Sky Drive mengancam Soul

skydrive

Suzuki Sky Drive bisa jadi ancaman yang cukup serius untuk Mio Soul. Mungkin banyak kalangan yang menyepelekan produk-produk Suzuki belakangan ini. Tetapi justru gue mengamati adanya aura baru yang memberikan design taste yang juga baru dalam beberapa new product Suzuki, katakanlah new FU-150 ed 2009 dan Sky Drive ini. Mengapa gue sebut ada aura baru??? coba perhatikan…design Suzuki mulai ke-arah ASEAN taste. Bukan lagi ASEAN in Japanese taste… Tentu saja ASEAN taste ini akan lebih masuk ke selera konsumen Indonesia bukan?

Dengan pe-modern-an model, desain dan fitur, sungguh sangat tepat sekali jika Suzuki Sky Drive mengincar segment pasar yang sama dengan Mio Soul, bukan mengincar Vario. Lihat saja betapa para pengguna Mio Soul adalah kumpulan orang-orang yang justru tidak terlalu mengikuti kecenderungan pakem matic yang ramping. Disinilah letak presepsi yang paling penting terjadi. Mereka justru lebih perduli pada performa mesin. Kita tak perlu meragukan lagi bahwa mesin Mio series sangat handal dan mudah dimodif untuk meningkatkan performa, apalagi di pasar tersedia begitu banyak tune-up spare-part untuk meningkatkan performa Mio Series, termasuk Mio Soul. Lalu bagaimana dengan Sky Drive? tentu saja performa mesin standart 125cc-nya tidak perlu diragukan lagi. Dengan bentuk yang sporty abiz bisa jadi ini adalah pilihan yang lebih sempurna bagi calon konsumen yang dulunya termasuk dalam core segment Mio Soul. Para lelaki yang berjiwa bebas, dengan keunikan yang tidak terlalu mengikuti norma baku dalam masyarakat. Dengan idealisme yang sangat personal dan kebebasan untuk mengekspresikan dirinya bahkan termasuk dalam pemilihan dan kepemilikan motor yang dia tunggangi. Yoooo….. Soul apa Sky Drive pilihan yang cocok? maksud gue pilihan yang lebih cocok? he he he.

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya mengapa Vario dari tadi gak disebut-sebut? Itu karena Honda Vario bukan termasuk dalam segment yang sama dengan Soul dan Sky Drive ini. Disinilah letak kejelian Suzuki…..Di Light Low-End Matic ada Spin, di Standard-Medium Matic ada Sky Drive dan di Standard-Premium Matic ada Sky Wave.

Biar kagak bingung coba lihat pengelompokan matic untuk pangsa pasar ASEAN (bukan pangsa pasar Jepang dan Eropa) di bawah ini:

Light low-end Matic              ; Spin, Mio, Beat.

Standard-Medium Matic     ; Sky Drive, Mio Soul. (Honda tidak punya)

Standard-Premium Matic   ; Sky Wave, Vario. (Yamaha tidak punya)

Premium Matic                       ; di Indonesia tidak ada, sebagai contoh Honda Air-Blade dan Nouvo-Elegance.

Nah cukup Smart untuk Suzuki dapat membagi segment maticnya dengan rapat, masalahnya tinggal bagaimana menciptakan image Sky Drive dengan bagus di benak konsumen roda 2 Indonesia, dan bagaimana strategy marketing Suzuki untuk meningkatkan “Payung Brand” mereka agar tercipta image yang kuat dan mampu bersaing secara image dan precieved preseption di benak konsumen Indonesia.

Kita tunggu Suzuki……..Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

70 thoughts on “Sky Drive mengancam Soul”

  1. Wagh, saya kira ntar malah kurang laku nih motor, ya mungkin berhasil nyuil kuenya mio soul tapi ndak banyak2 . . .
    Skydrive terlalu gendut and kebanyakan lekukan.,
    Btw Apa ni ‘sandwitch strategy’ suzuki di kelas matic ya kang komeng.,

  2. @ adicuzzy

    gue kagak setuju bro,

    uraian bro Genesis menggambarkan kalau segment soul adl pria berjiwa bebas.
    nah Selera segment tsb benar2 “diakomodir” ama skydrive ini.

    Lekukan2 yang ada adalah lekukan tajam yg menggambarkan “sisi extreem jiwa lelaki muda” yang “cenderung sporty”.

    nah, gue kagak setuju kalau bro adicuzzy berkata hny “terganggu sedikit”, tapi gue juga kagak setuju dgn bro Genesis yang berkata bhw skydrive adalah ancaman serius bagi mio soul.

    dari desainnya dan fiturnya, tampak sekali bahwa segment mio soul bukan lah pria yg berselera sport. sedangkan desain skydrive ini lebih cenderung sporty, jadi segment nya “tidak benar2 berhimpit”.

    Malah, kalau ditinjau secara segment, akan ada sedikit gangguan pada Jupi MX. gmn bro??

  3. tapi banyak orang masih kurang respect ama aftersales suzuki yang masih di bawah Yamaha, apalagi honda.. CMIIW..

  4. aftersales suzuki jelek karena price war nya dan harga spare part yg mahal, tp kalau produk baru ini bisa dibanderol dgn diskon yg “pas” dan harga part yg cukup bersaing, malah ini bisa jadi awal kebangkitan suzuki, apalagi mengingat trend matic yg semakin berkembang

  5. he he ….
    Maaf menurut aq,skydrive memang mantap…
    krn waktu belum lounching aq udah pesen…..
    kalau dibandeing2…aq ga suka..urusannya slera..
    dan aq ga suka pake motor yg banyak di miliki orang…pasaran banget…urusan spare part,tergantung kreatif dan wawasan tentang enggine..he he enak memang skydrive-dinamatic

  6. sebelum ada SkyDrive aku bagi seperti ini bro..
    Kategori ~125 cc matic light class

    Penggolongan berdasarkan rentang harga cenderung ekonomis <12 juta juga dengan postur yang lebih ramping.

    * Yamaha Mio
    * Suzuki Spin
    * Kymco Free LX
    * Honda Beat

    Kategori ~125 cc matic premium class

    Untuk kategori ini selain dari harga yang melampaui angka 12 juta dan bodi yang besar dan sejumlah fitur lain yang tidak dimiliki light class sebut saja radiator yang tersemat pada Vario.

    * Honda Vario
    * Yamaha Mio Soul
    * Suzuki Sky Wave
    * Kymco Libero

    http://prado2.com/segmentasi-pasar-motor-penting-gak-sich-part-2.htm

  7. Hai..ikutan nimbrung di forum ini.
    Artikel ini setelah saya baca telah membuat saya jadi tertarik untuk ikut komentar.

    @salah tuh
    sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal mensekmentasi suatu produk atau beberapa produk. Sekmentasi sendiri adalah cara pandang dalam hal membagi atau mensekmenkan market itu sendiri.
    semakin kreatif dan different dalam mensekmen suatu market, semakin baiklah dan hebatlah marketer di balik produk yang dipasarkan tersebut.
    Justru disini saya merasakan kejeniusan dari sang pembuat artikel yang saya rasakan sangat kreatif dalam mensekmen market motor matic yang ada di ASEAN. Hasil sekmentasi tersebut memang berbeda dari beberapa pakem pabrikan yang saya tahu. tapi luar biasa, saya jadi takjub dan terbukalah pikiran saya. benar-benar out of the box, sungguh kreatif dalam membagi pasar motor matic.

    @ringpiston
    Justru pendapat saya produk Suzuki ini, Sky Drive ini benar-benar diposisikan Suzuki untuk benar Head to Head satu sekmen yang sama dengan Mio Soul, bukan berhimpitan sahaja. akan tetapi benar-benar bentrok sempurna dengan segala nilai plus pada SkyDrive. Bisa jadi Yamaha harus benar-benar was-was dengan Sky Drive ini bila Suzuki benar-benar mau untuk bangkit lagi dibawa kepemimpinan management Nippon lagi. Untuk sementara Soul adalah lawan yang tangguh. tetapi bukan tidak mungkin Sky Drive bisa melawan dengan baik. Yamaha mungkin harus waspada dari saat ini. Itu yang bisa saya lihat dari kondisi ini. Sky Drive adalah ancaman serius jika Yamaha tidak tanggap dari saat ini. terima kasih.

  8. Setuju sama ulasannya, salut sama bro genesis yg jeli.
    para peminat skydrive yg serius pastinya akan membandingkan produk ini dengan mio soul, bukan dengan yg lain.
    tapi soal mengancam? boleh2 aja, hanya saja soul masih terlalu kuat utk skydrive (saat ini).

  9. @r1ng piston
    Bagi sebagian orang seperti saya, ada yang belum bisa menerima desain bodi skydrive.,
    Tapi bagi yang milih tampilan fresh, pasti milihnya Skydrive dibanding Soul, yang belum begitu mendapat image kuat seperti Mio.,
    Bisa saja skydrive laris, asal suzuki melakukan penanaman image besar-besaran seperti yang dilakuin yamaha dulu pada Mio-nya.,

  10. @r1ng piston
    Oiya, sebagai tambahan, saat ini image suzuki di masyarakat berkurang.,
    Perhatian pasar kini lebih tertuju ke ‘perang’ honda and yamaha..
    Mungkin ini yang bisa menghambat penjualan skydrive.,

  11. tapi biaya perawatan yg murah mana..ya? Mio Soul atau skydrive….bisa diulas nggak @bro Komeng spart part yg fast moving harganya berapaan ya masing-masing merk..?

    Thanks

  12. Gue ko belum pernah liat iklannya di TV ya?
    ayo gencarin, trus pake model yg makyus.
    biar melekat di hati.
    ada in juga acara2 gathering. undang kita2 pemakai matic suzuki. trus ajak konvoi keliling kota. ok…!

  13. sy kira bukan ancaman seurieus buat mio soul, karena masarakat indonesia pda umumnya brand minded …
    dalam hal ini yamaha mio lebih dulu punya brand image yg kuat di indonesia..
    sebagus apapun suzuki mengeluarkan suatu produk tetep aja kalah pamor sama yg duluan ….

  14. @ adicuzzy

    gue setuju ama your second opinion… perang “baratayuda” antara Ymh dan Honda menyita perhatian konsumen, ini terbukti dgn market share suzuki yg makin lama makin down.

    dgn brand image suzuki yg sedang terpuruk spt ini, akan berat bagi skydrive untuk dapat melesat menyusul mio soul.

    @ all

    menurut gue, sebaiknya untuk mengangkat brand image suzuki ini, pertama-tama dilakukan melalui pengangkatan product image suzuki satria, krn bebek sport baik yamaha MX maupun honda cs-1 tdk ada yg benar2 powerful, ini celah yg dpt digunakan, setelah itu baru fokus ke suzuki smash di pasar Low Price, baru ke matic suzuki. terlalu tergesa-gesa kalau lgsg ke matic dan menantang image “raksasa” mio dgn kondisi brand image suzuki yg spt ini….

    gmn bro?

  15. @ringpiston
    setuju…
    bener, suzuki harus ambil FU sbg icon keunggulannya. baru kemudian merambat ke maticnya.
    semua udah tau klo FU tu jawaranya bebek super.
    gencarin donk iklannya.

  16. I kagak setuju ama ring piston.
    Justru dengan management baru suzuki. Napas dan jiwa matic yang harus ditanamkan dengan mendalam. Daripada image sportynya yang ada pada bebek sport yang nancep. Lebih baik ganti haluan di raja jajaran matic. Toch matic jadi trend baru. Jaman bebek sporty udah jatuh. Terbukti dengan jatuhnya suzuki yang selaras dgn image ini dan Yamaha yang menggeser dirinya ke kelas irit dan hi tech. Nah…..masih ada kesempatan bagi Suzuki di matic…apalagi di celah skydrive. Peluang mengeser soul sangat ada dari pada mengeser mio atau vario.

  17. mengapakah harus ke low price model dulu? bukankah lebih baik langsung Matic sajakah.

    saya sependapat dengan Motorion

  18. @ ringpiston & skywaver

    Analisa bro2 tepat, menurut org dlm di pabrik perakitan mesin tambun, thn ini emg Suzuki fokus bgt ke produksi satria FU, istilahnya nambah line khusus bwt satria FU ini. kynya Suzuki semakin segmented dgn mengincer pasar premium, terlebih dgn msknya skydrive ini di line upnya. Klo penjualan Skydrive bs melejit,thn ini jg bkl kluar 2 model baru lg..sst.. rahasia yah,jgn bilang siapa2 he2..

  19. @ bro motorion n bro hidetoshi akira

    justru gue banyak belajar soal “timing” dari analisa bro berdua soal peluncuran abs revo yg agak “tergesa-gesa”.

    gue setuju bahwa matic adl trend baru yg akan semakin membesar pasarnya. tapi “timing” nya bukan skrg, ini bukan saat yg tepat untuk masuk ke pertempuran matic, musuh nya tuh raksasa2 bro, mending kuatkan dulu Brand Image Suzuki melalui Bebek Sport supaya Image Sport n high speed tuh masih melekat di suzuki, mumpung Ymh n Honda di kategory ini masih blm mjd raksasa (Product Image MX n CS1 masih bisa dikalahkan oleh Satria FU).

    Kalau udh menang di kategory ini, maka Brand Image Suzuki sbg Raja nya Motor Bebek High Speed makin kuat meskipun market share nya mgkn msh rendah. Dengan berbekal Brand Image ini, ibaratnya Suzuki mempunya “senjata” yg lmyn kuat untuk fight dgn raksasa2 di kategory matic, dan akan lebih tepat lagi kalau Suzuki meluncurkan matic yg Sport n High Speed yg sesuai dgn Brand Image Suzuki saat itu. Kalau saat ini Suzuki lgsg masuk, ibarat masuk medan perang dgn senjata pistol melawan musuh yg menggunakan senjata otomatis (seems like a suicide).

    Dgn memenangkan pasar Bebek Sport dahulu agar bisa melakukan penetrasi ke pasar matic, Suzuki ibarat mengambil jalan memutar yg memang lebih jauh, tetapi lebih aman dan memberi kemungkinan yang lebih besar untuk dapat “settle” di kategory matic, bukan “MLM (Masuk Langsung Mati)” ketika sudah masuk di kategory ini.

    Gmn bro??

    @ Rasheed

    Thanx infonya ya bro….

  20. kayaknya strategi dari suzuki dah cukup bagus, apalagi pabrikan ini mau fokus di matic en mau bangun image di segment matic.

    soalnya kayaknya klo bangun image di bebek sport tetap aja image matic dari suzuki pun blom tercipta dan mau ga mau ya harus dibangun dari nol juga….. malah yang ada bahwa nantinya image suzuki adalah rajanya bebek sport.

    inti dari strategi suzuki ini adalah menggerogoti dua merekan terbesar yaitu H ( dari vario) & Y (dari mio soul). jadi skali tepuk 2 lalat kena coy….. yaitu lalat jenis vario dan mio soul….. trus gimana spin ???????
    jujur aja karna spin lawannya mio en beat…. berat banget ngos2an. untuk itu gunanya skydrive en skywave……..

    soryy just my opinion…….:p

  21. Setuju ama Panda ^
    My opinion same as Saudara Panda.
    Saya merasa ini adalah saat yang paling tepat untuk menciptakan image Suzuki di segment matic, bukan nanti setelah image bebek Sport suzuki sudah benar-benar kuat dan bagus. Terlambat nantinya. Jadi saya sangat tidak setuju dengan pendapat Saudara Ring Piston.

    Menurut saya dengan hadirnya SkyDrive ini membuka babak baru Suzuki untuk resurect di bisnis ini. Melawan bukan dengan Spin yang nyatanya sudah pasti kalah, tetapi resurect dengan tipe Sky Drive yang dapat diunggulkan dari Mio Soul milik Yamaha. Tepat seperti analisa Moderator Blog ini, Saudara Genesis. Dan bertahan dari gempuran Honda Vario dengan Sky Wavenya. Bisa dipastikan bila strategi Sky Drive ini berhasil, maka Sky Wave yang baru untuk melawan dan menekan Vario pasti muncul. Dengan segala kelebihan yang akan dimunculkan oleh Suzuki. Sedangkan Spin dipastikan membuntuti dari belakang dengan tipe barunya yang saya sarankan untuk mengecilkan volume mesinnya agar bersaing dengan kedua kompetitornya yaitu BeAT dan Mio Sporty.

  22. ^^^
    heheheh opini nya sama kayak gua…… kita sehati bro….:)

    cuman tambahan….
    musttinya suzuki juga nelorin matik premium diatas vario (maksudnya setara airblade en nouvo mx) trus launching di sini….. biar kagak nanggung en skalian keluarin image bahwa berbagai segment bisa dilakonin ama suzuki ( baru bisa jadi raja matic).

    mau low ada(spin), middle ada(skydrive), high ada(skywave), premium juga punya (nah ini yg skarang blum ada)…. c’mon bos suzie ciptain dong!!!

    trus perlu ada perubahan khususnya spin, entah itu nama, model dan imagenya skalian. coba aja dibikin girly modelnya (manis klo dilihat dari posisi manapun), trus imagenya khusus wanita ( kayak mio aja pertama kali), yg laennya yaitu performa mesin(trutama gas nya yg rada berat klo diplintir pertama kali) en yg terakhir bobotnya (lebih berat dibanding mio soalnya lebih panjang wheelbasenya). yah itu seh pengalaman gua pake spin ( matic yg gua pake sbelum vario en soul)

  23. I’m coming, sorry bro motor, kmrn kesibukan lg seabrek jd utk OL pun tak sempat..

    Ya, kl skydrive n skywave on planning bs fight ama vario n soul sih ok (meskipun menurut gue ama berat kl melihat modelnya skydrive yg trlalu lebar body dpnnya), tp bayangin gmn kl gagal?? Abis dah! Tdk ada 1 kategory pun yg suzuki berjaya. Mati dah!

    Tp kl di bebek sport udh menang, fight di kategory matic suzuki bs fokus di premium class dulu, baru penetrasi ke medium matic.. Menurut gue, kira2 gt sih.. Gmn neeh bro, ada ide laen?

  24. denger2 AHM mau ngeluarin matic baru dlm waktu deket ini. kira2 apa ya yg mau dikeluari AHM? Air Blade apa Scoopy? mendingan Scoopy aja deh….

  25. Salam Kenal,

    Membaca pendapat temen2 sungguh menarik untuk disimak. terlepas dari suzuki meluncurkan sky drive, sebenarnya suzuki punya kekuatan potensial di matic melalui sky wave dengan catatan sedikit memodifikasi dek kaki yg terlalu sempit (berpengaruh pada keseimbangan / kelincahan bermanuver), sebab banyak pengendara skutik mengakui bahwa sky wave adalah motor matik yg bertenaga dan sebanding antara kekuatan mesin dengan sasisnya terlepas ada kekurangan pada braking system. Rasanya jika suzuki mau sedikit memodifikasi sky wave, saya yakin banyak konsumen pria yg memilih skutik ini.

  26. Sepertinya Suzuki perlu meniru jurus jitu yamaha dalam edukasi image beberapa taon yang lalu ampe bisa menggulingkan tahta suzuki di posisi dua klasemen hingga mendekati honda sebagai market leader.,

  27. Desain dan kemampuan mesin Suzuki Sky Drive memang bisa aja dibuat sedemikian rupa untuk menyaingin Ketangguhan Mio Soul yang terkenal itu atau pun Honda Vario, tapi konsumen berfikir bukan hanya itu saja pertimbangan untuk membeli motor…..karena masalah harga jualnya kembali juga perlu dipikirkan……..dan pastinya harga jual kembali motor Yamaha/Honda lah yang lebih bertahan di dalam kenyataan pasar motor second, dan seluruh dunia juga sudah tahu mengenai ini, coz, contohnya gw, tiap 5-6 tahun motor gw selalu ganti baru….karena kondisi VIT motor Jepang max rata-rata 5-6 tahun, jadi kembali lagi tergantung konsumennya, apakah Smart atau Bodoh di dalam memilih motor, misal : Hp Nokia yang sudah tahun jadul, harganya tetap bertahan, di bandingkan dengan merek Hp lainnya, walaupun sama-sama tahun jadul…….

    Dan kenyataan “menyakitkan” ini yang tidak bisa dimiliki atau dibuat oleh Suzuki dari dulu……. begitu kata kakek saya…..

  28. Klo suzuki ngeluarin skydrive gw rasa langkah suzuki emang mau ngerebut pasar matic yg notabene g ada saingan di kelas 125 cc Hon@@ m Y***** cuman punya produk 110 cc gw rasa beda kelas lah. CC lebih besar pengaruh m kenyamanan. Trus di skydrive ni boncengers g ngerasain getaran yg gw rasain di merk Y*****. Soul getarannya kerasa banget (wkt diboncengin n g tau m H****. Soale gw pemakai skydrive Masalah harga jual kembali gw rasa juga ga bisa dijadikan patokan, skrg tinggal gimana spya motor tu dalam kondisi yang fit aj krn biasanya harga juga tergantung m kondisi. Kondisi yang istimewa harga jual juga pasti tinggi. Jd sekarang g ngaruh ke merk (kan sama2 merk jepang) dn selisih harga jual kembali g jauh beda.

  29. gw cewe yg sneng bgt ma motor matic. .
    dulu gw punya motor mio series. .
    nyokap minta ganti. .
    ywdh, gw saranin honda beat aja coz lucu n imut bgt. .
    eh, kk gw beli SKYWAVE. .
    gw cobain trnyata oke bgt. .
    pas gw tau ada kluaran new yaitu SKYDRIVE, oke bgt, maco. .
    gw kan ga pngen punya motor yg dimiliki banyak org. .
    pngen beda atuh. .
    gw bner2 pngeeeeeeeeeeeeen bgt SKYDRIVE, gw bulan dpan mau di belii ma nyokap. .
    cihuyy. .

    oai, gencarin terus2an ya iklan nya. .

    saran gw, suzuki jgn kecewain konsumen ya. .
    jdi yg terdepan. . !!
    gw dukung loe bgt .

    kLo soal prdebatan di atas yg cukup “sengit”, mnurut gw itu sih msalahnya selera para konsumen cuy. .
    saling pinter2 aja ambil hati para konsumen. .
    kluarin ide2 yg baik kaya SUZUKI skrg. .
    SKYDRIVE. .
    i`m coming. .
    haha. .
    ayo HONDA, YAMAHA. . !!

  30. Ku barusan beli tuh Skydrive,mantap mannnn…kayak Skywave yg ku beli tahun lalu.Emang aku Suzuki Lover,guys.AKU NGGAK MAU Y*****,H****

  31. Dari Honda, Yamaha, Suzuki mengenai kualitas mesin dan perawatan Suzuki terbaik. Tapi dari sales public image Suzuki terburuk, salah satunya harga sparepart termahal dari ketiganya. Saya pribadi tetap pilih Suzuki dan plan beli SkyDrive. Buat Suzuki :pls back to Japanese Spirit : 1. Hanzei : instropeksi,what is the real problem??? 2. Kaizen : the improvement?? untuk cari kebutuhan konsumen Indonesia. Belajar dari keberhasilan Yamaha di Indonesia juga ga ada salahnya. Sukses buat Suzuki !!!

  32. @Skywave

    so ?? pamer gitu lo beli skydrive baru…
    gak usah di caps lokcin donk “AKU GAK MAU…bla.bla.bla…”

  33. menurut gw sich, kalo suzuki terus terpuruk gak juga..inget kan jamannya shogun 110, nyaris menempati no 2, dengan adanya matic baru suzi ..betul kata bro komeng gak bisa dianggap sebelah mata…toh yamaha jg dlu sempet terpuruk..bukan terpuruk kali yah…ehm..ehm…belum sebesar sekarang yg sanggup ngakakangi AHM, mungkin 1-2 tahun lagi pasar matic suzi bisa nyundul2 produk yamaha, keliatan klo sekarang suzi lagi serius dgn pasar matic nya…begitu jg honda, kan prediksi beberapa blog pasar matic bakal ngelahap pasar motor…liat aja ntar…hohohohoho

  34. nanya donk…skydrive berat juga gak kayak skywave? gw lagi pengen beli nih..masih bingung antara Beat, Mio, spin atau skydrive.

    Thanks

  35. Skydrive adalah PKS ( produk kebangkitan suzuki) dan itu adalah hal yg sudah jelas…dmana kita lht 2 bulan lalu saat peluncuran nya, banyak yg masih meragukan apakah produk ini dapat mengejar mio soul…
    tapi makin hari, kita makin dapat melihat kesan positif yang di berikan kepada nya…ini adalah suatu langkah yang bagus…

    Suzuki menjadikan Matic sebagai sasaran utamanya, karna emang suzuki termasuk sangat menguasain matic, terbukti dengan penjualan BUrgman yg menjadi motor matic terlaku untuk pasar eropa 1 dan 2….

    Suzuki juga akan mengeluarkan matic terbaru nya lagi dalam waktu dekat ini, dan saya rasa itu adalah strategi yg sangat tepat mengingat pasar matic yang semakin membesar dan di prediksi kan akan mengantikan pasar bebek, seperti 10 thn lalu saat pasar bebek mengantikan pasar Motor besar…..

    Permasalah nya adalah di after sales nya suzuki serta jaringannya yang masih sangat kacau dan promosi serta brand nya…

    Tapi saya melihat adanya kemajuan berpikir dari konsumen indonesia.dmana sakarang mrka tdak hanya membeli produk karna promosi dan ajakan teman, tapi sudah bisa memilih produk sesuai dengan real value yg dia butuhkan….

    Bravo rider Indonesia

  36. skydrive vs mio vs mio soul vs beat vs vario??
    siapa yg bakal menang noh kalo kebut2an ???
    kalo bisa si urutin dari awal sampe akir..

  37. Prediksi yang dibuat di april saat artikel ini ditulis ternyata terbukti di bulan Juli ini.
    Very smart prediction, wonderfull For’cast.
    Memang Sky Drive serius dan terbukti mulai tampil sebagai ancaman yang serius bagi Mio Soul.
    Era kebangkitan Matic Suzuki telah datang…!
    Very Awesome artikel Bro Komeng!

  38. Lha ini dia ketemu lagi….miss ring-ring kalau ente jeli gak perlu data aja penjualan matic suzuki juga ditopang gacoan baru ini. Kalau ente punya pikiran pake data AISI jelas sekali terlihat SKY Drive begitu perkasa naik terus sharenya dalam 3 bulan ini mendekati Soul.. Ada yang punya data STNK gak ya? Mengancam gak? Mudah-mudahan Miss Ring-ring kali ini cukup waras.

  39. halo saudara… lama tak bersua koq masih sinis gini sih?? peace bro! peace! we must love peace!! hehehehe

    saya tdk punya data aisi bro, ada link enggak utk saya lihat data aisi ??

    soalnya secara model, jujur secara pribadi saya lebih suka mio soul

  40. Data aisi search aja di internet, kadang diblog tetangga juga dibahasa, kadang di site media tertentu juga dibahas.

  41. produk suzuki emang bagus bro, sebelu beli skydrive, saya membandingkan dengan matic yang lain, caranya…pinjem temen yang punya Soul, Ada yang udah punya skydrive, dan vario – rata rata temen cewek yang punya-, ini saya lakukan karena pengalaman pribadi pas dulu mutusin beli Shogun SP 125, data dikertas tak selamanya benar. dari segi handling, performa mesin, dan kenyamanan posisi duduk, punya suzuki lebih unggul, keirita bahan bakar sama lah sama soul ( rute rumah – kantor PP ) , untuk performa mesin saya lebih milih suzuki karena lebih ” galak” dan diputaran tinggi akselerasinya lebih panjang dan powerfull, kurangnya sih harga jual bekas rendah banget, tapi saya nggak kepikiran pake dijual jual segala masih sayang

  42. Bagaimana dengan happy swift 200cc?
    motor sport banget khan..?
    harga juga murah..
    model +++ “tidak nembak cbr yang baru swift 200cc + upshidedown”
    mesin punyae tiger
    tolong di ulas ya
    “cintailah product dalam negeri”

  43. gue sih ok aja yang penting awet deh gue aja pake metik sezuki gue akui metik sejuki ok banget tapi gue min ta sperpak nya harus harga miring ok jangan lupa asosaris ya banyakin buat metik sezuki yg baru

  44. skydrive sippppppppppp dechhhhhhhhh gue coba llending di jalan dengan mio teryata ketingalan jauh mio gue akui lari skydrive larinya ok men””’ gue enga ada duenye gile banget sezuki emang top.top.top.dehhhhhhhhhh

  45. MEMANG MANTAP SUZUKI SKYDRIVE ITU, PARA SALES Y & S HARUS BELI MINIMAL PINJEM BIAR BS NGERASAIN BARU KOMENTAR DAN INGAT JANGAN CEPLAS CEPLOS.

Leave a comment