CBR150RR senjata simpanan yang akan keluar kalau…

IMG_9226Honda sebagai merk yang merajai dunia otomotif, khususnya di roda 2 memang sangat menguasai mass market product yang secara umum adalah produk yang biasa biasa aja akan tetapi sangat tepat guna sesuai kebutuhan penggunanya. Honda mengerti benar apa yang dimau dan diinginkan oleh pengguna masyarakat luas pada umumnya. Tak heran jika penguasa market share di Dunia dan khususnya di Indonesia juga dipegang merk yang satu ini.

Akan tetapi Brand yang satu ini kadang juga suka main main menghadirkan motor motor uniqe yang superior dan bahkan terlalu superior untuk meladeni kompetitor yang head to head dengannya di market. Entah sekedar Gengsi brand ini, atau emang untuk strategic branding image impact, atau justru brand mereka pada posisi kepepet kejepit di market segment tertentu. Walau kecil atau terlalu kecil, bahkan rugi juga dijabani oleh Honda. Toh ini juga bentuk show force power Ultimate Brand ini.

Kita coba fokuskan pembicaraan di market Indonesia aja, untuk meladeni Ninja 250 dan tidak adil jikalau R25 tidak juga disebutkan, Honda berani sampai mengeluarkan CBR250RR yang memang bukan kelasnya Ninja250 dan R25. Untuk kelas Ninja 250Fi dan YZF R25 harusnya CBR250R aja udah cukup. Tapi Honda ngotot pakai RR yang memang merupakan kelas prestige dalam clan motor Honda. Justru Gue sering mempertanyakan Yamaha dengan R25 yang rada setengah setengah turun kelas mengikuti Ninja 250, sebab urusan YZF R adalah nama yang sakral untuk dikorbankan bagi Yamaha sendiri. Back to CBR…. bagi yang suka mengikuti aturan penamaan motor Honda, sangat berbeda jauh antara embel embel R dan RR series loh. Lihat aja CBR1000R dan CBR1000RR, mesin frame dan segala partnya beda banget!!! Honda all out disini, Gue apresiasi!!!

Nah sekarang kita ke kelas empuk, gurih, dengan market size yang besar untuk sport fairing category, apalagi kalau gak kelas cc ecek ecek 150 yang powernya cuma mainan bagi sport tulen 125cc. Bukannya Honda tidak bisa menghadirkan produk yang istimewa di sini, akan tetapi kompetitornya gak melakukan perlawanan berarti. CBR150R masih cukup terlalu handal untuk meladeni YZF R15 dan GSX-R150 dalam hal penjualan. Sekali lagi dalam hal penjualan!!! Bayangkan jika sales kompetitornya mampu bekerja dengan benar, joss bisa dimungkinkan CBR150RR dengan SE yang tidak lagi mempermalukan kelas sport 150cc dimata sport 125cc bisa meluncur. Atau setidaknya CBR150RR bisa tandem dengan CBR150R.

Honda tidak akan ragu ragu melemparkan granat kelawan lagi kalau masalah gengsi tersentuh. Sebab secara historis pabrikan yang satu ini kadang kala suka bermain di ranah UnfairAdvantages dengan memberikan Value yang jauh di atas kelas produk kompetitornya. Gue suka dengan aksi gilanya itu!!! Ibaratnya ini seperti pertempuran antara Pasukan khusus Amerika dengan lawan, dimana Amerika juga senang bermain di ranah UnfairAdvantages keunggulan teknologi militernya. Honda pun sama. Udah pada lihat film 12 Strong belom ya??? Gue recommended deh!!! Cool Movies!!!

Nah semoga aja Sales non Honda pada puter otak, Dare to Think Big and Execute well, dan kerja keras untuk melawan CBR150R, dengan demikian jika CBR150R terbantai maka senjata simpanan Honda CBR150RR akan mengaspal!!!

Uhuuuuuuy!!!

61 thoughts on “CBR150RR senjata simpanan yang akan keluar kalau…”

  1. Mau jungkalin CBR 150 sulit bro. Harus ada faktor internal dan eksternal. Larangan omr, viralkan masalah cbr sekecilpun dan kasih tahu masyarakat kalo CBR150 itu paling lemot lewat iklan yg masif dll. Knp g ada perlawanan? Apakah mereka yimm bserta salesny sudah nyaman dgn penjualan 4rb perbulan?

  2. selama gak terkapar gk bakal upgrade ….paling malah ngurusi yg seperempat liter main gengsi gengsian buat njungkalin kaoskaki

      1. kayaew kepentok margin .. pengen untung gede …. tuntutab itu dari pemegang lokal atau dr jepang sono sih…

        R25 klo gak deltabox ya mending gal usah update sekalian…

        soale tinggal itu yg gak diniliki cbr

        1. Om eiscell nulis apa kumur2 ya.. hehehe

          Ya betul, senjata r25 diluar mesin ya deltaseng itu sendiri.. #ehh
          Yg bahkan gk dimiliki semua brand motor kekinian (terakhir kalo g salah cbr 150 old karbu ya yg pakek cmiiw)

          1. peetanyaannya deltaseng mampukah menggendong nesin segitu dg ledakan powwer 40hp..

            mo dipake in deltabox ala moge mo dijual berapa?!!

      2. Unit samplenya ud ada di indo koq om, n bener kata om komeng, jauh lebih keren dr ninin 2018, tp ya balik lg model itu selera.

  3. CBR150R user friendly.dr 2 kompetitornya ini dia yg paling nyaman di kelasnya.cuma sayangx CBR150R gak punya soul kyk GSX150 (Klaim dari para speedfreaker trmsuk gw,you know what i mean).klo R15 bedak sama gincu nya tebal tapi sensasi nya kurang mantap.

    Dr awal CBR150R brojol gw udah menduga motor ini cuma di posisikan sbg “umpan peluru” atau pasukan frontline untuk kelas ecek-ecek.Padahal Honda punya sejarah mesin2 4 tak DOHC 125-150cc yg amazing dibanding kompetitor.Nah kemana mesin2 tsb?Nunggu klo pasukan umpan peluru/frontline nya kalah dl.apakah dalam waktu dekat?Gw sangsi.

    1. ya karena konsumen dikelas ini masih memfungsikan cbr sebagai kendaraan sehari2 makanya yg ada di cbr sekarang levih divutuhkan ketimvang tawaran yg ada pd kompetitor

  4. Bener Om.Para sales sebelah jgn nyari kelemahannya,percuma gak berguna,Merengek aja ke bos nya minta strategi perang dan senjata yg lebih baik untuk kelas ini.

    1. Kalo ane ngeliat kenapa R15 belom mampu menjungkalkan CBR150 lebih karena kondisi produknya sendiri.. percaya atw tidak, kenyamanan adalah kuncinya…karena kalo bicara design R15 imbang sama CBR, kalo urusan fitur R15 menang telak..masalahnya, ergonomi R15 sangat2 tidak bersahabat bagi sebagian besar rider kita yang postur nya 160an.. padahal rider dengan postur segitu cukup besar jumlahnya… Yang jadi sumbernya menurut ane orientasi marketnya sewaktu mendesign berbeda antara CBR dan R15.. CBR lebih kelokal dengan segala pertimbangannya termasuk postur tubuh umumnya…nah berbanding terbalik dengan R15 yang orientasi marketnya juga keluar yang secara posturnya lebih tinggi dan besar dari orang kita…CMIIW enath kebetulan atw tidak antara ninja 250 dan CBR250RR lebih kurang sama antara CBR150R dan R15 ini…yang unggul yang lebih nyaman ergonominya…

  5. Jgn bilang kalau cbr250rr itu bukan kelas ninja 250 sama R25 om komeng, tar Ada yg gak terima..

    Padahal itu emang bener, punya kelas di Liga yg laen dengan Bergaul dan ikut harga Liga di bawahnya..

    Banyak yang gak paham soal ini sbenernya, tapi yarin aja, gw Demen kalau banyak yg gak make malah wkwkw..

    CBR150R? Cuma bakal ngasih yg ultimate kalau udah kepepet penjualannya.. Makanya ayo dibeli merek laen dong hehe

    http://kobayogas.com/2018/02/06/kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-satria-fu-150-injeksi/

      1. Heheheh.Gw salut sama strateginya honda,kelas 150cc gengsinya udah gak sama kayak jaman dulu.jaman udah bergeser.Bikers yang pengen naek kelas langsung ke kelas 250.Maka dibikinlah CBR150R yang tenaga nya pas,nyaman di pake untuk aktifitas sehari-hari dgn body yg seimbang gak besar/gak kecil.

        Sebenarnya yang bisa menyaingi penjualan si CBR150 adlh suzuki GSX150 cuma suzuki kurang peka sama permintaan pasar,di samping merk suzuki yang udah meredup.

        R15 malah pegel di pake sehari-hari.di tambah fitur asc nya yg gag berguna utk kelas ini.

    1. Betul om kobay,CBR250RR punya standart baru di kelas 250cc dan kelas nya beda.maybe membandingkan liga champions sm liga europa dlm sepakbola.

      cuman emang dia pandai bergaul sama si ninin dan R25 yg kelasnya d bawah lewat harga.

  6. Ga bakalan

    Knp?
    La harga aja udah keliatan bgt saling ngisi
    Ngapain juga perang kalau sama sama nyari duid di negeri orang?

    Klu mau keluar
    Saran gw
    Jangan beli motor barunya
    Beli aja seken teruss
    Di jamin muncul tuh RR MT ZX GSR RRRR

  7. yap bener, 250rr’nya honda emang beda kelas.
    dan itupun dikelas 250 belum ngeluarin sentaja utamanya….
    itu tuh yg mesin V.

    1. Inget gasi dulu sempat ada rumor kalau doi dikasih opsi 2 silinder ama 4 silinder? Dan doi lebih memilih 2 silinder utk RR nya

  8. “…market size yang besar untuk sport fairing category, apalagi kalau gak kelas cc ecek ecek 150 yang powernya cuma mainan bagi sport tulen 125cc.”

    Emang sport tulen 4tak 125cc mana yg bisa sampe anggap power 150 dsni mainan? Apa contoh motornya?

    1. Aprilia RS 125 yg powernya 34hp itu… 2TAK

      Aprilia RS 125 2018 yg 4tak powernya cuma 15hp, msh dibawah kelas middle-low 150 sini yg 17hp-19hp

        1. Di ASPAL:

          https://www.bennetts.co.uk/bikesocial/reviews/bikes/aprilia/aprilia-tuono-and-rs125—2017-review

          Top speed rs125 4tak:
          127km/h

          0-100km/h:
          12,7-13,64 detik

          Top speed 150 klas ecek ecek disini:
          138 kmh (cbr 150) 148kmh (gsxr150) 149 (r15v3)

          0-100 km/h:
          11,4 dtk (cbr150) 10,4 dtk (gsxr150), 10,4 dtk (r15v3)

          https://munivmotoblog.com/2017/06/09/hot-hasil-pengetesan-lapangan-dan-dyno-yamaha-r15-v3-suzuki-gsx-r-150-dan-honda-cbr150r-yamaha-sapu-bersih-kemenangan/

        2. Jangan telalu kolot jg masbro..15hp untuk kelas 125cc udah trmasuk uhuuyyy tuh.. artinya per cc dapet 0.12HP. ya walaupun kalo dijadiin 150cc “cuma” 18hp untuk 0.12hp per cc nya sih. Lah di aspal r155 masih kalah cepet akselnya sm k45a ane.. entahlah ini ahm ngukurnya dimananya sih dapet 17hp tp on wheel dyno malah gk jauh dr angka trsbt.. heran
          Yg lain drop 2-3hp an.

          1. Sori ada note nya, sama2 tak bikin 155cc jg biar apple to apple wkwkwk. Brarti vva nya yamada ini minta upgrade dobel vva kali ya, qiqiqiqi
            Buktinya k45a cm upgrade cc (lainnya std ting2) di aspal test berkali2 msh superior dibanding r155. Sori ane sakin penasarannya ini overbore vs overstroke vva sampe2 rela kluar duit buat nyamain cc nya. Kerjaan banget hehee tp puas dpt hasilnya lgsg (terlepas win or lose)

          2. Ya so what, intinya aprilia 125 tetap ga bisa anggep kelas 150 disini maenan, orang cuma sgtu2 aja

  9. Make cbr 150 udah setahun . enak aja. Gigi 3 nya aja yang bikin kesel dikecepatan 92 langsung minta ganti gigi. Selebihnya enak buat sruntulan. Aneh juga dohc tapi tarikan bawahnya enak.

  10. sebenarny mudah untuk menumbangkan image cbr150r,…. tinggal yimm mau gak meminta yrf untuk me-lobi promotor balap asia(arrc) untuk membuat ajang balap sport150 cc menggantikan ub150cc,… dengan mesin lc4v ny yg gampang banget d modif kencang, sasis dan kaki2 yg ready to race tentu r15 maupun r155 dengan mudah ny akan menguasai kelas tsb,.. dengan mengganti UB150 jdi sport Bike 150, mka peminat kelas ini akan lebih banyak krna biayany 11-12 dengan ub150 tpi image 11-12 dengan kelas super sport,… aprilia rs150 sekalipun saya jamin blum bisa ngejabanin performa r15 ini dlm balapan resmi,….
    sbg gambaran, mx king aja masih terlalu superior d sirkuit besar pdhal speed ny masih 5, rangka/sasisny tidak berbeda jauh dri supra150 bhkan lebih rigid sasis supra150, swim arm ” masih tahu besinium arm” dan suspensi depanny lebih kecil darpda supra 150, tapi supra150 masih kurang nonjok kan untuk menghadapi mx king d trek permanen?

  11. Entah kapan AHM sadar kalau CBR150R sekarang ini keluar dari trah CBR yang mesinnya selalu overbore. DOHC overstroke, haduh.

    1. Demi ambisi menumbangkan vixi dan R15 wktu itu maka lahirlah mesin overstroke.Mesin ini dpke utk CB/R utk menghemat cost produksi.toh mikirx cm 150cc jd mesin ini dirasa udh mumpuni bt harian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s