy jg??. mengingat kl menurutku ini kurang produktif/efisien justru kesannya spt sangat marah, panic, membabi-buta & rasa ingin cepat2 menghabisi yamaha. secara logika 1 orang utk beli motor >1 dlm setahun sangat kecil kemungkinan.

    saran saya buat yamaha, jgn ikut2an royal produk tp juga jgn terlalu pelit (spt kasus byson) …. seperlunya aja, orang jawa bilang sak madyo wae. mengingat musuhnya kali ini nggak main-main. Honda adl raksasa yg sdg marah … so berhati-hatilah!!!

    *ditunggu ulasan Membaca grand strategy yamaha-ymki

  6. kripikpedas

    So, boleh juga kupas, kira-kira grand strategi atau contra-strategy apa yang telah dan sedang dijalankan YMKI, yang kini menjadi tulang punggung Yamah Int’l….

  7. Legenda Rider

    @Sembalap
    Menurut ane itu harga yg harus dibayar AHM atas kesalahnya di 2007 kebawa lalu. agar Image Ahm kembali.

  8. tapi gimana kalo yamaha juga punya stategi dan rencana sendiri om :bingung:

  9. Sobek-Sobek

    http://mygoldmachine.wordpress.com/2009/02/11/memukul-permukaan-air-untuk-menimbulkan-riak/

    hahahahaha masih inget yang ini saya..
    tapi sayang karena pasar tidak begitu merespon dg blade untung revo110 lumayan, yah setidak2nya campaign untuk memulai masa perubahan AHM berjalan lantjar
    btw selanjutnya grand strategy YMKI dan pabrikan yg lain ya bos
    biar adil gt :D

  10. Belum terlambat bagi YMKI untk menghalangi AHM…tinggal mau atau tidak untk lebih agresif lagi

  11. ini berarti akan ada real new sportbike AHM yang akan jadi product flagship akhir ’10-awal ’11?

  12. @ vega rider

    Di pasar bebek, saat ini vegazr dan new jup z sudah kesulitan menghadapi gempuran abs revo dan supra x. Bisakah dibayangkan kalau tahta matic yamaha direbut honda di 2010 ini?? Justru! Semakin “agresif” Yamaha, semakin senanglah honda. Ibarat seorang pendekar kungfu yang menghadapi seorang “pemabuk yg agresif” (bahkan bukan pendekar mabuk, krn kl pendekar, dia akan bertarung dgn ada jurus dan strategy nya, bkn hny bergerak scr cepat dan “agresif”). Menurut saya, sebaiknya saat ini justru Yamaha seharusnya “berdiam diri” sejenak, berpikir scr tenang, melihat kembali kondisi saat ini, dan merancang kembali grand strategy yg dpt mengantisipasi grand strategy yg honda gunakan saat ini. Dengan bertindak “agresif”, tdk akan membuat keadaan mjd lebih baik, justru akan semakin terpuruk.

  13. @Sembalap
    alinea1:
    santai Bro, 2010 masih berjalan separuh….

    perang diskon disini bukan berarti membabi buta seperti tahun 2007, kanibal diskon dan perang antar dealer Honda sendiri untuk berebut konsumen. Akan tetapi mulai tertata rapi di 2008 sampai 2009 dan awal 2010 dimana ada support dari pihak AHM untuk dealer-dealernya. Sehingga faktor Harga ini serempak menyerang penjualan Yamaha.
    Saya yakin di tahun 2010 ini pasti akan dilakukan penataan ulang Discount dan Pricing Power. Honda pasti akan mulai memangkas perlahan-lahan, penyeragaman diskon dan harga antar dealer pasti dilakukan. Karena image produk Honda di masyarakat sudah dirasakan mulai tertanam sesuai dengan positioning yang diharapkan oleh AHM, apalagi diversification product (barisan lini produk yang banyak) yang dilakukan akan menyebabkan penyeragaman harga dan diskon harus segera dilakukan, agar tebaran harga yang terjadi tidak bias dan antar produk tidak saling terikat pada jejaring harga. (baca komentar Bro Moncer di artikel lalu.) Range harga jelas dan antar produk tidak saling mengkanibal, bila terjadi perrubahan peta persaingan lebih mudah merevisi harga suatu produk tanpa mempengaruhi harga produk yang lainnya. (tanpa merubah harga produk yang lainnya.)
    Nah moga-moga dah jelas.

    tambahan dikit, seandainya pihak Yamaha ikut terus perang harga ini, itulah yang diharapkan dari strategy memancing harimau turun gunung ini. Tapi AHM sudah perpikir panjang dan memperhitungkan dimana Yamaha pasti tidak sebodoh itu. maka langkah diversifikasi product akan menjadi “upper cut” setelah beberapa “jab” pricing & discount dilakukan terus menerus. Dimana setelah jab bertubu-tubi dipastikan musuh pasti akan “limbung” kehilangan keseimbangan, konsentrasi dan focus. Moga-moga beberapa kiasan dan perumpamaan disini bisa lebih bercerita panjang lebar dari pada harus diterangkan kondisinya satu per satu.

    alinea 2:
    Ya pasti, dalam hubungan bisnis yang baik pasti ada Imbal Balik.
    Kalau dalam bisnis tidak ada “imbal balik” saya kira ini pemikiran yang pendek dan bukan untuk bisnis hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dan saling membantu. Dimana timbal balik ini adalah hubungan bisnis yang baik dan sehat. “Koorperasi jangka panjang.”

    Gimana pendapat bro yang lain?

    Alinea 3:
    Yang namanya Grand Strategy pasti memperhitungkan jangka panjang, bersakit-sakit terlebih dahulu juga tak apa dan harus siap jika kita sudah mempunya Grand strategy karena yakin ini adalah jalan yang benar untuk mencapai visi yang diharapkan di kemudian hari. “this is the right way”
    Jika kita sudah yakin untuk mencapai pulau harta dan dapat menikmatinya, walaupun harus berenang mencebur laut juga tak apa. karena kita tahu akan visi kita, karena kita yakin ini adalah jalan yang benar, dan kita rela melaluinya dengan kesakitan, untuk mendapatkan akhir yang bahagia. bukan begitu???

  14. apakah menaruh beberapa komentator di blog2 dengan gaya yg diplomatis dan sok netral dengan blackcampaign nya adalah salah satu strategy kuno (pada jaman itu “makin panas makin kenceng”).
    apakah menurut bro komeng, strategi jual batu kaya jual mas, akan terus di terapkan ?

  15. lae togar anak medan bung

    luar biasa bro pemaparannya. berarti ahm sekarang udh on the tracknya nih. gmana dgn ymki bro apakah msh on the track atau out of the track grand strategynya.

  16. @ lae

    on off kayaknya hehehe

  17. @mario
    gimana bos , peluang kita tahun ini dan tahun depan?

  18. sandal jepit

    mumet bacanya, kirain ada strategy potong harga sampe 50%….

  19. @ vega rider

    peluangnya masih cerah lah, walaupun skg terlihat sangat hati2 dlm mengambil keputusan…

    terlebih ada rencana Yamaha menambah investasinya melalui Yamaha Indonesia Group (YIG) senilai US$ 50 juta untuk YIG membenamkan US$ 50 juta untuk menaikkan kapasitas pabrik dari 3 juta unit menjadi 3,6 juta per tahun unit pada 2011, klo ga ada peluang mosok berani investasi :D

    sekalian tanya sama bro komeng, soal grand strategi Y dng investasi ini bagaimana

  20. @ bro Gen dan sembalap

    “Jab” pricing dan “uppercut” diversifikasi product, saya jd teringat artikel bro gen yg memukul permukaan air utk menimbulkan riak. “Jab” pricing akan membuat kompetitor merasa bahwa AHM msh “kehabisan akal” dan tetap hanya mengajak “price war”, tentunya “upper cut” diversifikasi tidak akan terlalu diperhatikan dan hanya dianggap sebagai “gerakan bingung” AHM. Apalagi ketika melihat bahwa BLADE tdk bagus penjualannya, CS-1 tdk bgs penjualannya, dsb. Konpetitor tdk akan memperhatikan bahwa secara perlahan tapi pasti, image Honda sbg motor jadul yg tdk bs lari kencang itu telah bergeser kpd Yamaha justru krn produk2 yg “dinilai” gagal di pasar itu. Honda Blade, dgn mesin yg 110cc menang mutlak performanya dibanding new jup z, hal ini telah bnyk dibahas di majalah2 otomotif. Honda CS-1, mesin yg hny 125CC tdk kalah dgn Jup MX yg 135CC. Kedua hal ini tentunya menggeser image di masyarakat dari image lama yaitu mesin motor honda adl mesin konvensional yg low performance, mjd motor dgn mesin inovatif yg high performance, terbukti dgn cc mesin yg lebih kecil, motor tsb dpt mengalahkan performance motor kompetitor yg cc mesinnya lebih besar. Sekali lagi sebuah strategy yg mampu “mengecoh” lawan krn pemahaman yg sangat mendalam mengenai cara berpikir dan bertindak kompetitor. Bgmn menurut pendapat Bro Genesis dan Bro-Bro yg lain??

  21. Legenda Rider

    @ Mario
    Widiw, banyak banget, berarti benener perang perang ya mereka berdua,
    semoga kecipratan, efek multipliernya..

  22. welcome back bro….
    akhirnya ada lagi artikel yg berbobot.

    salam ojek!

  23. wah ketinggalan jaman deh gue…
    ternyata udah di up date lagi to blog ini…
    blog favorit gue nih dulu…
    sayang gak keurus….
    terus berkarya bro, ditunggu pemikiran2 briliannya!!!

  24. wah gila pemaparannya….
    blog2 seperti ini yg gue tunggu dari dulu-dulu….
    syarat dgn ilmu!!!

  25. Legenda Rider

    @ Ndaru n Kang Ojek
    Ternyata banyak yg sealiran, penunggu dan penggemar Blog ini.

    Semangat terus ya bro Komeng,

  26. @Kang Ojek & Ndaru
    Selamat bergabung dan Uhuuuuuuuuuuuuuy bersama.

  27. Agar pembahasan lebih mendalam, lebih baik kita fokus dulu di artikel yang ada. Gue berharap teman-teman disini bersedia berbagi ilmu dengan menuangkan pemikiran lewat komentar dan saling tanggap-mentanggapi sehingga percakapan tidak hanya berjalan dua arah. Gue sangat berharap adanya multiple conversation yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Salam Uhuuuuuuuuuuuy!!!

  28. @Ring Piston
    Jab dan Upper Cut seperti dalam Tinju.
    Jab serangan cepat yang menggoyahkan keseimbangan lawan dan membuyarkan konsentrasi.
    Upper Cut serangan maut yang menyerang rahang bawah dan meneruskan power serangan ke inti bagian dalam kepala (otak), biasanya berakibat lawan roboh dan KO.
    Upper Cut butuh waktu dan timming yang pas, juga butuh persiapan. Kalau serangan ini polos akan mudah dibaca musuh. Biasa dikombinasikan dengan serangan pendahuluan berupa jab atau straight punch.
    Dalam hal ini jab-jab pendahuluan sebagai pembuka selain bertujuan menggoyahkan keseimbangan dan konsentrasi lawan juga sebagai decoy serangan upper cut berikutnya.

  29. Bro Komeng kmn aja nih?
    dah kangen dgn artikel2 brilian blog ini.
    blog ini blog favorit gw dulu (dulu gw klo komen dgn nickname yg beda).
    di blog ini bukan cuma berita tapi penuh dgn pemikiran2 brilian strategi bisnis yg luar biasa dahsyat…
    tetep berkarya ya bro, indonesia sangat2 butuh blogger dgn pemikiran2 brilian spt ente…

  30. Oh iya bro komeng…
    selama bersemedi (heheheee…) tetep terus mantau perkembangan dunia roda dua indonesia kan bro?
    klo boleh tau, bacaan apa yg selalu jd reverensi?
    klo boleh tau juga, selama “mengasingkan diri” itu selalu baca blog2 roda dua juga gak bro???

    hehehee…
    sory klo pertanyaannya gak mutu…

  31. Pokoknya terus berkarya ya bro…
    banyak banget yg kangen dgn ulasan2 jenius dari blog ini…
    blog yg bener2 mencerahkan…

  32. @ Legenda

    yah saling hantam lah, da kepalang tanggung…masak mo kabur, kabur kemana :D di tempat lain krisis hihihi

  33. kalau semua jurus sudah di baca sampai jurus andalan pun (jurus mabuk) sudah di keluar kan tapi lawan yg di pukul bertubi2 masih bisa bertahan, apakah semangat akan ada terus, padahal lawan cuma main kuda2 blm menyerang

  34. semangat mah kudu ada terus…
    tapi, power nya itu yg masalah,, masih ada gak ?

  35. lae togar anak medan bung

    teha

    yang ada hanya raza takut. diserang bertubi2x belum tumbang. wong yg diserang ngak tanggung bro, raksasa yg lagi ngorok tidur. xixix….ie

  36. Yang namanya kompestisi, stiap kompetitor punya strategi masing2. Jk mampu mamanfaatkan kelemahan dr pesaingny utk di jadikan kekuatan, maka akan ada harapan….

  37. Adem bener ni blog, ngak ada jagung bakar, Roti bakar ataupun Ayam bakar. Artikelnya benar benar mencerahkan pengetahuan khususnya bagi gw yang ilmunya masih cetek. Demikian juga dengan komentar yang masuk. Bagi gw disamping menambah ilmu sepertinya beberapa artikel terakhir membuka wawasan dan memotivasi gw untuk terus meningkatkan kemampuan leadership ke jenjang yang lebih tinggi terutama mengenai pentingnya Grand Strategy yang tepat bagi sebuah organisasi/perusahaan. Thank you bro Komeng.

    Ditunggu artikel berikutnya , Uhuuuuuuuiiiiiiiiiiiyyy.

  38. saya cuma belajar sedikit saja dari strategi honda ngeluarin Vario CBS lalu dijawab Yamaha dgn Xeon tapi ternyata dibalik itu…..honda ngeluarin juga scoopy……yamaha mau ngeluarin fino, sudah kehilangan moment…..apalagi ditambah pernyataan dari petinggi yamaha bahwa era retro sudah terlewati 3 tahun yg lalu…….(apakah fino masih akan dikeluarkan?).
    sekarang RevoAT dan new megapro akan keluar…..yamaha sudah nyiapin byson….last, the next strategy honda opo yo….? trus next strategi yamaha opo juga?……bisakah diprediksi lagi?

  39. @au_ah
    kalau dibilang tetap memantau perkembangan roda 2 ya tetap aja, namanya juga bagian dari hobi. kalau blog-blog sih dah jarang ikutan soalnya gak ada waktu lagi. cuman sesekali ikutan baca artikelnya aja, tapi juga dah jarang-jarang…paling 2-3minggu sesekali aja.

    kalau bacaan??? mhm apa ya??? soalnya kagak hobi baca, cuman hobi nonton film.

    ada sih buku bagus, “built to last” kalau gak salah itu judulnya.

  40. Eh tapi kalau bacaan yang meng inspirasi ya roman of “the Three Kingdom”.

    Strategynya bagus-bagus, baca itu saja bisa membaca gerakan dunia bsnis modern.

  41. ndaru_ajagh_duegh

    artikel terbarunya mana bro komeng….
    ditunggu dgn setia nih….

  42. @hadi
    ceritanya gak spt itu…
    mario yg tau tuh,
    xeon itu prematur launching nya. dan fino sptnya gak akan keluar.

  43. Apakah ditariknya Stoner untuk menjadi rider Honda di Mtgp ada hubungannya dengan strategi inich….. silakan bahas om genesis, kayaknya pembahasan anda akan memanjakan pembaca ….

  44. @Onthel
    padahal menurut sy pribadi body fino lebih bagus dibanding scoopy…..
    @mario
    gimana donk critanya?

  45. masih menunggu artikel barunya……………..

  46. @ hadi

    dng kemampuan finansial yg tidak sebesar kompetitornya, maka Y dituntut cerdik, klo dia ikut2an keluarin Fino maka fino cuma bisa dipakai menggempur scopy dan kurang efektif,
    oh y pihak H kan sangking geregetannya kan dia mencoba masuk jualan di suatu segment yg belum digarap yaitu life style, dng ngeluarin PCX (high class) dan scopy (jadul)

    maka lebih dipilih xeon untk 3 tujuan skaligus, menggerogoti ms techno, yang sebenarnya angka jualan vario msh kalah sama soul…

    melawan scopy lho kok bisa dicompare dng scopy, krn sama2 model baru, lewat lifestyle yg ingin ditunjukkan, Scopy retro modern dilawan dng Xeon Hi-tech modern

    lalu penguatan branding klo matic Y it modern tdk jadul, justru bisa dibalik skg yg jadul siapa….nah skg sudah lumayan berhasil, tdk ada lgi iklan jadulny cinca laura :D

    mungkin secara singkat itu ya yg aku tahu :D

  47. @mario
    penjelasan yg masuk akal…..
    jadi pd akhirnya cinca laura meledek pabrikan yg menyewa dirinya sendiri ye…..? Sptnya senjata makan tuan kalo gitu, tp tentunya honda jg bisa berkelit dgn judul retro-modern (ga jadul2 amat).
    dan memang prediksi aq, sikupi ini ga akan bertahan lama, melihat body blk yg spt rok terlalu ke atas atau celana 3/4….but time will tell laagh….(mas 3 mode:on)
    Xeon, satu aja yang kurang, harganya yg tepat 14.5jt -15jt, dgn harga segitu akan lebih manjur lagi dipenjualan, saya sendiri kalo milih Xeon sama CBS pasti pilih Xeon tp dgn harga segitu ya….

  48. @ hadi

    yup, mnurut survei sih kbnykan org pilih scop karena desainnya yg beda dari yg lainnya….coba kalo da lama-lama liat…bosen juga, dan dari survei yg sama justru yg kemakan saudara bebek dari H

    klo harga sih kurang bisa coment bnyk :D

  49. Paul Gurita

    Lho justru dari survei yg aku tahu koq yang paling banyak kemakan mio soul dan mio. lalu survei siapa yang benar?

    surveinya situ errornya berapa?
    n=berapa?
    di lokasinya dimana?

  50. Tahun depan akan jadi tahun pertempuran yg sengit dan berdarah2…akan ketahuan produk yg laku atau cuman numpuk di dealer…
    *inget cs1, bulan2 awal bisa melebih fu…sekarang? Akankah skupi akan senasib dgn cs1?

  51. nice post bro…objective dan berbobot

    *just keep the comments for not “fighting” each other

  52. ndaru_ajagh_duegh

    @mario
    waduh pemikiran ente ini terlalu sempit sehingga gak bisa ngelihat pergerakan AHM yg sesungguhnya.
    ada strategi khusus dgn munculnya iklan “Yg lain jadul ach….” cinta laura.
    ente tau itu?
    maksud utama iklan “yg lain jadul ach…” yg pertama untuk mencitrakan motor yamaha itu jadul.
    yg kedua (ini justru point yg terpenting), agar yamaha tidak ngeluarin Fino.
    dgn iklan jadul itu gak mungkin kan yamaha terus ngeluarin fino.
    kalu itu sampai terjadi akan menguatkan citra jadul motor yamaha.
    ini yg paling penting!!!
    seperti kita ketahui, Fino dan scoopy merupakan skutik terlaris di thailand.
    apa jadinya kalau fino muncul duluan dari scoopy?
    seperti kasus mio, meski dgn teknologi yg terbelakang tetep aja susah ngalahin mio meski honda udah ngeluarin senjata2 yg super mutakhir sekalipun.
    itu hebatnya First mover!
    seolah gak mau kecolongan untuk yg kedua kalinya maka dikeluarin skutik Premium, yg inipun sebenernya cuma sbg pancingan biar yamaha ngeluarin tandingannya.
    dan lagi2 strategi ini berhasil.
    yamaha kepancing dgn ngeluarin Xeon sbg tandingan vario techno yg pasarnya sebenernya sangat sempit!!
    senjata yg mematikan sebenernya adalah Honda Scoopy!!!
    lihat aja antrian indentnya yg sampai berbulan2….
    kalaupun nantinya yamaha juga ngeluarin Fino, itu justru akan memperkuat image sbg pabrikan folower!!!
    gak kreatif….!!

  53. @ paul

    survei di seluruh jatim kerjasama dng salah satu survei independent……kebnykan scopy adalah pembelian motor kedua….dan jika mereka mnjual motor lalu ganti, justru kebanyakn yg dijual bebek2 H…..g percaya?? ya sudah urusan mu dng keluargamu wkwkwkwk

    @ ndaru

    yg sempit lho pikirannya sapa…….nie Indo bukan thailand….sotoy

  54. @ndaru
    kammyu pincher sechali duech… (cincha lauwrya mode)
    wkwkwkwk…

  55. @ mario
    hm…sudah bagus bro…
    cuma kalo jatim saya rasa belum bisa mewakili pasar motor nasional…

    kecuali ada juga sampel yang diambil untuk lebih mewakili nasional

    thailand dan indonesia tentu beda, namun jika hasil akhir dilihat dalam statistik dan trend…tentu akan bisa dianalisis….
    sama dengan trend telekomunikasi, selalu study kelayakan untuk penerapan teknologi baru mengacu ke negara2 yang telah menerapkan teknologi tersebut dengan memilih yang kondisinya paling mendekati dengan indonesia

  56. sa469

    yup betul sekali secara nasional memang tidak bisa diwakilkan….kalau area lain, tentu permasalahannya lain…dng kalimantan juga hasilnya bisa lain…survei dilakukan sih biasanya untuk kpentingan tiap area itu sendiri…sehingga dapat menghasilkan strategi yg berbeda, yang paling sesuai dng area tersebut, tpi kalo masih sesama pulau jawa angkanya tidak akan berbeda jauh kok :D

    study memang perlu ke negara2 yg telah menerapkn teknologi…tpi ga semuanya bisa cocok atau diterima pasar….krn sekali lagi pasar Indo sangatlah unik…sangat berbeda dng thai maupun tempat lain…lha wong di indo beda kota aja da beda selera, kayak dikalimantan penjualan bebek skg no 1 pdahal di kota2 lain matic yang menjadi jawara..

    oh ya di thai ga ada byson or vixi lho, sedangkan di Indo bnyak yg menanti byson dan vixi jadi jawara motor sport, sekali lagi Indonesia bukan thailand :D

  57. lha vixi ma byson kan memang dari india bro??
    he….mungkin juga liat trendnya nya dari india…

    kalo fino dan scoopy kan memang ada di thailand, mungkin itu maksud dari bro ndaru

    naa…akhirnya kan memang harus jelas untuk menganalisis segala sesuatunya. Hm…kalo memang semua data bisa dipertanggungjawabkan akhirnya kan bagus untuk menambah khazanah pengetahuan khususnya industri roda dua.

  58. Bro Mario, Jika punya data mengenai Scopy pastinya punya juga dong total yang indent Scoopy? Kira kira banyakan man dengan Xeon

    Kalau perkiraan saj sepertinya Scoopy lebih laris tul ngak?

    Thank sebelumnya.

  59. @ sa469

    betul…betul…jadi kita tdk bisa berpatokan hnya di thai sja…kenapa vixi ga dimasukin di thai…sedangkan di indo laris?

    klo ndaru mah asal jeplak aja, liat aja comentnya dari blog ke blog…..BC terus :D

    @ nha

    emang punya datanya, tpi sayangnya jualan Xeon lbh bnyk untk sementara dri scop..mgnkn karena leading duluan, kita tnggu saja beberapa bulan kedepan saat demand sudah normal…yg jelas klo g bnyakn scop* mah kebangetan, lha wong harganya aj lbh murah 2 jeti scop :D

  60. motor lebih murah laku lebih banyak wajar……..
    yang bagus motor yang harganya berdampingan laku lebih keras pasti ada “sesuatu” yg boleh dibilang “keunggulannya”.
    dan yang bagus lagi kalau motor lebih mahal laku lebih banyak ketimbang motor murah…..pasti ada “apa-apanya”….xixixiiiiiiiii…..

  61. @mario….
    benar…pasar ina ini emang inul…eh unik….
    di thai nouvoZ lebih laku ketimbang mio, di sini kebalikan…..padahal ane lebih suka nouvo body mantaf…..tenaga OK!

  62. @Mario
    adakah alasan vixi tdak dijual di thai? mengingat CBR dijual juga di thai.

    dari yamaha sendiri mengapa agak tanggung untuk head to head? secara global aja yah…vixi vs cbr,sonic rs vs T135
    (dilihat dari spek engine yang dipake)

    hm…sama juga jaman tena vs rg sport vs 110s
    atau genre JR/Tiara-125Z vs nova dash

    yang bejaban seingat saya cuma TZM vs RR(SP??) vs RG gamma 150

  63. ndaru_ajagh_duegh

    bhuahahaa…..
    mario…. mario….
    santai aja bro….
    kita diskusi dgn kepala dingin…
    jgn kebakaran jenggot spt itu donk…
    mending ente baca lagi artikel diatas deh…

  64. ndaru_ajagh_duegh

    btw, mana artikel barunya….
    masih menanti dgn setia………

  65. @ sa469 & ndaru
    saia gak banyak ngerti soal motor,, tp kalo bbrp teknologi sih ngerti.
    gak selalu hasilnya sama dengan negara lain, bahkan kadang terjadi kebalikannya.
    misal: melihat kesuksesan besar video call di HK dan bbrp negara lain, 3G di implementasikan disini, hasilnya… ?? gak ada yg pake…
    walaupun akhirnya jaringan 3G tidak sia2 karena melonjaknya penggunaan paket data.

    makanya, kalo mo nelor produk lebih baik survey sendiri, jgn sampe gagal kayak cs1 atau blade atau arashi.
    kalo lihat dari bbrp pabrikan, sejak tahun 2000-an, Y lah yg paling bagus raport nya, setiap produknya gak ada yg ‘gagal’ terlalu parah, kalah penjualan tp gak parah.

  66. Paul Gurita

    @mario

    oalah cuma survei sejatim tho….
    lagi pula jumlah n= berapa? kalau 1 type diwakili 100 orang saja error factornya masih lebih dari 40 persen. apalagi jika 1 type cuma diwakili 50 orang atau bahkan cuma 30 orang seperti kebiasaan Yamaha yang irit budget.

    sekedar elo taho, survei yang dilakukan untuk mencapai error max 10% butuh N terdistribusi rata minimal 300 orang untuk tiap parameter produk atau type motor yang dikaji.

    Survei yang gue bilang diatas survei nasional lho. jadi jangan jadikan jatim patokan….gak valid jika kita ngomongin Scoopy Vs Xeon secara nasional tuch.

  67. @paul
    si mario emang PIC utk jatim (stsj = surya sakti timur surabaya)…
    kalo mau tau yg nasional, tanya nya sama yg di ymki-jkt, pasti dari jatim atau provinsi laen report nya kesana jg,
    trus kalo ente minta jg blm tentu bakal dikasih tau, emang hasil survey bisa diminta gratisan gitu ? enak banget dong,

  68. @Onthel
    Kalau Nouvo dan scorpio gmn bro???

  69. @are doel
    scorpio penjualanya berapa ya? gak tau jg sih, tp kalo lihat sport secara total, scorpie msh diatas ninja series dan thundie, cmiiw..

    nouvo, yup, mungkin ini bisa disebut gagal, ralat deh my opinion diatas. tp bukan krn bener2 gagal produk, krn gak diterusin aja, kalo diterusin skrg ke nouvo elegance imho kemungkinan sukses,,

    btw, soal survey xeon dan scoopy, kita lihat lg bbrp bulan ke depan, yg survey nya tepat itu H atau Y…

  70. Opini pribadi sih, kalau lihat dari data penjualan motor bulan juni dan separuh bulan juli. maka;
    Xeon mengkanibal Soul. Scoopy memakan Soul, mio dan sedikit mengkanibal beat. Xeon memakan Vario+Vario Techno.

    Jadi dalam hal ini kayaknya survei Bro Paul lebih accurat, sedang survei Bro Mario kemungkinan ada kesalahan atau error yang cukup besar dari adanya distribusi yang tidak merata, atau juga jumlah responden yang jauh terlampau sedikit, atau adanya pemalsuan data survei pasa saat proses di lapangan.

    Begitu saja analisis Gue.

    Jangan terlampau percaya data survei secara polos. Kadang survei berkata sebaliknya padahal makna yang terkandung di dalamnya tidak begitu, atau malah adanya kesalahan analisa pada proses analisis hasil survei. Kemungkinanan ini terjadi juga sih.
    Apalagi jika analisisnya sembarangan dan terlalu one dimensional.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuy

  71. @genesis
    sptnya analisa anda jg belum tentu benar … mengingat baru 1,5 bln berjalan.
    sampai skr pun menurutku distribusi xeon maupun scoopy blm bisa menggambarkan penyerapan pasar thd kedua produk tsb sbb dealerpun tentu msh ada stok kl sudah 4 bulan berjalan menurutku baru bisa keliatan gambar yg mendekati ‘kenyataan’.
    bisa jadi pembeli scoopy adl mereka2 yg mmg sdh menunggu skutik retro tp apakah pengagum retro bakal stabill?? ini masih jadi pertanyaan.
    dng data yg ada sekarang menurut saya terlalu prematur utk diperdebatkan ttg data siapa yg lebih tepat!
    tp kalo sekedar analisa (perkiraan) boleh laah

    @mario
    seminggu yg lalu gw beli xeon alasannya utama sederhana krn dia pakai diasil cyl & forged piston yg sdh kebukti dng mx-ku yg bener2 bandel! meski baru 3,5 tahun sdh aku ‘siksa’ naik turun sarangan selo dll, nigt touring, sby-solo nonstop (boyok’e le ra kuat) dll
    sbl beli sempat ragu jgn2 suaranya ngorok jg spt mx stl dipikir2 wis ben lah ngorok sing penting awet.
    tp ternyata kecurigaanku salah mesin xeon jauh dr suara ngorok stl kutengok ternyata mesin/cylinder xeon nggak tegak spt mx … hmm jd ini yg penyebab ngoroknya bukan diasilnya CMIIW
    naah dr sini aku sangat menyarankan kpd ymki kenapa motor2 lain nggak pakai spek mesin yg sama??? karena diasil != ngorok dan terbukti mesinnya awet

  72. ndaru_dari tadi gak kemana-mana

    @Bro Genesis
    setuju bro, jd inget survey2 pas kampanye pilpres dan legislatif.
    masing2 punya data survey klo partainya atau calon presidentnya yg memenangkan hasil survey.
    tapi kenyatannya cuma 1 yg lebih akurat dan jadi pemenangnya.

  73. @sembalap
    setuju juga kalau scoopy penjualannya meledak diawal karena ini adalah hidden demand retro yang dah menunggu lama + demand yang ikut trend ini. selanjutnya jikalau masih mengandalkan hiden demand retro tidak akan bisa menjual sebanyak sekarang, akan tetapi bila berhasil create trend demand retro maka penjualan scoppy bisa naik.

    Adapun analisis Gue diatas adalah analisis cannibalism tendency by type dan analisis market share eating by type. Tidak ada hubungannya dengan besarnya penjualan di masa yang akan datang. Tapi hanya melihat effect dan hubungan antar type, siapa berpengaruh terhadap siapa dan bagaimana mereka saling berebut market karena adanya kesamaan segment di suatu dimensi, baik itu secara demografi, psikografi, geografi atau picto-designgrafi. Hanya untuk menganalisa survei siapa yang mendekati kebenaran? survei Bro Paul atau survei Bro Mario. Dari data penjualan Gue menyimpulkan seperti di atas tadi. Secara Nasional Survei Bro Paul lebih mendekati kebenaran, survei Bro Mariopun kayaknya juga gak cocok dengan kondisi JaTim. artinya a lot of error happened in Bro Mario Survei.

  74. ndaru_dari tadi gak kemana-mana

    @Bro genesis
    lagian ente ini, bro mario kok dipercaya.
    persis spt pilpres kemaren yg hasil survey PDIP. Mega-Prabowolah yg keluar sbg pemenang.

    kenyatannya???

  75. ndaru_dari tadi gak kemana-mana

    klo surveynya berdasarkan pesanan ya gak mungkin akurat…
    :lol: :lol:

  76. @ Bro Onthel

    Menurut saya, nouvo bkn produk gagal, hanya segmen yg hendak dituju pada waktu itu msh belum terbentuk (dengan kata lain sangat kecil atau blm ada), dan positioningnya pun tdk jelas. Beda dengan mio, pd awal peluncurannya, pengguna mio adl cewek yg blm bs naik sepeda motor, baik itu cewek yg msh muda (pelajar), usia sedang, maupun ibu2 rumah tangga. Setelah mio sering menang di drag race, barulah cowok jg bnyk yg mau memakai mio. Sedangkan nouvo, adl matic yg diperuntukkan utk cowok, tp tdk ada nilai lebih apapun, hanya matic utk cowok, that’s all, dan saat itu (saat peluncuran nouvo) segmen pengguna matic blm terbentuk, apalagi segmen pengguna matic yg cowok, trennya blm sampai sana. Bahkan jika nouvo yg diluncurkan YMKI, bkn mio soul, maka penjualannya tdk akan sebagus mio soul, kecuali jika namanya bukan nouvo, tp mio nouvo, mgkn akan lebih laku, mengingat angka penjualan miosoul sebenarnya bnyk dikarenakan nama besar mio. Mungkin,, kalau nouvo diluncurkan saat ini dgn teknologi yg bagus, penjualannya akan bagus. Itulah xeon saat ini.

  77. Paul Gurita

    @Ring Piston
    Lho Nouvo dan Xeon jelas beda, lihat desain Xeon mirip Mio, tanpa tulangan di tengah, modelnya juga manis walau sporty masih manis githu! lha kalau Nouvo manis dari mananya?

    lha kalau nama Soul pakai Mio lalu Nouvo juga pakai Mio Nouvo knapa YMKI sekarang gak pakai nama Mio 125 kayak di tailan sono? knapa ngak pakai nama Mio Xeon? Apa nama mio dah jaminan sukses? rasanya kok ngak kayak gitunya seh!

    Teknologi Nouvo lebih baik dari Mio aja ngak laku kok? rasanya kalau alasan Bro Ring Nouvo dikasih pakai tenologi yang bagus bakalan laku jugan gak relevan lho!

    Yang pasti Nouvo itu produk gagal karena segmennya ngak pas dan timming waktunya juga ngak pas deh.

    Prediksi Q : Nouvo gak akan laku walau dibikin dan dipasarin lagi di Indonesia. Masa masih ngak percaya perekdiksi dari ane setelah terbukti di Piala dunia 2010.

  78. @ring
    menurut saia jg gitu,, sekarang banyak lho temen2 yg saia kenal pingin elegance masuk sini, sayang masuknya lewat IU, masih mahal…

    @genesis
    waktu peluncuran xeon saia diundang, dan orang yamaha yg saia kenal sudah memperkirakan jika Q4 tahun ini xeon akan ‘menghabisi’ soul…

  79. @ mind & paul

    yah seperti yg saya bilang diawal, ini survei dilakukan di jatim…klo berbeda…ya itu urusan area masing2 lah gmna strateginya

    soalnya di jatim brand imagenya sangat tinggi, jadi scopy mengkanibal brand H sendiri, begitu juga Xeon….dan saling pindah dari brand H ke Y, maupun sebaliknya, tidak terjadi secara jumlah yg signifikan…walaupun tetap ada lho ya

    @ ndaru

    kan da aku bilang kalo ga percaya ya sudah….lagian nie ya klo mo bilang folower first mover di jalur retro ini juga radak susah :D
    seandainya fino masuk tinggal di campaign aja matic retro pertama se-asean..nah ga jadi follower kan?atau masukin aja sekalian yg injeksi trus di campaign, the real modern retro pertama di Indo dan asean…sekarang yg jadi follower sapa :D

  80. @onthel
    apakah memang xeon diposisikan untuk mengganti soul bro?

  81. sa469

    adakah alasan vixi tdak dijual di thai? mengingat CBR dijual juga di thai.

    ———————————————————-

    ini pertanyaan ya?, jujur ku tak tahu hehehehe….seperti yg aku bilang tiap daerah bisa beda selera…apalagi negara..jadi kebijakan yg diambil tentu sudah diperhitungkn….

    dari yamaha sendiri mengapa agak tanggung untuk head to head? secara global aja yah…vixi vs cbr,sonic rs vs T135
    (dilihat dari spek engine yang dipake)
    ———————————————————
    nah kalo ini jawabannya agak panjng, dan aku susah menjelaskan, bisa 1 mata kuliah nie hehehe, biar yg berkompeten aj yg jawab :D

  82. Paul Gurita

    @Mario
    komen Bro Genesis di atas;
    Dari data penjualan Gue menyimpulkan seperti di atas tadi. Secara Nasional Survei Bro Paul lebih mendekati kebenaran, survei Bro Mariopun kayaknya juga gak cocok dengan kondisi JaTim. artinya a lot of error happened in Bro Mario Survei.

    Kalau Q rasanya dah mantep dengan jawaban Bro Genesis, gak perlu diperdebatkan lagi tuh^ q ulangi lagi komentar Bro Genesis di atas;
    survei Bro Mariopun kayaknya juga gak cocok dengan kondisi JaTim.

    artinya dari analisanya data penjualan Bro Genesis, survei tersebut juga ngak cocok dengan Jatim

    Piss ah!

  83. @ komeng

    Opini pribadi sih, kalau lihat dari data penjualan motor bulan juni dan separuh bulan juli.
    ————————————————————–

    kok bisa dilihat saling kanibal dari data penjualan y? oh ya dibulan juni&juli jatim gagal panen, jdi pembelian motor emang agk ngedrop untk beberapa tipe….jdi kyaknya ga bisa jika cuma dilihat dari data penjualan saja

    cmiww

  84. @ paul

    iya aku baru baca, tuh da aku kasih jawabannya, ga bisa hanya dilihat dari data penjualan…bnyk faktor yg terjadi di jatim….klo bro dilapangan pasti tahu apa yg terjadi di jatim :D

  85. Paul Gurita

    @mario
    situ bisa aja ngelesnya…jiah kalau nasionalnya dah gitu, area jatim juga ngak akan meleset-meleset amat dari nasionallah. gagal panenlah, banjir lah…

    tapi Q juga gak sampai situ ilmunya, bisa ya lihat dari data penjualan saja supaya bisa ngerti tipe mana memakan yang mana. Hebat bener Om Genesis ini.

    Pokoknya Oce deh.

  86. Paul Gurita

    ah sampeyan ga bisa jawab aja, yg ngeles lho sapa….sebenarnya bisa dilihat kok dari data penjualan…dibandingkan pabrikan H jual berapa Y jual berapa per type…nah trus dibandingkan yg naik yg mana yg turun yg mana, trus diambil kesimpulan oh ini memakan ini….sepertinya analisanya kayak gtu….tpi sekali lagi bnyk faktor yg mempengaruhi…

    alasan tipe ini turunnya kenapa, oh daerah sini yg menyumbang penurunan terbesar krn gagal panen, klo daerah kota justru naik..trus dibndingkn sama demandnya..demandnya naik 5% tpi kok jualannya cuma naik 1 persen…jadi kenaikannya justru diambil kompetitor…jadi ga bisa donk hanya dilihat dari data penjualan…tuh tak kasih ilmu lagi biar sampeyan tambah pintar :D
    baik toh aku ngajari ubur2 wkwkwkwk

  87. @mario & paul
    coba deh dilihat data penjualan per area,,
    kemenangan besar Y malah di area jabotabek, cukup jauh presentasenya dg jatim

  88. @sa469
    wah gak tau bro, saia cuma customer aja kok, bukan dari pabrikan R2.

  89. @Mario
    kasihan dech loe, ama yang punya warung aja masih gak percaya…ck ck ck…

    Siapa sih yang lebih pinter?

    kalau Q percaya sama yang punya warung aja dehh.

  90. @ paul

    ya ampun paul…paul…yg ngomong saya lbih pintar lho sapa….lagian yg punya warung kan da bilang itu opini pribadi hasil analisanya sendiri…kalo orang kritis dan cerdas pasti kita bertanya??kenapa bisa begitu, kenapa..dan kenapa sehingga mendapatkn jawaban sampai kita puas, itu baru namanya belajar yang sesungguhnya…. ternyata cuma sampe segini toh ilmumu….kecewa aku

  91. @ mario

    alah paling survei ABS (asal bapak senang) yang kamu bikin itu. dasar ilmu cetek suka njilat – njilat.

    Kecewa aQ lihat orang kualitas kayak loe ini.

  92. Paul Gurita

    wkwkwkwk…klo da kalah ngomong y kayak gini bisanya

  93. Karena penasaran sama hasil survey Bro Paul vs Mario dan analisa Bro Genesis di atas, Saya terpaksa buka kamus penjualan mulai April, Mei, Juni, Juli.

    Juga data Police regristation antar type matic.

    Hasilnya untuk wilayah Jatim, setuju ama analisa Bro Genesis. Setuju juga dengan survei Bro Paul.

    Thanks a lot Bro-Bro Berdua.

    salam uhuui juga untuk kalian.

  94. Dani Ramadian

    Hemmm…
    Ada “perang data” rupanya disini…
    Sip wis, mencerdaskan dan menggembirakan :)

  95. Yang hebat Bro Genesis sangat jeli membaca data sampai bisa menyimpulkan seperti itu. wuihhh. benar-benar tingkat tinggi ilmunya. Saluut saluuut.

  96. @ marketing

    yah kok ga setuju sama ane sih :D

    wah berarti tinggal liat data penjualan ya….klo liat data penjualan sih emang seperti yg dibilang bro mind genesis…aq pikir ad faktor2 lain yg perlu diperhitungkan…ya sud

    cmiww
    thanks bwt marketing dan mind genesis….
    salam uhuy juga

  97. @marketing
    wedew,, jgn di kekepin aja itu data gan..
    ayo dibuka disini dong,, biar kita lihat sama2.

    ada police registration nya pula,, kalo yg ini malah belum pernah lihat tuh, biasanya yg dibuka yg aisi aja..
    ditunggu ya gan

  98. @Onthel
    he he he…bisa aja kalau mau…tapi tidak di forum. minta aja ke Mario juga pasti punya tu.

    Soalnya kalau dibeberin disini bisa dipetjat ama yang kasih gadji.

  99. wih marketing plannya…mengeriiiiiiiiiiikaaaaaaaaaaaaaaaaaannn…!!!!!! kalo aku jadi direktur utama..da pusing ya…wkwkwkwkwkwk

    wel..percuma nelurin banyak2 kalo gk da efisiennya…malah rugi tar….hmmmmm tapi salut sama honda punya power dan modal gede….ediaaaaan……

  100. Jadi hasil survei belum tentu benar, butuh kejelian, kecermatan dan analisis yang kuat untuk mencocokan dengan data dan referensi lain ditambah dengan kebijaksanaan intuisi. Baru dapat kita ambil hikmahnya.

    Jika tidak, itu hanya sebuah sampah yang ditelan bulat-bulat tanpa tahu apakah bermanfaat atau malah mencelakakan.

  101. Paul Gurita

    @Mario
    nah ketahuan hasil surveinya ngak valid khan. dasar bego..ngotot lagi.

  102. @ Paul

    Saya jelaskan di awal bahwa pd saat nouvo diluncurkan, segmen matic msh belum sebesar saat ini, artinya, terlalu dini untuk mengeluarkan nouvo saat itu, apalagi dgn positioning matic utk cowok, lha saat itu cowok mana ada yg doyan matic. Dlm hal ini, sebenarnya saya sependapat dgn anda, it’s about timing.

    Yg kedua, bgmn seandainya nouvo (bkn mio soul) yg diluncurkan oleh yamaha setelah mio, saya mengaku kurang tepat dgn ide mencantumkan kata “mio” di depan kata “nouvo”, krn tanpa citarasa mio, percuma saja menambahkan kata mio didepannya, yg lebih tepat adl memberikan citarasa mio pada produk yg diluncurkan saat itu (diluncurkan stlh mio) krn image mio yg sudah sangat luar biasa, sehingga kl produk baru tsb diberi citarasa mio, akan lebih mudah menjualnya. Itu pula yg tjd pada xeon saat ini. Citarasa mio msh melekat pada xeon, tetapi teknologi yg digunakan pada xeon dan desainnya memposisikan xeon sbg matic yamaha yg premium, atau mio yg luarbiasa.
    Nah, anda mengatakan bahwa nouvo yg dipasang teknologi yg bgs akan laku itu tdk relevan. Ok, cb kita lihat. Seumpama pd timing setelah mio soul dan sebelum vario tecnho Yamaha mengeluarkan produk nouvo yg berteknologi tinggi yg menyasar segmen yg sama dgn vario techno, tentunya image “king of matic” akan tetap di tangan Yamaha, Honda akan semakin berat melawan keperkasaan Yamaha di segmen matic, dengan demikian, grand strategy honda akan terhenti sampai di penguasaan moped saja, dengan semakin besarnya tren matic di tanah air, maka hanya dgn bertahan di moped saja, pada gilirannya Yamaha akan memimpin pasar. Sayang YMKI tdk melihat hal ini, matic yg sudah ada tdk dipertahankan, malah berusaha mati2an mengejar honda di moped. Saya takut, yamaha malah akan kehilangan keduanya. Bgmn menurut anda bro?? Tp jangan diramal lho bro, krn bisnis bkn judi.

    Komen bro onthel pun membuktikan analisa saya. Bgmn menurut bro2 semua??

  103. @ paul

    ah loe ga bisa jawab pertanyaanku aja bego2in orang…..baca lagi comentku, bukan itu masalahnya

  104. Paul Gurita

    kayaknya ngobrol sama orang bego kayak mario buang-buang waktu aja. lebih baik ngobrol ama yang pinter seperti Bro Ring Piston aja dehh.

    @ ring

    Bro Ring, saya senang bro Ring bersependapat dengan aQ setelah kita berdua diskusi panjang lebar.
    adapun mengenai Nouvo diluncurkan kembali setelah mio soul dan sebelum vario techno…mhm mungkin honda akan pilih meluncurkan Airblade yang lebih unggul dari Nouvo dan menguasai market share matik bertulang tengah (nouvo, skydrive, airblade) di thailand sono.

    Ceritanya akan beda pula lho? masihkah YMKI mampu melawan AHM? gimana menurut Bro Ring?

  105. @ paul

    jiah cumi…ngatain aku bego lagi, katanya kepala dingin…

    peace ah

  106. @Paul Gurita

    baru tau mario ya???
    ya gitu deh sales2 yamaha yg kebakaran jenggot….
    :lol: :lol: :lol:

  107. Paul Gurita

    @ndaru
    iya, kapabilitasnya gak pantas, malah malu-maluin aja. bisanya njelek-njelekin karakter orang lain aja.

    dirinya cethek bilang orang lain ilmunya cethek, ngak ngaca apa. dasar udah kebakaran jengot, otakpun lemot.

    Baru aja terbuka mata q ini. Loe emang benar Bro Ndaru

  108. @Mario
    Data penjualan bisa berbicara lebih banyak dari yang kamu kira lho!!!

    Bukan dengan cara kamu bandingin-bandingin githu data penjualan akan berbicara, tapi You must have the business feeling that makes You clear to see the real market happen.

    Kalau cara bacanya masih bandingin yang mana naik-yang mana turun, demandnya naik atau turun? tapi gak tahu flownya kemana, itu sih cuman analisa tingkat dasar. You must have the intuition, You must know the market.

    Bahkan adanya gagal panen atau banjir tidak akan banyak mempengaruhi hasil analisa jika Anda dapat merasakan adanya something goes wrong in the data. Cuman ya kamu masih butuh banyak belajar biar bisa ngerasaain semua itu.

    Sekali ada yang salah dengan demand, entah karena banjir atau sesuatu, semua demand dalam segmentasi demografi pricing akan bergerak bersamaan, dan anda akan tahu yang terkena pengaruh pasar yang mana? Sekali lagi tanpa tahu disitu kondisi real banjir atau tidak. Data penjualan juga akan bercerita banyak bagi yang mampu melihat data ini berbicara dan bercerita. not just only angka-angkanya naik atau turun.

  109. @paul&Ndaru

    da klo g bsa jwab diem aj, sok BEGO2In orng lg,kyak org plng pnter.

    jawaban bro komeng bgus bgt kyaknya ini yg mau dketahui bro mario

  110. Paul Gurita

    @ali
    abis si mario itu bukannya mau tahu dan mau belajar, tapi sok pinter githu. padahal ilmunya cethak.

    tuh Bro Genesis aja sampai kasih petuah.

    dari awal soalnya gak sadar-sadar sih kegoblokannya.

  111. @ komeng

    wah jawaban yg bagus bgt….ini yg aku suka….coba jawabny dari kemarin bro komeng, begini ga bicara sama cumi, malah ga nyambung…..
    like this….ini yg mau aku pelajari…karena ada data juga percuma klo ga bisa dianalisa…harus bnyak belajar nie sama bro komeng :D

    @ ali

    maklum bro kita kan mau belajar, jdi banyak tanya…lha yg g bisa jawab malah ngata2in melulu goblok, diktain balik ngamuk kebakaran jengot… ya sudah deh ga usah didengering..dari awal aja udah nuduh aku itu klonengannya bro ring piston…..ga nyambung kan omongannya wkwkwkwk

  112. @bro komeng…
    sadis…kejam…menusuk….xixixixixi
    tapi membuka mata hati….
    nice words bro…

  113. @ bro Paul

    Iya bro, ane akuin, ente emang benar. Kl nouvo elegance masuk indo trus disusul ama airblade ya sama aja boong, pasti sangat berat menghadapi airblade yg dapat notabene scr overall menang atas nouvo. Berat memang bagi YMKI. Tp next artikel dari Bro Genesis ttg retro mgkn bs jd solusi bagi YMKI. Itupun kalau mereka mau menundukkan kepala dan membuang kecongkakannya.

  114. Paul Gurita

    @Ring
    Setuju Bro Ring
    kerendahan hati kayaknya bisa jadi kunci kesuksesan di saat seperti ini.

  115. Kalo Suzuki,dimana posisinya Ya??
    Sebagai penonton kali yach??
    Kalau sudah ada yang bener benar KO,baru deh mulai start.
    Gak ngoyo sih,wong jelas gak level,penting image produknya belum hancur,wkwkwkwk!!
    Paling jadi mirip kawasaki,khusus premium…

  116. Tetap aja jakarta makin macet heheheheh…

  117. mas…mas bukak bengkel online ajah..wkwkwkwkwk

  118. ashley ninja saga!

    sumpah gw merinding baca diatas…..

    asal jangan kembali kejaman kegelapan aja yah…..dan yangpasti..tetep…yamaha kudu all out!

  119. thank atas info grand strategy nya..
    beberapa info sangat sesuai dengan kondisi market..
    kalau kita lihat pergerakan semester pertama 2010 kondisi honda masih memprihatimkan.
    tapi mulai ada perbaikan di bandingkan tahun-2 sebelumnya.. dimana kepercayaan diri serta motivasi team meningkat karna image scoopy mengena di konsumen dan kondisi vario techno sendiri yg indent.
    pergerakan di akhir th 201o memang mengejudkan dimana domonasi yamaha mulai di hajar di akhir tahun..
    melihat kondisi market dan perkembangan yg ada saya rasa kebingungan malah berbalik dr h ke y.

  120. ini artikel masih terus saya bookmark :D

  121. @Taufik
    Terima kasih atas support Bro Taufik selama ini.
    Mohon dikoreksi terawangan saya 1 tahun lalu dengan kondisi yang up date saat ini di market. Apakah masih cocok atau sudah tidak cocok lagi.
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuy!!!

  122. Prediksi tahun 2010 tepat seratus persen Mas Genesis, kelihatannya prediksi tahun 2011 juga tepat, denger denger setelah ini Honda keluarin CBR 150 dan mau masukin motor gede baru model street bike. Luar biasa tepat. Salam Kenal Mas.

  123. Analisis yg luar biasa tajam dan dalam mas, coba semua blogger kita seperti ini….mantafs…

  124. @Kamikaze
    Salam Kenal dan salam Uhuuuuuuuuuuuy Bro.
    @New Boy
    Thanks Bro New Boy, kiranya ada masukan informasi dari Bro-Bro disini dan diskusi hangat diantara kita akan lebih melengkapi tulisan saya yang terbatas ini.

  125. Pingback: Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011) | Mind Genesis

  126. Kayak zaman kuliah dulu, dosennya menjelaskan dengan panjang lebar dan jelas. Keep posting Bro.

  127. Pingback: Strategi AHM Yang Tidak Akan (Malu Jika) Dipakai YMKI « Apri for Human Being

  128. setuju bangget ma bung mind genesis………….
    one heart

  129. smartinnovation

    Ramalan mjd kenyataan. Kalau melihat implementasi yg begitu bagus dalam setiap tahapan dari grand strategy yg telah dibuat, maka terawangan anda mengenai kondisi 2011 dimana MS Y akan menyentuh level 2X,xx terlihat semakin masuk akal bagi saya Bro Gen.. Apalagi jika kekuatan sport Y mulai mulai digerogoti H pada pertengahan tahun ini. Mungkin Bro Gen ini keturunan sang dewi strategy athena atau reinkarnasi dari panglima perang sun tzu… *ngayal mode on. Hue he he he.

  130. Engine Enforcer

    http://edorusyanto.wordpress.com/2011/07/08/honda-beat-lewati-yamaha-mio-cw/

    iya jadi kenyataan, padahal artikel ini dah rilis lampau, bagai bisa melihat masa depan melalui tulisan di artikel ini.

  131. Sebenarnya dengan artikel ini, Honda banyak dirugikan, Grand strategi nya ditelanjangi, tidak hanya di masa ini, bahkan di masa mendatang. Sangat bodoh apabila kompetitornya tidak dapat memanfaatkan pengetahuan ini dengan baik. Salut atas artikel yang membahas masa lalu, masa saat artikel dibuat, saat ini juga cocok klop dengan kondisi sampai hari ini, dan saat yang akan datang. Ck ck ck.

  132. Analisa yg sangat masuk akal….

  133. .@ mario

    hehehe kedepannya AHM akn lebih ganas bung, plant 4, akn segera berdiri dgn konsep manufactur ala japan…tepatnya di karawang(berharap tdk berdampingan dgn yamaha wj,cz ntr kesenjangan sosialnyanya tinggi) siap2 jg plant3 cikarang blm 100% optimal…dimana plant3+3a ini diprioritaskan matic all…capacitasnya 2x produksi matic yamaha yg sdg naik daun,,,,yamaha akn invest 1t masih kecil bung, buat gedungnya aja 1t, mesin2nya bung dll….5jt setahun siap dijalankan ahm di 2015……..

  134. Pingback: Kasus Spacy dan New Blade – (IMHO) AHM banyak belajar Mindset Konsumen R2 Indonesia | Teras Belitong Blog

  135. Pingback: Mengapa Honda harus “Pressure Superiority All Out War” ? | Mind Genesis

  136. artikel bagus namun kedepannya : pasar akan dimonopoli 1 merk.

    kalo udah dimonopoli ya, tau sendiri lah… :P

  137. Pingback: Menelanjangi Langkah dan Ambisi Honda di tahun 2012 | Mind Genesis

  138. Cocok, sampai tahun ini , bulan ini, hari ini masih sangat COCOK.

  139. Jos Ghandosss………………

  140. setuju ama artikel ini,

    Pricing Strategy akan sebagai senjata utama untuk menikam lawan. Tetapi Discount dan standardization harga akan teratur tersentral pada kebijaksanaan AHM pusat. Harga Produk turun, Value for Money lebih tinggi, akan tetapi discount tidak lagi besar-besaran dan akan terkendali.

    Vario 125 pgmfi, spacy FI jadi bukti nyatanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s