Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011)

Judul di atas Gue tulis bukan bermaksut sebagai langkah profokasi, apalagi untuk menyudutkan Brand tertentu. Justru sebagai suatu sarana untuk Case Study 0f Marketing Business.

Di dunia sudah banyak Journal-journal Marketing-Business yang Hebat dan berkaliber tinggi. Hanya saja semua Journal tersebut ditulis setelah hal yang dipelajari tersebut telah TERJADI dan dijadikan sebagai Case Study yang menarik. Kali ini iseng-iseng Gue mencoba bikin Case Study berupa Journal yang mempelajari suatu kondisi yang belum sempat terjadi.

Back to Topic:

Prediksi Gue Yamaha Indonesia bakalan Kalah dari kompetitornya tahun ini, bukan sekedar kalah, tapi KALAH TELAK. Tahun ini Market Share Yamaha Indonesia akan jatuh setidaknya di digit awal 2, dari tahun sebelumnya di digit awal 4. Artinya pencapaian Market Share Yamaha Indonesia akan turun sampai separuh dari pencapaian sebelumnya.

Dari pada lama harus menjelaskan bagaimana bisa memberikan prediksi ini, maka silahkan membaca beberapa Link yang sudah Gue sediakan di bawah ini;

1. Mengenal Grand StrategyDisini kita mempelajari pentingnya sebuah Grand Strategy bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan yang sudah komplex. Yamaha Indonesia kini seperti tidak lagi tahu arah dan kemana Grand Strategynya akan di buat. Sebuah perusahaan yang sudah tidak memiliki Grand Strategy bagaikan maju perang tanpa persiapan, tanpa rencana, dan tanpa bekal.

2. Salah Kebijakan di Level Grand StrategyYMKI sudah salah Grand Strategy dari tahun 2008-2010, dan kini  tak memiliki Grand Strategy yang jelas untuk menghadapi 2011 dst. Efect dari kesalahan Grand Strategy di tahun 2008-2010 baru mulai dirasakan di akhir penghujung tahun 2010, dan baru terasa benar di awal tahun 2011.

3. Lebih jelas mengenal penerapan Grand Strategy pada industri roda 2 Indonesia – Dulu Yamaha boleh lebih hebat dalam membuat Grand Strategy, kompetitor sempat lengah karena ke absolutannya. sejak 2008 boleh jadi YMKI yang lengah dan terlalu besar kepala. Grand Strategy Honda-Yamaha saling beradu menghasilkan panen penjualan di tahun-tahun mendatang, siapa yang menang atau siapa yang kalah sebenarnya sudah jelas terlihat dari Grand Strategy yang dsudah dibuat.

4. Kompetitor pandai membaca Grand Strategy – Honda lebih piawai membaca lawan, sedang Yamaha sering kali lebih mudah tertipu oleh gerakan lawan. Grand Strategy Yamaha mudah terlihat, lebih polos dan diarsiteki oleh pemikiran yang sudah besar kepala karena mabuk kemenangan sesaat. Sedang Honda terlihat lebih hati-hati dalam membuat Grand Strategy dengan menerapkan strategy berlapis dan bertingkat.

5. Akhirnya Grand Strategy yang unggul dan terencana dengan sempurna yang akan membawa kemenangan mutlak – Terlihat jelas kompetitor Yamaha piawai dalam perencanaan Grand Strategy, disini justru Yamaha tampak mulai kehilangan arah dan tanpa kejelasan harus berbuat apa yang benar.

Sekedar wacana tambahan: Kondisi terkini yang sempat Gue bahas dalam artikel Gue; Total  Strategy Honda di category motor bebek dan Prediksi Response Yamaha terhadap Honda.

PERHATIAN: Gue sarankan setiap link tersebut dibaca terlebih dahulu agar memiliki pemahaman yang cukup untuk mulai meraba pergerakan Yamaha dan Honda di tahun 2011 ini. Sekalipun mungkin Anda pernah membacanya, tetap sekali lagi baca secara berurutan untuk kembali merefresh memory dan memberikan pemahaman yang cukup untuk memberikan intuisi dalam memprediksi masa depan business motor di Indonesia antara Honda dan Yamaha.

Mungkin terlalu cepat bagi sebagian orang untuk menentukan hasil akhir dari melihat kejadian 2.5 bulan di awal tahun 2011 ini. Tapi gambaran kekalahan Yamaha di tahun 2011 sudah sangat jelas terlihat di awal tahun 2010 kemarin. Bahkan sejak akhir tahun 2008 gambaran kabur sudah dapat terlihat.

Analisa Gue Why Yamaha Kalah di tahun ini:

  1. Grand Strategy yang mereka buat di tahun 2008-2009 kalah hebat dibanding pesaing. Disaat ini mereka besar kepala dan telah mabuk kemenangan. Pesaing dianggap hanya bisa meniru semua aktivitas mereka dengan budget lebih besar.
  2. Grand Strategy Yamaha di tahun 2009-2010 mulai tidak jelas. Arah kejelasan dan ketajaman Strategy Yamaha seperti penuh intrik dan politik. Terlihat dari kebijakan produk yang dikeluarkan, semisal Vega ZR Vietnam’s Taurus dan Byson India’s FZ15.
  3. Di tahun 2011, Yamaha tidak memiliki Grand Strategy yang jelas, hanya menunggu untuk melihat apa yang setelah terjadi, baru mencoba untuk bereaksi. Seperti tak tahu harus berbuat apa wait and see and wait and don’t know how to do the right thing.
  4. Taktik dan Strategy Yamaha sering terlalu polos dan tanpa perhitungan matang. Disini terlihat jelas tingkat pengambil keputusan sangat dipengaruhi oleh jajaran orang-orang “TEXT BOOK” masalah Pemasaran.
  5. Yamaha bergerak lamban, apalagi tanpa perhitungan dan persiapan matang. Terlalu berhati-hati tapi juga tanpa perhitungan dan persiapan yang matang. Bisa khan Anda Bayangkan??? Terlihat dari Launch yang lama dan sering teringgal dari kompetitor, selalu didahului lawan. Padahal berita dan desas desus kemunculan new product sering kali kita sudah dengar cukup lama. Misal dari kondisi tercantum pada TPT on line sampai waktu launch product memiliki jarak waktu yang lama, berbeda dari kompetitor yang jauh lebih cepat.
  6. Yamaha akhirnya masuk dalam jebakan terbesar Honda, yaitu PRICE WAR. Perang Discount telah terjadi, sebagai alih-alih untuk mempertahankan market share. Image tidak dibangun dengan baik, tetapi lebih kepada aktivitas hard selling seperti “Milyader Mio” yang justru menghancurkan image product quality itu sendiri.
  7. dst…(dah mulai cape nulis Bro…maaf)

Sekali lagi artikel ini bukan bertujuan untuk menyudutkan Brand tertentu, membuat profokasi market, atau juga memanas-manasi kondisi yang sudah panas ini. Gue berharap Case Study kali ini dapat memberikan manfaat bagi para Blogger Otomotif semua yang berdiskusi di dalamnya lewat komentar-komentar yang berbobot juga tentunya.

Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

 

About these ads

315 responses to “Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011)

  1. artikel yg lg lg menarik
    imho yg sy tangkap saat ini sech sprtinya yamaha jg salah dlm meramalkan line produksinya, shingga susah dlm mengcounter honda…

  2. bahasan yg bener2 smart n ga pernah terpikir oleh yg lain

  3. khusus poin ke 6, sependapat bgt mas..
    terutama milyarder mio, bukan strategi menarik dan memang menghancurkan image mio itu sendiri..
    saia yg awam aja langsung kebayang produk sabun colek murahan yg juga memakai kata2 hadiah milyar2..
    gengsi melorot, image ngedrop..
    putri indonesia ndak cukup ngangkat krn mio sendiri udah universal..
    yang cowok jadi males ngelirik krn takut dibilang kemayu kalo pake, duh..
    sementara yang cewe tergoda skutik retro..
    akhirnya targetnya samar2 menuju hilang..
    btw, angka 2x% terasa terlalu bombastis mas..
    tapi coba kita lihat akhir tahun..

  4. keren ulasannya :D

  5. As Ussual . .

    Great Article !!

  6. Pingback: Yamaha Terlalu Wait and see . . . Sebuah Masukan membangun MIND GENESIS untuk YMKI « TMCBlog – Motorcycle News

  7. Joko_vega rider

    Serem juga kalau ms ymki sampai ke level 2x,xx%..

  8. really nice artikel.. bener2 pencerahan.. bukanmisuh2biasa..

  9. Yamaha kurang INOVASI……..MIO itu sdh produk lama,knp dipertahankan terusss.Aq bosan ngelihatnya…..Harusnya ada produk baru yg lebih bagus dan fresh dari MIO.Harga jg harus lebih MURAH dari kompetitor..

  10. jadi nambah elmu baca ne artikel…
    thanks mazbro…
    yamaha mesti bergerak sekarang juga kala ga mau semua taglinenya menyerang balik yang empunya.

  11. kayanya pimpinan ymki harus mulai diganti mas. mereka terlena ama penjualan besar sebelumnya. makanya ga punya nurani dan kreatif utk ningkatin pasar. hanya maen di sekmen yg ada aja. padahal kompetitor udh maju.

  12. Hoooh banyak bener ulasannya, manteb…

  13. Sebenarnya gampang, sediakan produk yg benar2 bagus (bukan cuma kelihatan bagus) dgn harga yg kompetitif. Ikuti saja langkah bajaj, sbg pabrikan Jepang pasti lebih berhasil.

  14. Memang dulu Y berhasil membuat motor yg sasisnya cocok utk org Ina yg kecil2 & jalan yg macet di dlm kota. Tapi utk org yg engine sentris spt aku, mesinnya masih jauh dari harapan, sangat tdk Jepang yg terkenal krn efisiensinya. (mesin kecil tenaga besar) Malah pakai gaya Amrik, bigger is better.

  15. Tapi bicara soal strategi, sepertinya H juga mengalir begitu saja, nggak pakai strategi. Misalnya keluarin abs revo yg lebih murah drpd blade, mungkin krn cetakan mesin blade sudah bep, jadi bisa lebih murah utk bikin abs revo. Sekarang dari cetakan itu sudah untung banyak, bisa bikin yg lebih murah lagi, revo fit.

  16. mantab mas bro uraiannya..

  17. uhhuuuuuuuuyyyyy :D

  18. absen kenalan.. :) salam

  19. wah wah….
    dalam banget pemaparannya.
    ilmu lagi ilmu lagi kalau nongkrong disini.

  20. Salam kenal oom, ijin nyimak.

  21. sangat membangun.

  22. artikel keren…
    Salam kenal kang

  23. black cs1-rider

    Hmmm, mantabs banget artikelnya gan, enak dibacanya mengalir begitu saja, mudah difahami bagi awam kaya ane sekalipun, ane suka banget, so banyak yang ane bisa pelajari u/ nambah ilmu & wawasan. Thank’s gan.

  24. kulonuwun,
    salam kenal brow :)
    kalo berkaca dr fz indihe dan dicounter ama dazzler, bisa jadi sebenarnya sisayap cuman nunggu aja kapan fz nongol dimarih. krn berita fz dah dari taon kapan koar2 tapi gak nongol2. ketika nongol,langsung deh dihantam ama dazzlr, kan tambah keteter lagi itu ymh. (cuman khayalanku, nek salah ya wajar, wong masih belajar :mrgreen: )
    zwinggggggggghhhhhhhhhhh,,,,,,,…… twothumbs for article

  25. salam kenal suhu.. artikelnya inspiratif sekali.. bisa jadi bahan pelajaran buat saya nih yang relatif masih bau kencur.. Thanks untuk artikelnya btw

  26. lae togar anak medan

    mantaf kali bro artikelnya.

    bah berarti yamaha lagi menuju zekarat bro. juztru suzuki yg mulai mengeliat bangun.

  27. Honda 39 Years always Ahead

    ulasannya akademisi banget..pantes jarang bikin artikel..anyway artikel yang bagus dan blog ini sendiri secara tidak sadar ada keunikannya/pembeda dibanding yang lain2

    coba di balik dong ulasannya mengenai kelemahan Honda

  28. Saya cuman bisa bilang ” This is a great posting”
    Yang lain kagak berani lagi, ntar di judge provokator.
    (kabur sambil menyembunyikan LPG 3 kg)

  29. mantap banget penjelasannya point yang paling tepat adalah yamaha terlalu besar kepala tidak sadar kadang ada di atas kadang ada dibawah

  30. Susah mempercayai prediksi ms akan ke level 2x%.
    Tapi jika ngebaca artikel tahun lalu tentang grand strategy Honda yang dibahas di pertengahan tahun lalu kini menjadi kenyataan, bahkan prediksi tahun 2011 Honda akan gencar berusaha menguasai pasar Sport juga terbukti dengan hadirnya CBR 250, bahkan kini dah ada isu CBR 150 juga akan segera keluar….serasa membaca masa depan dengan akurat. ck ck ck

  31. YMH keluarin fino, mesin kan tetep mio daripada modif mio jadi fino dgn modal 6.5jt (mahal karena body impor dari thailand). taruh di harga 13jt. ga usah CW, SW aja dah cukup.

  32. Kehati-hatian YMH akhirnya akan jadi bomerang tersendiri, sementara dilain pihak suzuki mulai berbenah….YMH malah makin kedodoran.
    masih adakah strategi yg jitu untuk YMH? (siapa yg bisa menjawab?).

  33. kalo 2x % rasanya belum, seekstrim-ekstrimnya mungkin masih di 3x % ..

  34. perbandingan sederhana spt ini:
    YMH: mio dari 2004 cuma berubah 1 kali, yaitu mio smile di 2008 akhir sampe kini.
    Honda: supraX125, tahun pertengahan 2005, injeksi di 2006, berubah body tahun 2007 akhir plus cakram dibelakang. (perubahan striping ga keitung, ya!).
    perbandingan ini hanya dilihat dari rentang waktunya saja, bukan type/jenisnya.

  35. Salam Kenal Kang..bisa jadi MS cma 2,xx…slain diambil Honda,lama2 market share yamaha bkl diambil sama Suzuki.Suzuki dah mulai berubah,dan sasaran utamanya menurut saya buka Honda,tapi Yamaha.Apalagi suzuki dan nelorin Hayate,nanti Spin baru.

  36. Milyader Mio hanya akan membuat image mio sebagai “otomatis duluan” jadi hancur. Pembahasan yang sangat menarik

  37. Sangat setuju, Yamaha bakalan kalah telak tahun ini, gejala ini sudah terlihat di pasaran dimana produk Mio sudah membanjiri showroom Yamaha yang “memaksa” dealer untuk jualan dengan discount besar-besaran sehingga merontokkan image Mio itu sendiri. Dimana kita ketahui Mio selama ini menjadi tulang punggung melawan kompetitornya.

  38. Milyader mio terkesan obral gede2an. Memberi efek yang jelek terhadap produk yg terkesan tidak laku…

  39. Artikel dan opini yang bagus, bravo…!!!

  40. hati2 bro genesis, nanti anda dicap “sesat” oleh blog “diktator” yg lg kalap nyerang sana sini..

  41. legenda rider

    Pembahasan yg sangat menarik, prediksi Bro Genesis tahun lalu ttg grand strategy tepat, akhir tahun lalu ane juga prediksi bahwa Honda Akan menguasai semua segmen.

    Tapi yg menjadi pertanyaan ane adalah, apakah grand strategy YMKI tidak dipengaruhi oleh yamaha Global? mengingar YMKI full invest Japan? dan menilik keadaan Yamaha Global tahun-tahun sebelumnya, maka YMKI pun dipaksa utk ikut berhemat, dengan minim inovasi, hampir di setiap negara ane liat yamaha minim inovasi, di Vietnam terahir juga xeon. jd YMKI hanya memaksimalkan penjualan incase Mio sampai bener-benar harus diganti in last minute..

    walaupun itu jelas sgt terlambat.

  42. Ternyata impact dari grand startegy yg dilakukan oleh AHM benar2 sdh mulai terasa. dan kini kondisinya berbalik, dimana ketika tahun 2007 AHM dgn strategy mempertahankan diri yg tdk jelas, justru skrg YMKI yg melakukan hal tsb. tahun 2008 AHM merumuskan Grand Strategy Jangka Pendek untuk mengganjal market share dan output quantity. Dgn membangun “Image baru” dgn kemunculan senjata2 terbarunya juga dibarengi dgn slogan “one heart” yg semakin memperkuat image honda di benak konsumen. sehingga akhirnya grand strategy AHM tahun 2011 & 2012 adalah “Merebut Kemenangan dan berusaha menghabisi Lawan sampai benar-benar tidak berkutik”. Ini sdh mulai direalisasikan dgn kemenangan honda di segment bebek & skutik, dan sepertinya honda akan menghajar yamaha di segment sport dgn akan segera dirilisnya CBR150. Sungguh Grand Strategy yg jitu dari Honda. Akankah yamaha tinggal diam dan hanya bereaksi setelah terjadi. So…time will tell laaaaggghhh…

  43. emprit terbang

    Segenius apa ya empunya Blog ini?
    Artikelnya bagai baca Journal HU. Eh sorry lebih berbobot tapi mudah ditelaah karena make bahasa ringan.

  44. legenda rider

    Sepertinya Bro memperkirakan market share 2x,xx di tahun ini itu bulanan yah?
    dan Juga Bro Genesis sudah memperhitungkan langkah SIM, yang ane liat menggeliat dan konsistent menggunakan langkah Yamaha dl, murah tp ga murahan, dengan budget yg terbatas, dan denger-denger subroto laras dah masuk SIM lagi,

  45. nais inpoh mzbro, lam kenal

    maju terus ATPM R2 Indonesia

  46. Two thumbs up untuk artikelnya mas bro…!!!

  47. ijik bengong :D

  48. @ Pino Kio
    Beda pendapat boleh kan? Justru aku heran, kalau lihat produknya, seharusnya kekalahan telak Y sudah dimulai sejak 2009. Strategi pencitraan motogp yg berhasil mungkin jadi penyebabnya.

  49. wahnyangkut ni kang

  50. ?????? ada ko yangkut wae tes 3

  51. emprit terbang

    @Joko
    bahasannya lebih ke arah market share Bro Joko. ini Blog oto-marketing bukan blog motor lagi kayaknya.

  52. setuju dengan legenda rider. pernah saya ulas juga.
    http://jombloati.wordpress.com/2009/11/05/benarkah-ymki-tidak-terkena-imbas-dari-kerugian-yamaha-motor-co-ltd/
    Cukup ramai komentar di blog-blog akhir-akhir ini yang beropini apakah kerugian Yamaha Motor Co. Ltd (YMC) global berpengaruh pada YMKI di Indonesia. Berikut ada sedikit opini saya tentang masalah tersebut.

    Misalkan, YMKI memiliki keuntungan bersih (net income) pada tahun ini. Keuntungan bersih tersebut akan diputuskan oleh pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham, apakah keuntungan tersebut akan dibagi-bagikan sebagai deviden ke pemilik saham ataukah dibuat investasi lagi oleh YMKI. Sepengetahuan saya YMKI dimiliki oleh YMC dan Mitsui & Co. Jadi biasanya setiap tahun, akan diadakan RUPS untuk keperluan tersebut. Setahu saya, perusahaan Japanese tanggal bukunya tidak sama dengan Indonesia, yaitu 1 April s/d 31 Maret. Sehingga setelah diadakan audit, perkiraan saya RUPS akan berlangsung antara April-Juni.

    Manajemen YMKI pasti sudah membuat Master Budget/Outlook untuk di proposalkan pada RUPS besok, tinggal keputusan dari shareholder apakah pendapatan bersih YMKI itu akan dibuat membantu YMC ataukah di investasikan kembali di Indonesia. Andaikan dibuat membantu YMC, otomatis pembagian deviden akan besar dan investasi akan kecil. Yang artinya akan terjadi kemunduran jadwal investasi/lahirnya motor baru/tidak ada penambahan kapasitas produksi. Vice versa.

    Kesimpulannya, opini saya memberikan pendapat, apakah kerugian yang dialami YMC akan berpengaruh kepada YMKI? Menurut saya sangatlah berpengaruh. Apalagi jaman sekarang, jaman sedang bangkit dari krisis global yang artinya kebutuhan atas aktiva lancar sangat-sangat penting. Time will tell, motor baru di 2010? Ataukah mundur?

  53. mantap lagi dah bintang nya full..
    namun di tunggu kucuran artikel berikutnya… ademmmm

  54. salah satu contoh adalah pencantuman tagline “YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN” di baju rider yamaha motogp menurut saya juga membantu “hidupnya” marketing yamaha global. dan bangsa indonesia tidak sadar kalau mereka sedang memberikan “deviden terselubung” ke yamaha global…

    pertanyaannya, mengapa Indonesia? yang nota bene kagak jualan motorsport, alias cuma bebek, matik dan HANYA SEDIKIT motor sport (itu juga telanjang)
    tanda2 yamaha kekurangan cashflow.. :)

  55. ga kebayang jika ymki bermain d angka 2#,##% …nah ini seharusnya ada yang harus lebih jeli melihat peluang dengan terjunnya yamaha seharusnya suzuki dan kawasaki akan lebih terprovokasi untuk berinovasi ….:D

  56. harap diketahui juga kalo segala keputusan Yamaha, dipegang orang jepun sono…mengenai produk pak Dyo* pun g akan mampu berbuat apa-apa kalo orang jepun tidak menyetujui…

    bagi kami di strata bawah tanda-tanda ini da terasa di tahun lalu…tapi tetap saja masa depan para karyawan Y ada di bahu kami, so kami tetap fight mesti senjata ala kadarnya :(

    ada masukan buat kami yg bukan pemegang keputusan???

  57. great…ditunggu artikel berikutnya….buat ngadem dari yang suka bakar2an :mrgreen:

  58. au ah…gelap :D

  59. wah…manteb masbro…trilogynya….sudah lama nunggu artikel2 ginian…gak brojol2 :D
    nambah ilmu juga…sip!

  60. @sales biasa (tapi saya gak yakin kalo anda bener org ym*i)
    reformasi om. kayak *hm. jangan terlalu banyak meeting2 buat pengambilan keputusan. saya tahu karena ini dibahas di *MMP. training untuk middle management.

    *kabur ah :mrgreen:

  61. emprit terbang

    @sales biasa
    setuju ama Bro Bjl, pasti kebanyaken meeting-meeting gak jelas dengan tetek bengek bertele-tele. Akhirnya fokus ke meeting bukan ke market. Bikin meeting bagus tapi gak bisa bikin kondisi market bagus. Kebanyaken kerja Admin mungkin Bro Sales Biasa, sehingga ketinggalan kondisi market yang up date.

  62. sependapat sih sama sales biasa…

    @ BJL
    tau aja kalo kebanyakan meeting….orang dalem ya xixixi :D

  63. Masukan juga bagi YMKI, kalau orang mau beli cash jgn di bikin susah… Padahal itu potential buyer jg lho… Jgn yg kredit aja di prioritaskan…

  64. Tukang Ngibul

    waahh….nongol lagi nih pakar analisis & strategy……i like this……

  65. emprit terbang

    FBY dan FBH kok gak cakhot-chakotan lagi? pada kemana mereka kalau pas pembahasan lagi bermutu?

    Tanya Kenapa?

  66. Seperti biasa… satu lagi artikel bro komeng yang sangat membuka pikiran kita hingga ke sisi terdalam…

    YMKI akhir2 ini terlalu (sangat) bergantung pada strategy advertising yang jor-joran… lihat saja iklan mio sudah ada berapa versi coba??? gak keitung lagi kan?? trus iklan Vega ZR pun sama… ada beberapa versi dengan slogan2 yang sedikit congkak dan sombong… (motor miskin fitur aja disombongin…) Dia (YMKI-red) kira dengan begitu bisa menjaga image dan loyalitas konsumen dan simpatisan (fansboy-red)-nya… padahal yang diinginkan mereka ya inovasi tiada henti… bukan gonta-ganti versi iklan juga stripping tiada henti…

    Dan yang ane pikir paling parah, adalah terlalu bergantung pula pada pencitraan maskot Rossi dan Lorenzo yang sudah dieksploitasi secara besar-besaran… padahal suatu hari nanti itu hanyalah akan menjadi bumerang… liat sekarang.. Rossi kini pindah ke Ducati (untung gak balik ke Honda lagi) lantas apalagi yang bisa dibanggakan dari Jupiter MX??? dan ane kira produk YMKI yang terlalu bergantung pada pencitraan Lorenzo akan menyusul (seandainya prestasi Lorenzo di Motogp anjlok…) Ckckck…

  67. kalah…
    kog bisa????padahal belum mulai tandingnya..
    kalah dilawan siapa???
    hahahahayy..

  68. @ atas

    Kobongan….

    jangan cm baca judul mas….

  69. ati2 bro entar disebut tuyulawi lho sama blogger agresor sebelah…

  70. emprit terbang

    @Aank Wijaya
    responsenya kok kaya YMKI mode on,
    he he he…jangan-jangan jajaran orang dalem yang cukup penting nich.

  71. legenda rider

    @ BJL
    bukan meeting-meeting ga jelas tapi brainstroming, xixixi…

    Sayangnya jd badai beneran jd ga bisa ngambil kesimpulan atau tindakan nyata dilapangan..

    @Komengtator
    Yg ane liat Strategi Iklan YMKI adl strategi jangka pendek, mereka dah ga ada produk dan blm ada produk yg akan dikeluarkan, ya cara termudah menahan laju kompetitor adl iklan yg masif… iklan di India maupun Thailand (RnD) mrk blm ada produk baru.

    Yg jelas dlm menghadapi krisis ini perusahaan jepang terbagi dua (sayangnya sekarang ditambah dengan tsunami, nuklir, gempa, n gunung meletus). ada yg menghemat budget tuk menunggu masa yg lebih baik, ada yg inovasinya tambah tp menyesuaikan dengan kantong resesi ato mencari pasar yg tidak terpengaruh signifikan oleh resesi, misal India n Asia tenggara. Honda masuk yg terakhir, dg mengeluarkan cbr 250 singgle cylinder dg harga yg bersaing (29 juta vs 52 juta india, 39jt vs 46 jt Indonesia).
    AHM diuntungkan dengan dukungan penuh dr Honda Global akibat putusnya kerjasama dg Hero India. Indonesia market terbesar mereka, jd resource dr India sebagian dialihkan ke sini, sebagian buat jor-joran HMSI (liat cbr 250 yg langsung ckd ane perkirakan jg demikian dg cbr 150). tiga besar di India dgt mungkin dlm 3 tahun kedepan (bahkan mungkin lbh cepat) saat resmi pisah dengan Hero (2014).

  72. @Legenda
    Mas Legenda, menahan ladju kompetitor dengan iklan masif, rasanya kok lebih masif kompetitornya ya di TV.
    Menahan ladju kompetitor dengan iklan Miliader Mio juga bukan strategi yang tepat. Bayangkan ini makin mirip kayak bank aja, ada Gebyar BCA, ada yang iklan Puting Beliung dll. Apakah kalau BCA pake Gebyar BCA nasabahnya telah naik secara signifikan? apakah jika gebyar BCA berhenti lantas nasabahnya berpindah ke lain Bank yang pake unsur undian bombastis? kok Yamaha pake strategi Bank sih?

  73. YMKI patah arang ?…. ganti direkturnya ama bro komeng, bener2 jenius strateginya….

  74. ^ komeng pelawak yang sering nongol di iklan Yamaha itu? heran?

  75. seru2…seru2…nice artikel yang bener2 sadiss…wkwkwkwkwkwkwk

  76. point no 7 gw suka bgt…
    buat2 bro semua disini mohon guling2an lagi baca artikel2 sebelum ini,,,,apalagi yg mengulas tentang matic nya yamaha, dan akhir kedigdyaan matic….oleh bro genesis..sangat menarik dan membuat menahan napas…

  77. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    hehehehehe sory nimbrung dikit ajah,salah satu kesalahan yang terlihat dari manajemen YMKI adalah ketika AHM menelurkan scoopy dan YMKI meresponnya dengan mengatakan trend matic retro telah lewat.padahal jelas peminat skutic retro lumayan besar dan YMKI bisa menelurkan fino yang menurut ane sangat bagus sekali.btw ane kasian ama pecinta Yamaha lovers,masa harus terima yang ada aja,hehehehehehehe :lol:

  78. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    oh ya satu lagi ane setuju ama pendapat ente,YMKI harusnya lebih jeli lagi dalam membaca strategi lawan.mana yang diluncurkan sebagai umpan mana yang diluncurkan sebagai peluru,seperti kasus var-tech cbs dan non cbs,hehehehehehe :lol:

  79. Honda 39 Years always Ahead

    dulu tahun 2010 gua dah comment di bbrp blog kalo 2011 akan menjadi massive bloodshed battlefield bagi ymki .. :D tapi coment tsb di pandang sebagai coment orang sok/ngimpi dari FB yang jumawa melantur (wkwk namanya juga dunia maya – its free santai aja) … malah bbrp FBY ada yg bilang ahm terlalu bermimpi MS nya bisa >= 50%..AHM mimpi pasang target sales 2011 terlalu tinggi :D (asal tahu aja ada perbedaan mental antara AHM dan ymki dalam memandang target sales di th 2011…mental owner sama mental pekerja ..mental pekerja bilang” kita tahun 2010 udah tercapai targetnya koq :D supaya th 2011 targetnya nga terlalu besar :D ) … hehe time will tell lah sing penting never underestimate Astra & Honda …keliatannya aja sedang tidur/lengah/mimpi… war is about deception-suntzu .. this is operation shock and awe …

    seperti jargonnya ymki yg sudah lama disosialisasikan ke karyawan2nya dan jaringannya yaitu “how to kill Honda” skrg jargon tsb akan berbalik dan lebih massive “shock and awe”

  80. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE

    Honda 39 Years always Ahead
    hehehehehehe bener boz,produk2 YMKI ituh mudah banget ke baca.kalo ibarat sepak bola mana yang berbahaya mana yang ngga jelas banget keliatan.makanye ane pernah bilang cukup mematikan tiga produk,maka penjualan YMKI akan anjlok,hehehehehehe :lol:

  81. lam kenal brow,

    kayanya ane kenal ente deh….
    seolah gaya bahasanya khas banget, ente pasti FBY??

  82. wow….. :shock:
    artikel yg mendalam, lam kenal maklum ane baru pertama main kesini en ternyata ada blog yg sangat inspiratif
    imho ymki harus buka mata lebar² karna sebenarnya bukan CBR yg menyedot perhatian semua orang yg menjadi senjata pamungkas AHM tapi sebenarnya adalah Revo fit yg ga diperhatikan orang, menurut ane revo fit seperti gempa di laut, yg menjadi masalah bukan gempanya tapi yg diakibatkan gempa tersebut TSUNAMI yg bisa menyapu bersih semua yg dilaluinya

  83. keren mas bro
    artikel jempol :D

  84. buat poin yang nomer 6
    itu kemungkinan terjadi akibat kurangnya inovasi, disamping di negara lain juga gak ada yang bisa dicontoh, hati-hati aja ama suzuki, yang R&D nya dipindah kesini :D

    Hiks,,, postinganya mantep :cry:
    kapan ya gw bisa bikin postingan kayak gini :roll:

  85. hahahahha….akhirnya nongol juga dari persembunyiannya…

  86. makin rame aja warung bro genesis ini.
    terus berkarya bro….

  87. @all
    Terima kasih kepada Bro-Bro semua yang telah memberikan warna dan diskusi yang bermutu pada blog ini. Lanjutkan diskusi ini!!!
    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!! untuk semuanya.
    Terima Kasih.

  88. uDien Kesiangan

    pertama kali saya membaca postingan bro genesis adalah trit ini:

    http://mygoldmachine.wordpress.com/2009/02/11/memukul-permukaan-air-untuk-menimbulkan-riak/

    saya kepincut dengan trit ini, dan bisa memahami apa yang tengah terjadi di tubuh AHM …. makanya ketika muncul iklan bahwa YMH menang di akhir tahun …. (berapa ya lupa lagi) … padahal tahun itu yang menang masih honda, sedangkan di bulan Desember memang ms yamaha menang…. :cry:

    sayah mengatakan bahwa iklan ini akan menjadi boomerang bagi ymh sendiri, artinya suatu saat akan dicibirkan khususnya oleh kompetitor …

  89. uDien Kesiangan

    yang tidak diwaspadai oleh yamaha adalah lawan yang sedang dihadapi itu adalah ibarat harimau yang sedang tidur …
    logikanya, ngelawan harimau tidur sajak udah “ngos-ngosan” apalagi kalau sudah bangun …
    so … gak usah “besar kepala dulu”, tapi justru harus lebih waspada …

    nah sekarang si harimau itu mulai bangun dech ….
    * padahal udah bangun semenjak tahun 2007 (dengan dirilisnya revo 100), cuma waktu itu masih kucek-kucek mata …. xixixi

  90. Pantesan gara2 ulasan hebat ini, warung sebelah yang merasa paling jago dan smart utk marketing jadi mandul, kagak berani cuap cuap kayak bulan2 lalu.
    Keep posting bro, andalah juara blog kategori strategi marketing.

  91. wedhuz gembel

    kayak di motogp 2001 nee yang laeeen smakin pasraaaaaah,,,,,,,;;;;;;;;;

  92. Yupz… hal ini sudah diprediksikan akhir tahun 2009 lalu…. :)
    Yamaha sudah kehilangan momentum buat nempel ketat Honda lagi.. padahal tahun 2009 lalu tahun yang sangat krusial… dimana MS kedua pabrikan sudah amat dekat, tapi ane tunggu mpe akhir tahun YMKI gak melakukan gebrakan besar… Ya akhirnya Honda sudah bisa ngacir duluan ninggalin Yamaha……….. Pertanyaannya siapa yang salah dan siapa yang bodoh? :mrgreen:

  93. mantab sangat ulasannya, yang kayak gini yang mestinya diperbanyak dalam dunia blog otomotif nasional, bukan ghibah sana sini cari simpati yang berakhir untuk kepentingan sendiri, lanjut mas bro.

  94. seperti biasanya…. selalu uhuuy!
    jadi inget cerita tentang pendekar pedang dari gunung hoasan yang sekian lama merajai dunia persilatan akhirnya dikalahkan dalam petarungan melawan pendekar pedang dari gunung mahosan.
    Dengan tubuh terluka pendekar gunung hoasan kembali ke padepokan dan menyadari bahwa jurus2-nya bukan tidak terkalahkan. Sembari mengobati luka2nya jago gunung hoa merenungkan kembali ilmu pedangnya dan ilmu pedang lawan yang telah mengalahkannya.
    Berbekal tenaga dalamnya yang sangat tinggi pendekar gunung hoasan menciptakan jurus-jurus baru untuk mengimbangi pendekar pedang gunung mahosan. Sementara pendekar mahosan dimabok kemenangan.
    Pada petemuan selanjutnya terjadi beberapa kali pertarungan dan pendekar hoasan sudah semakin mengimbangi kedahsyatan ilmu pedang pendekar mahosan meskipun akhirnya tetap dapat dikalahkan.
    Pendekar hoasan terus meningkatkan ilmunya hingga saat pertarungan berikutnya.
    Pendekar hoasan menyerang pendekar mahosan dengan serangan yang susul menyusul dengan tipu-tipu jurus yang mematikan. Akibatnya pendekar mahosan keteteran, satu jurus belum dipecahkan selalu disusul dengan serangan berikutnya…menyerang bagian yang terbuka. Setiap kali pendekar mahosan menyerang selalu dipatahkan dengan serangan yang lebih mematikan.
    Akhirnya pendekar mahosan bertahan dengan jurus andalannya, tetapi pendekar hoasan dengan tenaga dalam yang seakan tidak habis-habis terus menyeranng dari semua sudut dengan kecepatan yang tidak pernah kendur.
    Akhirnya pendekar mahosan pun kalah dengan tubuh yang terluka parah.

  95. ya, emang seperti itu, dan bisa jadi bakalan terus merosot jika yamaha tidak segera berubah dan beraksi….makanya keluarin fazer 250 dong! tapi harganya murah lho!

    http://kangmase.wordpress.com/2011/03/25/pkb-2-pajak-progresif/

  96. legenda rider

    @mark mind.
    Massive dr sisi budget YMKI, kl maasiv honda mau gimana lagi, sesuai dengan prediksi Mind genesis thn lalu, sekarang ini AHM lg Show Of akan Superiortynya di segala sisi. apa yg YMKI jual AHM beli. ilklan ayo, sekarang aja di terminal BS ada iklan Yamaha di layar lebar. dulu plg cm parfum ma lg.

    Apakah ini tepat? tentu tidak, perubahan produk ttp harus dilakukan, penataan line up juga, akan tetapi itu semua tidak bisa dilakukan jika barang n budgetnya ga ada. kl pun ada budget n barangnya YMKI tidak memiliki resource baik dr sdm maupun yg lain utk secra teknikal melkaukannya. So, cara yg paling cpt adl iklan yg masif, undian, potongan harga. persis seperti honda di tahun 2007-2009 ketika byk yg mencibir dp murah, hadiah tv, diskon jutaan, dll. dan saat itu ane katakan itu langkah terbaik mereka saat itu, walau dealernya sakit. jika tidak makin ancur krn ga jualan.

    Ibarat minum obat, pahit dulu, kemudian sembuh..

    YMKI dah ga bisa pake tag line high tech lg dengan lunturnya

  97. pengunjung baru…… nyimak aja.

  98. legenda rider

    mengenai prediksi MS YMKI turun drastis ane liat ada beberapa penyebabnya :
    1. Masifnya AHM melawan YMKI.
    2. kebijakan Honda Global utk terus berinovasi menyesuaikan dg situasi krisis. Kebalikannya Yamaha Global minim Inovasi (di segmen cc kecil).
    3. Dialihkannya Resource India ke Indonesia, seperti yg dismpaikan Astra sendiri, (sekarang Indonesia yg terbesar). YMKI membantu Ymh Global iklan d Moto Gp).
    4. Hilangnya Image Yamaha sbg motor Hitech, sport Vixion vs CBR 250, Matic Xeon Vs PCX, Bebek Jupie MX vs CS 1.
    5. Hilangnya Image murah tp ga murahan, Revo series vs Vega zr, Mio vs Beat, Jupie Z vs Blade n HSX.
    6. Hilangnya image kencang di moto gp, dengan hengkangnya Rossi yg bannyak fansnya diganti dengang lorenzo banyak yg ga suka (sponsor aja ga suka). kebalikkanya Repsol Honda makin bersinar. image nasionalisme moto gp dg tulisan semakin di depan juga dilawan dg satu hati (sama-sama bhs Indonesia).
    7. sdh tidak efektifnya iklan dedy mizwar series yg kebanyakan membandingkan dengan produk kompetitor, secara skr kompetitor lbh unggul dr sisi produk.
    8. lengkapnya line up honda, bahkan sdh psy war dg YMKI akan keluar produk baru tiap bulan, artinya ngasih kabar ke mereka, siapkan kontra strategi utk setiap produk kami tiap bln, kl ga siap mental dg strategi yg benar n terbaca lawan, dijamin bakal banyak blunder. (hal ini akan membuat mereka pusing tujuh keliling duluan mikir tiap bulan).
    9. come backnya suzuki dg posisi nothing to loose. dan strategi yg matang.
    10. dan yg paling dikhawatirkan adl efek domino dr penurunan MS. penurunan MS yg besar akn menyebabkn terlalu banyak dealer pad suatu daerah menjadi tdk efektif, persaingan antar dealer yg tidak sehat bisa membawa perang harga internal utk mengejar target, turunnya margin, n akhirnya perampingan jumlah dealer >>> kl ini terjadi maka terjadi jg penurunan layanan aftersales n bengkel resmi >>> penurunan image layanan >>> penurunan penjualan di suatu daerah secara menyeluruh. MS makin turun.
    dah dulu ah…

  99. Saya hanya ingin menggarisbawahi kata-kata, “yamaha besar kepala”.
    Hal itu dengan jelas tergambar dari sekian banyak taglinenya.

  100. Mantaf banget. Aku makin merasa sreg dgn blog ini

  101. apa mungkin ya YMKI aka YIMM ( Yamaha Indonesia Motor Mfg ) itu kuwalat sama para pekerja kontraknya, yang sudah 1 atau 2 tahun tapi gak diangkat jadi permanen atau karyawan tetap, juga gaji dan tunjangannya… beda jauh banget dengan kompetitor atau AHM..

  102. Setuju dgn legenda rider. Kuncinya sih kerja keras tiada henti. Ketika istirahat utk menikmati hasil kerja keras di masa lalu, berarti sudah membuka pintu menuju kekalahan.

  103. Kalau dulu honda terlena menikmati hasil kerja kerasnya berjibaku dgn motor 2tak yg lebih murah, sekarang kembali bekerja keras utk menyediakan motor bagi semua, mau murah, irit, kenceng, canggih, pretise, semua ada. Cara yamaha mengatasi? Tunggu honda terlena lagi. Kalau jangka pendek, mau nggak mau turunkan harga.

  104. CIWANS SKYWAVE NR

    Analisa dan prediksi bisa aja berubah mengingat YMKI sdg membangun Pabrik lagi Karawang. Dan malah mungkin prediksi ane mah Indonesia bakalan dibikin basis produksinya YMH mengingat skrg YMKI adlh tulang punggungyan YMH GLOBAL. Jadi kayaknya kedepan entah 2thn lagi atau 5 thn kedepan Indonesia bakalan mendingan lah dunia R2 nya, sebab baik HONDA, YAMAHA dan SUZUKI udah mulai membangun R&D disini tdk seperti selama ini hanya dijadikan tempat jualan dan perakitan belaka. Dengan adanya R&D disini, kita harapkan banyak varian motor yg bisa dihasilkan oleh pabrikan baik segment sport ataupun matic. Mungkin aja saat ini Strategi YMKI kalah ama AHM tapi siapa tahu juga Suzuki yg lagi diem-diem membangun kekuatannya kembali utk ikut meramaikan pasar otomotif R2. Adakalanya perusahaan mereview Grand strateginya baik utu jangka pendek, menengah ataupun jangka panjangnya. Smoga aja YMKI ngga salah langkah lagi dalam menerapkan kebijakannya dalam membangun Image Corporat Produknya. Buatlah iklan yg mendidik dgn tdk menjelekkan produk kompettitor, perbanyak aksi gerakan kepedulian sosial dan lingkungan, Pelayanan purna jual/service, dll. Salam SAFETY RIDING & BROTHERHOOD FOR ALL RIDERS… This is a good journal & article….. MAJU TERUS BRO…..

  105. Hebaaaat….tenyata kalo nyajiin artikelnya enak ada supporting data juga….GAk ada FB yang ngotot bela mati matian produknya…walaupun judulnya dibuat provokatif sekalipun…lebih tulen bari blogerz yang ngaku2 paling tulen sekalipun.

  106. ini efek buruk ” semakin di depan “….
    karena ga nengok2 ke belakang lagi, akhir nya AHM menikam dr belakang pake jurus ” satu hati ” :D…
    hasilnya YMKI…… ” semakin pasrah “…..
    ane pake yamaha ,..
    tp ane akuin beat, scoopy, blade,NmP, CbR…. bener2 langkah yg luar biasa dari AHM….
    kalo pun YMKI ngeluarin fino, fiore, R-15, New Mx, fZ 16… ga akan mampu membendung AhM tahun ini…..
    Ms 2X % ????….. Sangat mungkiN …

  107. merinding ane baca blog ini.
    dalem banget pemaparannya.
    coba semua bloggger spt ini akan maju negeri ini.
    bukan blogger agresor yg cuma bisa sikut sana sikut sini gak jelas.

  108. setuju.
    tapi kalau sampai 2 digit saia gak yakin.
    kalau kepala 3 kayaknya hampir mungkin.

    milyarder mio?
    bikin ilpil nih program, bikin malu aja :(

  109. IMHO, pabrikan Y menggelontorkan varian-varian dengan main cc lebih besar untuk dapat mengimbangi varian-varian yang digelontorkan kompetitornya. Hal ini malah sangat menguntungkan kompetitor dan menaikan image kompetitor karena dg cc yg lebih kecil performa dapat bersaing, sebaliknya malah merugikan pabrikan Y yang semula imagenya sebagai motor kencang menjadi semakin pudar, karena toh cc lebih besar dapat diimbangi dengan cc lebih kecil, berarti teknologinya lebih oke yg cc kecil dong, efisien.

  110. @Legenda Rider
    Siip Bro Legenda, mantap uraiannya.
    Terutama yang juga Gue garis bawahi di no 10. Benarnya mau Gue jadikan pembahasan berikutnya, tapi urung dah. Bro Legenda udah sampaikan dengan sangat baik. Uhuuuuuuuuuuuuuuuuy untuk Anda Bro Legenda !!!

  111. @ndhezits
    Hua ha ha…kalau baca komen Bro Ndhezits jadi ingat waktu kecil dulu baca komik Kho Phing Ho waktu jam pelajaran sekolah dibawah meja kelas. Komen yang Uhuuuuuuuuy Bro. Hua ha ha ha ha gaya cerita yang unik juga. Mantapz!!!

  112. Safety Rider ex Legenda Rider

    @ Onthel
    Hampir Mungkin berarti ttp ga mungkin dong..? hehehe.
    Bulan Februari sdh menyentuh 41%, kemungkinan dalam waktu dekat tembus 3x,xx.

    Sekarang tinggal menunggu apa langkah YMKI utk menahan gempuran AHM, kl Grand Strategnya ga dirubah, dijamin akan menjadi kenyataan, kl YMKI merubah strateginya bisa bertahan di maks 32-35% diatas itu berat. apalagi Yamaha Global juga lagi kesulitan dg adanya Tsunami pasar Domestik jg akan menurun drastis, Yamaha Motogp jg sg kesulitan dana mengingat sponsor yg ga masuk.
    Tp kliatannya prediksi bro genesis, YMKI terlalu berat utk merubah Grand Sgtrategy, dan ada birokrasi yg berbelit (meeting mulu). mungkin thn dpn baru bisa berubah.

  113. saat ini blog yg paling dicari adalah mindgenesis…….meski tanpa nitip jemuran sekalipun.

    two thumbs n jgn jumawa ya bro…..hehehe keep santun blogging.

  114. Pingback: Sales Yamaha do sambat *saling mengeluh | Touringrider's Blog

  115. Ditunggu analisis titik lemah AHM. Biar sama-sama dapat masukan, kritik maupun saran. Kebiasaan yang lagi jaya sering lupa diri.

  116. @ndh
    lho bukannya sudah Gue tulis di artikel terbaru Bro nhd?

  117. Weks
    Seperti makan-makanan bergizi saya.

    Biasa makan chiki, sekarang makan sayur bening sama tempe bacem, aduh nikmatnya..
    Geser dikit, ada lele dg sambal…
    Enak enak enak..

    Sayang saya nggak bisa Add smiley di sini.
    Tapi kalo ada, saya kasih jempol

  118. jgn2 ymki memang ingin terlihat seolah sedang ngos-ngosan…?

    tapi menurut ane 2#,#% kok terlalu ekstrem. Kalo ane bilang 33% aja.. :p
    :soktau mode on:

  119. Mau tau intinya??

    YAMAHO belagu, cuma bisa ngandelin nama besar rossi trus nge-doktrin pemuda2 alay utk spy beli motor MX buat kebut2an.

    NYata memang benar pemuda2 kita terlalu alay, lihat aja buktinya di jalanan yg suka srantal struntul ugal2an, belagu di jalanan itu kebanyakan pengguna yamaha (terutama MX)

    dia pikir motornya motor balap apa?! huuuuhhh
    mati lu yamaho, sekarang rossi udah pindah ke ducati, apalagi yg elu banggain??? motor yamaho itu sebenernya rongsokan semua, ngga ada quality sama sekali.

    sekali lagi, yamaha itu sempat tenar karna doktrin “semakin di depan” + kebetulan menang di moto gp karna rossi

    sekarang matilah si ya-maho (homo)

  120. Yamaho terlalu sombong
    yamaho terlalu banyak dosa

    salah satu dosanya :

    big bos yamaho di kota gue (dealer utama) si mr X hobby-nya suka “nyerobot” istri orang
    Tapi karna dia banyak duit (dari duit “haram” yg di setorin oleh alay2 “setan” jalanan) para suami yg istrinya di “serobot” oleh si sex maniac ini ngga brani ngelawan secara terang2an

    Now matilah si yamaho! biar si bos sex maniac itu (beserta selir2nya) juga ikut mati di kutukin sama suami2 & keluarga yg sudah tersakiti sama tingkah lakunya

    Hidup honda, hidup suzuki, hidup merk2 lainnya. Matilah yamaho!

    NB :
    bos suzuki di kota gue aktif di yayasan sosial & malah mendirikan tempat ibadah agama beberapa agama
    beda banget sama tingkah si bos yamaho bin sex maniac

  121. ooooo,,,,,,jadi 2011 ini tu , honda dah siap hadapi musuhnya me giring , kandangin, iket kaki tangan, tutup matanya , tembak mati, siapin bumbu bakar/panggang, dilumat2 trus ditelen kali yak ! . uhuuuuuuyyy juga

  122. kita lihat akhir tahun ini untuk 2x%nya. Menakutkan…

  123. Honda terlalu banyak amunisi emang tahun ini..
    asal mereka ga lengah, jalan di depan mereka cukup mudah.. tapi banyak varian juga harus diiringi dengan kesiapan complain yang banyak dn penanganan indent yang baik..

    masih ada harapan sih sebenernya buat Yamaha.. asal tidak black campaign.. dan memperjelas image apa yang ingin ditampilkan

  124. www.prasetyojanjang.com

    Kalo dilihat peta sekarang dan perkiraan kedepannya, Honda emang udah susah buat dikejar lagi dech..
    salam uhuuuuuy…

  125. produk yamaha aja tambah aneh penampakannya…. kaya Jupiter Z, cckkck
    Jupiter MX jg, yg sekarang emang ad peningkatanya, tapi jg ad yg berlebihan, alias Sok Ide…

  126. @ katok

    Kl desain relatif lah, ada yg suka, ada yg ndk suka. Tp kl scr strategy kalah, ini yg berat. Tp kl sampai angka 2x,xx kok rasanya tdk sampai segitunya yha. Let’s see

  127. Lah kalau Bro Ring Piston, berani prediksi angka berapa? kita lihat nanti? let’s see……kalau beda dishare donk?

  128. @ bro kamikaze

    Prediksi saya di kepala tiga, tapi di bawah 35, kisaran 31 atau 32 persen. Kl anda?

  129. @ Ring Piston
    Lah mirip-mirip aja itu. deket ama kepala 2.
    Saya kira ikutan warung sebelah yang katanya 40% itu.
    Kalau saya cenderung di angka 24% ya.

  130. smart-innovation

    Gejala ke arah yang sesuai prediksi ini semakin terlihat jelas. Menurut saya, kondisi yang memberatkan adalah ketidak-mengertian internal team mengenai kondisi ini. Sebuah kondisi “luka dalam” yang terlihat ringan dari luar, sehingga dalam menghadapi sikon yang ada, adalah gerakan reaktif yang “harus semakin cepat”, bukan sebuah gerakan yang didasari pemahaman yang mendalam mengenai kondisi yang di dalam (bukan yang di permukaan), menutup luka di luar, tapi tidak menyembuhkan luka yang di dalam. Di masa yang akan datang, luka yang ada di dalam akan merusak semakin dalam, bahkan bisa jadi, akan membusuk hingga ke tulang, kalau sudah sampai demikian, hanya ada satu jalan keluar : “AMPUTASI”. Sebuah keberanian untuk mengakui bahwa kondisi ini sangat genting, dan mau “menelan ludah sendiri”, ini lah langkah awal yang diperlukan untuk menghindari kemungkinan “AMPUTASI”, yang bahkan bisa jadi akanberujung pada “KEMATIAN”.

  131. KAMEN RIDER

    Aduh bukan menelan ludah sendiri, tapi yang bener Menjilat ludah sendiri.

  132. Prediksi yang luar biasa, padahal dari beberapa bulan yang lalu. Sampai saat ini masih susah dipercaya tapi, luar Biasa, sungguh luar biasa kondisi saat ini. Kayaknya bulan depan semakin jelas lagi.

  133. Kalau MIO dah dilewati BEAT artinya dah tinggal tunggu waktunya emang.

  134. wahh makin seru aja nich..

  135. Setengah jalan, Yamaha sudah di kisaran angka digit depan 3, kayaknya setengah lagi bisa jadi sesuai prediksi Bo Komeng. :D

  136. artikel paling bombastic, paling fantastic, paling fenomenal, paling keren, paling luar biasa, tiada duanya, sekaligus prediksi paling muantap. 4 thumb up Bro.

  137. pusing gw baca trit ini…kaya baca novel dengan alur yang bertautan2…kalo lupa harus membuka halaman2 sebelumnya…dan dibaca dialog2nya yg berkelas!!!….gila padahal nih orang2 dari dua kubu…tapi argument dan statmentnya bagaikan komik yang mengalir….dialognya mantep….

    sorry yg suka bc…atau njelek2in motor laen…minggir dlu…

  138. pridiksi saudara bro komeng, sdh semakin kelihatan ………………

  139. Engine Enforcer

    http://proud2ride.wordpress.com/2011/07/19/tren-penjualan-yamaha-semakin-mundur-di-semua-segmen-aisi-juni/
    semakin yakin setelah data AISI juni bicara.

    dulunya aku kira junk artikel, sekarang ajaib artikel.
    padahal artikel ini ditulis pas masih bagus-bagusnya kondisi, siapa yang bakal kepikiran. kalau lihat data di link atas, justru setelah artikel ini ditulis, 1 bulan kemudian posisi Y masih bagus-bagusnya, lagi-lagi siapa yang kepikiran.

  140. Engine Enforcer

    eh salah, revisi * justru artikel ini ditulis pas bagus-bagusnya dan kondisi trend lagi naik-naiknya bagi Y.

  141. lho ini artikel lama, apa baru sih? apa artikel dari masa depan?

  142. menurut penerawangan saya, yamaha ada beberapa kesalahan :
    1. Mio SANGAT membosankan.
    harusnya ada refreshment. Grand strategy mereka dengan launching Mio di 2004, dan berjaya di 2007-2008 sudah tepat, mereka tidak ingin bertempur lawan honda yang saat itu jaya di bebek 100-125… tapi setelah itu tidak ada perubahan signifikan kecuali minor lift. Padahal MIO adalah cashcow hero yamaha… mereka tidak memperlakukan mio dengan baik… TT

    2. SALAH prediksi trend.
    saat honda launch vario, beat, vario CBS, Scoopy dan terakhir Spacy, mereka malah meluncurkan XEON yang menurut saya terlalu mahal dan terlalu canggih dengan cc yang terlalu besar (125). ingat kegagalan total SPIN? itu karena mereka menerapkan cc yang terlalu besar untuk pasar matik skuter mungil…jadinya konsumen menganggap boros (padahal cuma selisih 5km an per liter). tapi itulah konsumen, mereka jangan dipaksakan untuk menyerap trend yang terlalu cepat dan ekstrim… konsumen sudah bagus menerima matik skuter, jangan terburu2 dipaksa menerima matik skuter yang boros….

    3. KAPASITAS produksi yang terbatas.
    setahu saya pabrik YMKI cuma di cakung, bener ngga, sedangkan honda selain di sunter, dah ekspansi di cikarang. kapasitas terpasang mereka dah hampir 2 kali lipat yamaha. apa yang dilakukan yamaha? kenapa ngga bikin pabrik lagi di tempat lain, cakung emang udah sempit dan penuh… akhirnya konsumen mau beli yamaha jadi males, masa inden byson sampe 2 bulan…3 bulan malah kalo di jatim / bali… ini sih bukan prestasi (katanya kalo sampe inden berarti saking besarnya permintaan) ini sih karena KESALAHAN perhitungan kapasitas produksi dan demand pasar. YAMAHA mencederai konsumen dengan membiarkan mereka inden. “ah begini juga masih banyak yang pengen koq”. itu tuh yang ada di kepala mereka…

    4. malah bikin acara milyarder2 an… padahal konsumen indonesia dah ngga ngeh dengan model marketing begitu…itu udah ditinggalkan… konsumen dah pinter… kecuali kalo undian beli mie instan ato minyak goreng, oke lah bisa beli banyak(untuk memperbesar kemungkinan menang)… nah… apa mungkin beli motor yamaha banyak2 biar dapet kesempatan menang lebih besar? kan ngga mungkin juga… konsumen tidak akan tergiur karena kemungkinan menang nya kueccilllll…..

  143. Dulu saya kira ini artikel cari sensasi, jujur dah. Tapi saat ini jujur juga harus kuakui ini artikel paling hebat sepanjang masa sejarah blog. Nostradamus Modern. kasihan blog yang ngakunya blog papan atas di sebelah yang prediksinya y 40%, sekarang aja Y dah 36%, gugur dah prediksi warung sebelah yang katanya blog marketing kelas wahid. Justru disinilah blog kelas wahid yang sebenarnya, kelas dewa.

  144. mhmmmm, butuh mikir, otakku gak nyucuk

  145. Pingback: Mengapa Honda harus “Pressure Superiority All Out War” ? | Mind Genesis

  146. saluuuuut manteb bgd analisisnya
    lam knal gan

  147. lam knal gan
    baru nemu neh blog yang keren mantab n dalem bgt

  148. Pingback: AKANKAH YAMAHA KALAH TELAK TAHUN INI ????? | rc212vblog

  149. nasib dan keberuntungan yg akan menentukan..

  150. wih……
    prediksi dengan analisanya sangat meyakinkan…. prediksi ms yamaha ada di digit awal 2,

    tujuh bulan berjalan sampai dengan bulan juli, ms yamaha masih di 41%, artinya hanya tergerus 3% lebih….
    kita lihat 5 bulan lagi kedepan, apakah honda sanggup meggerus MS yamaha setidaknya 12% lagi hingga MS yamaha tersisa setidaknya maksimal 29%.
    (digit awal 2)..
    saya bookmark halaman ini, dan jika sampai akhir tahun MS yamaha ternyata tidak berada di digit awal 2, maka sori, saya akan katakan analisis anda gak bermutu. segala analisis anda dengan paparan strateginya adalah sampah….. :

  151. ^^ ada sales Y yg gak terima.

  152. @Nobita:
    Anda sales aksesoris yamaho ya?
    Hahahahahaaaa! kasihan nasibmu ndukkk! :))

  153. Dasar Nobita Bodoh, Dengerin tuch doraemon, lah sempat di 36%, yang dimaksud market share itu ya bulananan.

  154. yamahosukadikandang

    Nobita | Agustus 6, 2011 pukul 9:08 pm |

    wih……
    prediksi dengan analisanya sangat meyakinkan…. prediksi ms yamaha ada di digit awal 2,

    tujuh bulan berjalan sampai dengan bulan juli, ms yamaha masih di 41%, artinya hanya tergerus 3% lebih….
    kita lihat 5 bulan lagi kedepan, apakah honda sanggup meggerus MS yamaha setidaknya 12% lagi hingga MS yamaha tersisa setidaknya maksimal 29%.
    (digit awal 2)..
    saya bookmark halaman ini, dan jika sampai akhir tahun MS yamaha ternyata tidak berada di digit awal 2, maka sori, saya akan katakan analisis anda gak bermutu. segala analisis anda dengan paparan strateginya adalah sampah….. :
    ================================================
    kalo terbukti analisa bro komeng; maka saya akan menantang Nobita mencium brutu kenalpot Force1 yang kebul2 itu…. saya juga simp[an bookmark ini…
    …( loe lagi ada masalah keuangan karena kartu kredit ya?… atau lg gak bisa ereksi, kok pelampiasan ke sini…)

  155. @ donat

    Dasar Nobita Bodoh, Dengerin tuch doraemon, lah sempat di 36%, yang dimaksud market share itu ya bulananan.
    ==================================================
    bhuahahahaha……
    yang bodoh itu siapa sih…?, lo atau gw…?
    elo gak baca artikelnya ya…?
    nih gw kutip buat elo :
    ” Prediksi Gue Yamaha Indonesia bakalan Kalah dari kompetitornya tahun ini, bukan sekedar kalah, tapi KALAH TELAK. Tahun ini Market Share Yamaha Indonesia akan jatuh setidaknya di digit awal 2, dari tahun sebelumnya di digit awal 4.”

    sekali lagi gw kutip buat lo… :

    “TAHUN ini Market Share Yamaha Indonesia akan jatuh setidaknya di digit awal 2, dari TAHUN sebelumnya di digit awal 4.”

    lo liat kan yang gw huruf kapital….. :hammer:

  156. @ yamahosukadikandang

    kalo terbukti analisa bro komeng; maka saya akan menantang Nobita mencium brutu kenalpot Force1 yang kebul2 itu…. saya juga simp[an bookmark ini…
    ===========================================
    siiiiip…
    gw suka tantangan lo….., yang penting kalau gak terbukti lo yang cium.. oke…

  157. ^^ yah mau 29% or 31% or 32 ,33 sama2 aja kelelep , kerja dimanapun kalo MSnya turun sedikit pun itu udah sakit , apalagi bisa turun drastis seperti yamaha ..weleh2 …yang menarik itu artikel2 yg di buat bro genesis bukan sudah terjadi baru di ulas..tapi dari tahun2 kemarin sudah diprediksi..coba dilihat2 artikelnya sama tanggal2nya

  158. yamahasukadikandang

    ini dari investor daily;

    Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), dari penjualan motor yang mencapai 4 juta unit pada 2010, sekitar 1,6 juta unit merupakan jenis bebek. Sementara itu, AHM melalui merek Honda menguasai pangsa pasar 56,1% pada I-2011 untuk keseluruhan segmen bebek dan segmen bebek medium baru 35% dari total 0,3 juta unit. (c02)
    ………. itung mundur aja dah….. share juga dengan prosentasi merk lainnya…

  159. @ Nobita
    Sabar jangan kalap, saya mengerti Bro, memang kalau tempat dimana kita berpijak mau runtuh adalah hal yang lumrah kalau kalap dan depresi. Tapi bukan itu caranya mencari jalan keluar yang benar.

    Jujur saya orang yang paling detail kalau baca, dan jujur juga saya baca bukan diartikan kata perkata secara terpisah, melainkan satu kesatuan utuh. Hal yang wajar saat baca artikel diatas akan diintrepertasikan kalau kita bicara market share adalah di tahun lalu emang bulan per bulannya ada di digit awal 4, tahun ini diprediksi bisa mencapai digit awal 2.
    Nah kondisi bulanan dari Market Share digit awal 4 ke digit awal 2 itu sudah kalah telak sekali hancur lebur namanya. Dan saat artikel ini dibuat siapa yang percaya, sayapun susah percaya. Karena kondisi saat artikel ini dibuat tendensi market share Yamaha naik, bukan turun.

    Kondisi saat ini Y sudah di digit awal 3 itupun secara pribadi saya sudah berani berkata kalah telak, tidak perlu hancur lebur di digit awal 2. Ironisnya beberapa wilayah dan area di Jawa Y sudah mencapai digit awal 2.

    Justru saya merasa dengan hadirnya Blog ini, artikel-artikel yang ada JUSTRU Yamaha diuntungkan sehingga seharusnya tidak perlu turun sesuai prediksi Bro Komeng semula. Semua strategi AHM ditelanjangi dan berbagai solusi briliant dan tepat sasaran di kemukakan dalam beberapa artikel.

    Sayang anda sudah depresi duluan Bro Nobita.

  160. yamahasukadikandang

    MR SAS… analisa panjenengan sudah setara dngan bro Mind Komeng… bikin Blog dong…tapi dengan cara pandang yang lain… saya selalu mengikuti komen2 anda bersama Mr Smart, kang Ali, Joko…etc! sayang kita kenalan cuman di dunia maya… justru dari ‘pelajaran taktik’ ang dibahas bro mind membuat bisnis katering saya alhamdulillah berkembang.. insya allah pasca lebaran saya dah buka warung kaki lima semi franchise… semua ide berawal dari sini. tengkyu buat semuanya… para master pemasaran dan analisanya… soal yang alay-alay itu ya saya anggap sebagai pemanis pasar lah…

  161. yamahasukadikandang

    @ nobita
    wong sabar ono wekasane…. sayang sekali anda kurang sabar… bijaksana dalam mencerna sekecil informasi, karena dengan begitu akan membentuk karakter anda…

  162. @Yamahasukadikandang
    Saya sungguh belom pantas kalau di setarakan dengan Bro Komeng. Analisa saya adalah analisa kondisi saat ini, saat sudah terjadi. Tapi Bro Komeng mampu memberikan analisa jauh ke depan, bahkan saat kondisi historis dan trend yang ada berkata sebaliknya. Bahkan saya sempat berfikir Y akan meraja tahun ini. Tapi Bro Komeng sebaliknya. Dan setelah berjalan beberapa bulan lewat dari analisa Beliau saya baru sadar yang Beliau paparkan adalah kebenaran mutlak.Bahkan artikel-artikel lama beliau yang ditulis beberapa tahun yang lampau masih tak lekang oleh perkembangan market yan sangat cepat berubah.
    Jujur sama seperti Anda Bro Yamahasukadikandang, Blog Bro Komeng ini sangat berguna mengembangkan Bisnis saya. Jauh lebih berguna dari pada beberapa program development yang disediakan beberapa vendor terkenal yang telah dipakai perusahaan saya.

    Semua rasa hormat saya untuk Beliau yang telah memberikan kontribusi secara langsung bagi pengembangan asset intelektual saya yang tak ternilai harganya.

    Satu lagi, Blog ini komplit dan pemaparannya enak dibaca. Yang masih sd dapat ilmu sd, yang smp dapat ilmu smp yang sma dapat ilmu sma, yang s1 dapat ilmu s1, yang s2 dapat ilmu s2 yang s3 dapat ilmu s3 dan yang master pro dapat ilmu master pro. Serasa diatas langit masih ada langit yang tak terjangkau pemikiran saya. Kedalamannya bagaikan samudera yang tak terjangkau imajinasi saya.

  163. Bagaimana tanggapan dari Bro Smart, Bro Kakang Ali, Bro NDA Bro Giant dan Bro Bro lainnya?

  164. @ Bro SAS,
    Saya setuju dengan ide Bro Yamahasukadikandang agar Bro SAS buat satu blog memaparkan ide & analisa yg mendalam untuk “memberikan kontribusi secara langsung bagi pengembangan asset intelektual” kami. :D

    Sayang sekali Bro Nobita dan orda Y tidak mau memanfaatkan blog ini untuk kepentingan internal mereka. Saya juga melihat AHM sangat dirugikan dengan blog ini karena penulis dan komentator wahid seperti Bro SAS, Smart, Vyzex, SKU, Joko, Giant dll selalu saja menelanjangi strategi AHM, bisa saja Y anggap blog ini adalah “Jebakan AHM” seperti “Istana Kosongnya Zhuge Liang”. (Kayaknya AHM harus kerja extra keras menyiapkan plan B kalau plan A mereka diketahui musuh).

    Adalah wajar bagi Market Leader yg habis-habisan menghabisin sang market challenge.
    Bila semua orang di Y depresi seperti Bro Nobita, maka ini akan mempercepat Y menuju MS digit awal 2. Agak heran buat saya, dimana jurus2 strategi smart YMKI yang pernah membuat AHM kelimpungan, jangan2 YMKI telah mengganti Vendor atau Konsultan Marketingnya???

    Mengenai Prediksi Bro Komeng Y akan kalah telak pada saat Y masih berkibar, seharusnyacYMKI waspada dan bila saat ini YMKI masih mau berbenah, menurut saya masih belum terlambat. tetapi bila masih bertahan pada kondisi seperti ini akan sangat berbahaya.
    AHM masih belum memuntahkan semua amunisi yg disediakan untuk tahun ini dan kita sudah melihat impact yang ditimbulkan dengan merosotnya M/S yang sudah digit awal 2 di beberapa daerah Pulau Jawa.

    Btw, Mio series yang baru ganti stripping apakah sudah ditambah safety fitur seperti Honda Beat? Jujur aja fitur SKS, Brake Lock selalu aja menjadi selling point sales Honda untuk menokok produk Y. Harusnya Y mendengarkan keluh kesah tenaga penjualan mereka di dealer2 Y jajaran produk mereka terutama di segmen gemuk (skutik) di upgrade segera agar jajaran Y tidak depresi seperti Bro Nobita. :D
    Jangan hanya minum obat batuk terus menerus, seperti menghadapi New Blade dengan progam hadiah langsung penjualan. Produknya juga harus punya value for money yg tinggi.

  165. Karena lumayan ada waktu sore ini, saya mencoba membuka dan membaca kembali beberapa artikel Bro Komeng terdahulu.
    Salah satunya yg sdh hampir 3 tahun adalah mengenai Skutik Retro Yamaha Fino di : http://mygoldmachine.wordpress.com/2008/12/17/fino-calm-bersahaja-elegant-hadir-di-2009/

    Ada satu kalimat yg benar2 mind provokatif dari Bro Komeng yaitu : “Beranikah YMKI bermain-main dengan model matic Mio Fino yang memiliki engine yang sama dengan mio standart? ”
    Coba saja YMKI lebih serius dalam skutik retro, sampai saat ini Honda pasti belum berhasil menyalip Skutik Yamaha sebagai market leader. Mungkin saja AHM ter-ilhami artikel ini dan Scoopy telah membuktikannya. Ini cuman salah satu contoh visi Bro Kemeng yang jauh ke depan.

  166. smartinnovation

    Selain DALAM, artikel di atas juga sangat LUAS dan PADAT. Dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Pembaca yg seorang bisnisman dapat memandang dari sudut pandang bisnis, bahkan dpt diaplikasikan spt cerita Bro Yamahasukadikandang, pembaca yg seorang professional pun dpt menggunakan sudut pandangnya dlm memahami artikel diatas. Bahkan seorang mahasiswa pasca sarjana pun akan dapat menggunakan sudut pandang akademik utk memahaminya, cm hrs berhati-hati krn takutnya dosen nya yg ngk nyampai, malah dikasi nilai jelek… Hue he he he

  167. Memang semua tingkatan pendidikan dapat memetik manfaat dari blog Bro Komeng, mulai dari ujung tombak marketing yakni salesman bahkan sampai pebisnis sekelas kakap merasakan manfaat dari tulisan2 blog ini, kalo ada yang mengganggap sampah dari kalangan mana tuh.. Mhmmm……

  168. yamahasukadikandang

    ada beberapa pelajaran berharga dari pengalaman saya yang pernah jadi salesman motor 100%… di suzuki ketika jaya-jayanya shogun 125 awal dan di yamaha ketika awal2 kemunculan jupiter (belom z)….
    dari 2 manajer (maaf saya tak sebut nama dan perusahaannya), ada mindset yang berbeda pada pola pendekatan ke konsumen:
    1. dari manajer suzuki lebih ke pola SUBSTANTIAL MARKET, jadi waktu itu saya dikerahkan untuk seluas-luasnya mencari “daerah jajahan” kompetitor yakni Honda dan Yamaha… nah data yang kami pakai adalah print out bulanan dari samsat… (maklumi adja bro, manajer kami dalam hal cari info ke samsat sangat lihai…bahkan berani “uang”… dan, dengan team kami yang hanya 4 orang untuk menguasai 6 kecamatan sukses dalam penjualan… dan pola pendekatan ke warga di desa2 di enam kecamatan tersebut dengan ilmu hit and run… kami tak peduli konsumen mau beli ato tidak, yang penting tinggalkan nama dan brosur… eiiit…mendekat ke kantor2 dan karang taruna bahwa kami siap menerima proposal jadi sponsor tingkat kampung. well sekali lagi sukses, karena kami bawa unit ke tempat acara… Intinya adalah ACTIONABLE, rencana yang kami susun adalah bisa dilaksanakan dilapangan…
    2. dari manajer yamaha lebih ke ACCESSIBLE… segmen yang akan saya sasar dapat terlayani dengan baik… (namun saat itu force1 dah mulai kendor penjualannya, JUPIter moncerrr… bersamaan dengan awalkemunculan scorpio kalo ga salah…) salahnya ini manajer kami hanya dituntut memasarkan ke kantong2 pegawai (misal sekolah2 sd, smp, sma…n kantoran.) pola pemasaran satu sisi baik, tapi market terluas yakni masyarakat secara umum kurang didapat..ingat guru2 kalo kredit rata2 2-3 tahun jadi para guru demi mengejar merk baru juga harus menunggu 2 tahun lagi… padahal kompetitor (hondadan suzuki dah siap2 dengan produk 2 baru mereka…
    …………………last kesalahan utama setelah sekian lama berjalan kenapa team kami akhirnya penjualan jeblok adalah kurang MEASURABLE/terukur dalam memaksimalkan kapasitas produk yang tersedia di dealer dengan permintaan konsumen. tadinya saya mengatakan bullshit yamaha indent..tapi kenyataan tahun 2000an saya dah harus menahan malu kepada konsumen karena produk yang mereka minta istilahnya sak dhet sak nyet / harus ada seketika…
    disini segmen pasar yang sudah terukur dengan besarnya indent jadi mentah lagi…padahal daya beli sedang tinggi..
    ………lucunya saya adalah : ketika nyales suzuki saya pake motor kawasaki.. dan ketika nyales yamaha saya pake suzuki… sampe guru2 yang saya datangi bilang: nawarin jeruk kok makan apel,,,,, hehe…
    saya cuman bisa jawab… motor yang saya bawa adalah sebagai pembanding???

    satu kata kunci dari sales yang TIDAK BISA DIPOERCAYA : MEREKA TAK SEGAN2 MEMBERIKAN ALIAS MENJUAL PRODUK KOMPETITOR JIKALAU MOTOR YANG MEREKA PASARKAN TIDAK ADA DI DEALER. KARENA PERMINTAAN KONSUMEN (BIARPUN KREDIT) ADALAH HARUS SEKETIKA BARANG ITU ADA.. ADA UANG ADA BARANG. GAK ADA BARANG PAKAI YANG LAIN…

    saya berani menjamin: minimal 2 diantara 5 sales rata2 membawa brosur kompetitor, atau pricelist kompetitor… berani lebih dalam lagi???? dalam hp mereka ada nama-nama teman sales kompetitor.. mereka saling menjual kecepatan… tak peduli peraturan perusahaan. Dan kemaren saya benar2 menemukan sales model begini di tempat tinggal saya sekarang : Banda Aceh…
    ada komentar???

  169. yamahasukadikandang

    @ kang Ali says: Memang semua tingkatan pendidikan dapat memetik manfaat dari blog Bro Komeng, mulai dari ujung tombak marketing yakni salesman bahkan sampai pebisnis sekelas kakap merasakan manfaat dari tulisan2 blog ini, kalo ada yang mengganggap sampah dari kalangan mana tuh.. Mhmmm……

    Tapi mboten sedhaya sales ngaten kang Ali… adakalanya sales yang punya pemikiran brillian malah dikasih ke daerah2 rawan… alasan delaer karena pengalaman… justru pengalaman saya sales yang menganggap kompetitor mempunyai produk sampah adalah sales yang tingkat keilmuannya pendek, tidak mempunyai dasar marketing yang baik, dikejar target setoran dan 9ibaratnya kerbau) cuma pengalaman “nunngging njempalik” di kubangan lumpurnya sendiri…
    kemaren saya ngasih tip2 penjualan ke nyu kamer sales motor x… tentang memanfaatkan dan mengejar info sekecil mungkin… bahkan saya kasih resep deteksi dan mata-matai. carane pripun??? minimal kita mendeteksi dealer kompetitor 30menit aja setiap hari… kita perhatikan misal ada 1 potential buyer masuk ke dealer tsb… bila ternyata potential buyer gak ada transaksi maka adalah tugas saya menguntit potential buyer ini. bila dah bisa duduk semeja bisa leluasa kita jungkir balikkan mindset konsumen ini biar nurut ke kita. maaf ini kasarrrrr tapi kenyataannya saya dulu sukses kok… saya menjual kelebihan2 produk kita… dan mereka bisa maklum karena saya ikut menjamin bahwa garis besar yang saya sampaikan linier dengan garis besar perusahaan….
    salam uhhuuuuuuuyyyyyy..

  170. yamahasukadikandang

    saya tambahin; Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan, yaitu segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran, dan penempatan produk…
    tapi jeleknya seorang supervisor pemasaran yang ngasih briefing ke sales tiap pagi adalah: MEREKA MENUNTUT KERJA MAKSIMAL KE SALES DIBAWAHNYA, TANPA MAU TURUN KE LAPANGAN…

    ….. itulah kenapa ada sales yang maunya di dalam kandang terus, nggak mau out of the box..kurang bisa menetapkan produk ke konsumen… maunya secepatnya menjual tapi melupakan psikologi marketing.

  171. mas mid genesi jangan terlalu pede dulu……….. sekarang porsi yamaha dan honda berapa persen………..paling beda 2-3persen….sekarang di hitung aja jumlah varian honda untuk membagi jumlah total keseluruhan penjualan honda……….sama yamaha juga berapa produk yang ada..diterapkan dengan metode yang tadi…..sebenarnya yang kalah dalam strategi siapa yang SDM nya jalan siapa……….. kalo untuk melawan mah berat lah wong satu produk rata2 di keroyok 3 produk…… weitttt gimana kalo di ajak satu lawan satu lahhh klenger tu honda…………sama persis kaya di motoGP……

  172. artikel ga bermutu………. analisis sampah……….

  173. SELAMA AHM TIDAK MENGELUARKAN MOTOR SPORT INJEKSI DAN TENTUNYA SEHARGA..SELAMA ITU PULA YAMAHA AKAN NO 1 DI KELAS SPORT

  174. yamahasukadikandang

    @ wungkal wadas : anda kok begitu apriori sama artikel ini… sabar bro… artikel bermutu kalo akan didalami oleh orang cetek pemikiran kaya njenengan nggak akan touching ur heart!.. jadi pendalaman dan realis dalam mmandang hasil karya orang lain diutamakan dalam perdebatan di forum ini. sama artinya; sayapun menganggap komentar anda tidak lebih bermutu…
    @ aa guru : silakan baca kompas otomotif hari ini : pertengahan 2012 cita2 anda akan terkabul

  175. Baru tahu kalo artikel Bro Komeng ini punya efek negatif buat jaringan Yamaha tertentudan kalangan tertentu itu banyak yang frustasi, pasrah, kalap, depresi dan semakin pasrah setelah membaca artikel Bro Komeng.

  176. Ulasan yg cukup baik tapi sayang hanya teoritis dgn melihat luarnya Yamaha saja tanpa pernah riset ke dalam nya Yamaha. Sebenarnya sebab2 kekalahan Yamaha bukan karena product yg over price atau Grand Strategy yg buruk. Hal itu tidak besar pengaruhnya terhadap kejatuhan Yamaha. Yg perlu diperhatikan adalah kenapa dulu Yamaha bisa mengalahkan Honda ? Karena :
    1. Product Honda terkesan kuno & kurang berwarna / stylish ( Mayoritas hitam dasarnya ), kurang responsif tarikannya walaupun Irit sehingga waktu dipukul oleh iklan Yamaha mengenai perbedaan irit yg hanya selisih 1 sendok makan saja langsung hancur.
    2. Honda melakukan price war seperti orang panik shg dia semakin tenggelam.
    3. honda melakukan black campaign di beberapa daerah shg imagenya semakin jatuh.

    Kenapa Yamaha bisa jatuh skrg, karena :
    1. Semboyan No Price War di Yamaha sudah tidak berlaku lagi di internal Yamaha shg terjadi price war di antara sesama dealer Yamaha shg dealer-dealer tidak punya profit yg cukup. Hal ini di sebabkan Yamaha sudah tidak mendengarkan suara dealer2nya lagi seperti beberapa tahun yg lalu. Dahulu dealer Yamaha membuat orderan unit dan di penuhi hampir 90 % dari permintaan dealer, skrg pihak pabrik / maindealer / DDS yg menentukan unit yg diberikan ke dealer ( Hanya sesuai 60% dari permintaan dealer). Intinya pembagian unit ke dealer seenaknya sendiri, dealer bukan lagi ujung tombak penjualan.
    2. Biaya untuk iklan / promosi banyak yg tidak jelas kemana ?

    sementara hanya ini dulu yg saya bisa share. Sebaiknya kalau menulis harus dgn data yg benar dan berimbang. Bukan hanya analisa tanpa data yg jelas dari kondisi real lapangan.

  177. Heran sampai saat ini masih ada yang beranggapan Produk yamaha tidak over price, memang kalau sudah lama dicuci otak dan hanya didalam tempurung pasti analisanya ya seperti Bro diatas. Kalau produk Yamaha tidak over price, tolong buktikan bahwa valuenya benar-benar tidak over price seperti yang anda katakan, tentu saja dengan data-data yang kuat juga. Bukan sekedar bicara kosong.
    1 apakah jupiter z tidak over price?
    2 apakah vega zr tidak over price?
    3 apakah xeon tidak over price?
    4 apakah mio yang sudah lama itu tidak diganti tidak over price dengan kondisi saat ini ?
    5 apakah vixion tidak over price? Pertama keluar 18jt sekarang dah berapa jt?

  178. Hal ini di sebabkan Yamaha sudah tidak mendengarkan suara dealer2nya lagi seperti beberapa tahun yg lalu. Dahulu dealer Yamaha membuat orderan unit dan di penuhi hampir 90 % dari permintaan dealer, skrg pihak pabrik / maindealer / DDS yg menentukan unit yg diberikan ke dealer ( Hanya sesuai 60% dari permintaan dealer). Intinya pembagian unit ke dealer seenaknya sendiri, dealer bukan lagi ujung tombak penjualan.
    ===========================================================
    hehehe penjelasan anda hanya membenarkan/mendukung apa yang di paparkan bro genesis …..bro genesis menjelaskan dalam bentuk strategy besarannya sedangkan anda menginformasikan kondisi real dilapangan yang tidak lain adalah impact dari hasil analisis si bro genesis. :D

    berarti dulu itu hanya faktor luck artinya konsumen yg cari anda bukan anda yg cari konsumen, dan memang dealer yamaha dimanjakan dalam hal ini berarti dealer yamaha belum teruji dan belum layak dapet gelar ujung tombak…..

    kondisi sekarang (saatnya seleksi alam dari dealer2 deadwoodnya yamaha ) : kalo kata bro genesis yamaha akan kalah telak …dealernya yamaha kesulitan dalam memasarkan motornya (ngak laku) sedangkan yamaha punya target yg harus dipenuhi …akhirnya jadi kacau tuh plan2nya ..ngak heran kalo sekarang yamaha systemnya sudah push ..udah panik coy , kalo ngak push sudah kelelep tuh MSnya …..wah anda buka kartu juga wkwkwkwk …jadi sebenarnya kondisi yamaha itu lebih parah daripada yg terlihat ..supply 300rb dari data aisi yg bulan juli kemarin itu sebenarnya udah ngap2an , yamaha gambling moga2 bisa keluar tuh karena ketolong lebaran……… :mrgreen: … anda sepertinya pengen counter bro genesis tapi kenyataanya anda malah membuka luka

  179. Terima kasih Bapak Dyon sudi memberikan penjelasan kepada kami. Mohon arahan juga kiranya stock yan menumpuk di dealer kami harus kami apakan. Kami sudah berusaha melakukan sales activity dan mengikuti kesepakatan harga. Masalahnya tak banyak calon pembeli yang walk in ke dealer saat ini. Jauh jika dibandingkan dulu. Semoga keberuntungan memberkati kita lagi Pak. Wismilak Pak.

  180. smartinnovation

    Setelah ordal2 YMKI, skrg pasukan dealer2 Y mulai masuk semua, yg SANGAT DISAYANGKAN adalah hampir semuanya tidak bisa dengan rendah hati memetik hikmah dan manfaat yg SANGAT BERHARGA melalui artikel2 di sini, semuanya cm masuk sambil marah2, sudah sepanik ini kah jajaran2 Y mulai dr YMKI nya sampai dealer2nya???

  181. @smartinovation
    Itu bukan tanda panik, kalau panik action sudah terlampaui tahap itu, ini adalah Depresi Action yang cari pembenaran dan pelampiasan.

  182. Pernahkah Anda mendengar legenda dari China tentang ikan KOI yang menjadi NAGA ??

    Legendanya simpel saja, tetapi memiliki makna yang begitu dalam. Ikan KOI dikenal dengan ikan yang indah, anggun, lemah lembut, saat itu Dia hanya memiliki 2 pilihan, mengikuti arus atau melawan arus.
    Ikan KOI yang yang mengikuti arus akan ditangkap dan dimakan. sedangkan yang melawan arus dan mendaki air terjun akan menuju dan melewati gerbang Naga; Long Men dan berubah menjadi Naga yang terbang ke Langit.

    Ini kenapa, ikan KOI sangat dihormati oleh Pedagang China dan para Samurai jepang sebagai simbul kesuksesan dan kerja keras serta pantang menyerah.

    Hidup memang seperti ini, buat apa kita menjadi 99% orang biasa. sedangkan ada 1% orang yang sukses, Coba kita lihat, 99% orang mengikuti dan tidak memiliki desire, mungkin punya tapi dia tidak memiliki determination, atau tekad yang bulat. Tekad ini sering sekali digoyahkan oleh keadaan, orang bahkan oleh diri kita sendiri.

    Jika kita ibaratkan hidup kita seperti sebuah perjalanan, ada 30 tikungan tajam, 16 jurang, 30 Tebing berbatu yang tajam, 7 samudra yang penuh ikan hiu dan paus, 8 hutan yang menyeramkan dan penuh binatang buas dan 8 Gurun yang luas, setelah itu anda akan menemukan 1 Lembah Kebahagiaan yang penuh dengan tumbuhan indah, bunga yang indah, sungai yang mengalir begitu jernih dimana ikannya pun terlihat jelas, pohon buah2an, yang kapan saja dapat anda petik sesuka hati, Orang-orang yang anda cintai di bawah pohon itu sedang menggelar tikar untuk picnik dan menikmati perjuangan anda?? Disanalah kenikmatan yang luar biasa, banyak hal pasti anda ceritakan kepada anak anda saat piknik itu. bagaiman anda melewati tikungan-tikungan tadi, bagaimana anda berjuang meloncati jurang yang dalam, bagaimana anda mendaki tebing itu yang sekali-kali anda terjatuh, bagaimana anda melawan ikan hiu dan paus yang berusaha membunuh anda, mengendap-endap melewati singa dan berlari dikejar oleh cheetah dan bagimana anda berjuang hidup di gurun tanpa tahu arah dan menemukan akhirnya lembah hijau ini yang anda dapati.

    Saat terakhir itulah kitalah NAGA untuk diri kita, setelah melewati 99 rintangan, kini mentalpun tertempa, percaya diri timbul dan begitu banyak bahagia yang anda dapatkan.
    Maka dari itu tentukan apa yang anda inginkan, Your Dream, Buat keputusan untuk menjalankannya, Make your Own Decision, Bulatkan tekad untuk menggapai mimpimu yang begitu indah, Self Determination, dan Disiplinlah dengan dirimu hidupmu dan jalanmu, Discipline.

    Ini kenapa, ikan KOI sangat dihormati oleh para Samurai jepang sebagai simbul kesuksesan dan kerja keras serta pantang menyerah.

    Sama seperti Quote yang saya posting tadi
    “HANYA IKAN MATI yang MENGIKUTI ARUS”

    Hidup memang seperti ini, buat apa kita menjadi 99% orang biasa. sedangkan ada 1% orang yang sukses, Coba kita lihat, 99% orang mengikuti dan tidak memiliki desire, mungkin punya tapi dia tidak memiliki determination, atau tekad yang bulat. Tekad ini sering sekali digoyahkan oleh keadaan, orang bahkan oleh diri kita sendiri.

    Jika kita ibaratkan hidup kita seperti sebuah perjalanan, ada 30 tikungan tajam, 16 jurang, 30 Tebing berbatu yang tajam, 7 samudra yang penuh ikan hiu dan paus, 8 hutan yang menyeramkan dan penuh binatang buas dan 8 Gurun yang luas, setelah itu anda akan menemukan 1 Lembah yang penuh dengan tumbuhan indah, bunga yang indah, sungai yang mengalir begitu jernih dimana ikannya pun terlihat jelas, pohon buah2an, yang kapan saja dapat anda petik sesuka hati, Orang-orang yang anda cintai di bawah pohon itu sedang menggelar tikar untuk picnik dan menikmati perjuangan anda?? Disanalah kenikmatan yang luar biasa, banyak hal pasti anda ceritakan kepada anak anda saat piknik itu. bagaiman anda melewati tikungan-tikungan tadi, bagaimana anda berjuang meloncati jurang yang dalam, bagaimana anda mendaki tebih itu yang sekali-kali anda terjatuh, bagaimana anda melawan ikan hiu dan paus yang berusaha membunuh anda, mengendap-endap melewati singa dan berlari dikejar oleh puma dan bagimana anda berjuang hidup di gurun tanpa tahu arah dan menemukan akhirnya lembah hijau ini yang anda dapati.

    Saat terakhir itulah kitalah NAGA untuk diri kita, setelah melewati 99 rintangan, kini mentalpun tertempa, percaya diri timbul dan begitu banyak bahagia yang anda dapatkan.
    Maka dari itu tentukan apa yang anda inginkan, Your Dream, Buat keputusan untuk menjalankannya, Make your Own Decision, Bulatkan tekad untuk menggapai mimpimu yang begitu indah, Self Determination, dan Disiplinlah dengan dirimu hidupmu dan jalanmu, Discipline.

  183. Yamaha gambling dengan delivery diatas daya serap pasar.
    Perjudian/untung-untungan yang berbahaya bila Honda memanfaatkan momentum ini dengan mendelivery dengan delivery quantity yang berlebih juga. Bila tidak habis stock setelah lebaran, bakal overstock dan bulan2 berikutnya bakal diadjust deliverynya, disana bakal MS digit awal 2. IMHO.

  184. Kalau menurut gw sih, sama halnya dengan startegy bisnis dunia IT, para petinggi2 tsb sudah memiliki kesepakatan dibelakang meja, daripada mereka bertarung habis2an yang akhirnya pepatah “kalah jadi abu menang jadi arang” akan terjadi, lebih baik mereka saling bergantian menguasai pasar, toh produk2 mereka yang sudah terjual tetap masih membutuhkan sparepart yg juga menjadi sumber penghasilan mereka.

  185. smartinnovation

    @ Bro Ali : saya sependapat dgn anda Bro. Kalaupun gambling nya menang di bln agustus ini krn terbantu kenaikan demand dimana posisi stok di H kurang (kabarnya indent, CMIIW), maka jatuhnya penjualan di bln september (krn penurunan demand pasca lebaran dan hari kerja yg pendek), ditambah launch produk baru kompetitor akan membuat Y stok sangat menumpuk di dealer2 Y, sehingga mau tdk mau Y harus menurunkan penjualkan ke dealer (aisi). Kondisi ini akan lebih parah apabila H menggenjot produksinya, mengingat indent di dealer2 nya. Jd kejatuhan penjualan Y based on aisi data akan tjd di bulan oktober, IMHO. Mengenai november, mgkn akan sedikit tertolong krn pemotongan di bln sebelumnya, dan mgkn akan sedikit naik di bln desember krn Y pasti akan menggelkontorkan produk ke dealer2nya, tanpa peduli tahun pembuatan yg msh 2011, di saat yg sama mgkn H sedikit mengerem penjualan aisi krn ingin membantu cashflow dealer2nya.keadaan berbalik 180 derajat dari kondisi 3-4th sebelumnya. That’s MHO. Bgmn menurut Bro SAS, Bro Ali, Bro Vyzex, Bro nha, dan bro2 semua?

  186. Mungkin Penulis lupa, bahwa HONDA sdh punya Brand Market yang sdh melekat dihati masy. Indonesia dari dulu. Jangankan utk tingkat dunia, utk Indonesia saja AHM jauh lebih kaya daripada YMKI. Si Kaya yang sdh punya nama akan agresif menyerang “OKB” (Orang Kaya Baru). Jika salah perhitungan dalam meladeni serangan ‘si kaya’, OKB akan jatuh, hingga timbul krisis kepercayaan masy. Sementara kegagalan si Kaya dlm serangannya tdk menimbulkan dampak yg berarti, sementara kegagalan OKB meladeni serangan si kaya, dampaknya akan lebih signifikan. Jujur saja, Kebangkitan YAMAHA tdk bisa dilepaskan dari hijrahnya VR 46 dari HONDA ke YAMAHA. Dan tahun 2011 ini, setelah ditinggalkan VR 46, terlihat jelas dominasi Honda. Setelah sekian tahun, baru YAMAHA lah yang mampu mengimbangi Honda dari segi penjualan. Jadi kita berpikir praktis saja, saat Yamaha dan SUZUKI bermain di 2 tak, siapa yang mampu menandingi dominasi HONDA di 4 tak ? Justru Penulis mestinya mengambil judul : Mengembalikan Kejayaan Honda. Toh biar kalah, masih banyak pasar Honda yang kemakan Yamaha ………………..

  187. Dari dulu, prediksi gue, Yamaha akan kalah. Kenapa? Pertama, Yamaha adalah pesaing yang buruk (bad competitor) dengan tag-line iklannya: “semakin di depan” atau “yang lain makin ketinggalan”. Tag-line ini masih workable saat VR masih di Yamaha. Kedua, Honda adalah sleeping giant, yang begitu terusik langsung menohok keras. Honda diuntungkan dengan hijrahnya VR ke Ducati. Lalu, pada lini produknya, Honda memasukkan premium product (CBR series, PCX) yang jelas-jelas tak tertandingi oleh Yamaha. Hasilnya, tag-line ‘semakin di depan’ tidak lagi punya gigi dan kalau diteruskan, menjadi ‘senjata makan tuan’. Yamaha bingung dan tidak tau lagi mau berbuat apa.

  188. Per september 2011 MS sudah kepala 3….

  189. tinggal 2 bulan lagi, koq MS yamaha belum sampai atau mendekat ke digit awal 2 ya..?????
    hahahahahaha…….
    sori, saya masih berpegang pada komen saya sebelumnya…..
    saya kutip lagi komen saya sebelumnya…..:

    ” saya bookmark halaman ini, dan jika sampai akhir tahun MS yamaha ternyata tidak berada di digit awal 2, maka sori, saya akan katakan analisis anda gak bermutu. segala analisis anda dengan paparan strateginya adalah sampah…..”

  190. @Nobita
    yap yamaha masih bertahan di 35%ms Nasional base AISI

  191. YMKI bukan hanya kalah telak, bahkan sudah DICAPLOK sama YIMM, alias DITUTUP. Per maret 2012, tidak ada lagi yang namanya perusahaan YMKI di dunia ini. Ini sih bukan hanya kalah telak namanya, tapi sudah MAMPUS!!!

    Eh nobita, kamu sebagai orang dalam YMKI apa sudah itung2an uang pesangon??? Dengar2 yang masa kerja nya dibawah 20th dianggap mulai dari NOL lagi ya??? Kmu sudah 20th belum??? Kalau sudah diatas 20th malah dipensiun dini ya???? Kasian ya!!!! Huahahahahahaha

  192. Waduh, kabar ini akhirnya terkuak juga. Apalagi ditambah dengan kondisi Market share Yamaha di bulan oktober kemarin dibeberapa area pulau jawa sudah capai angka belasan persen.secara total masih 28persen. Luar pulau masih bagus. Bisa jadi AISI data sudah tidak lagi cocok dengan data penjualan dan regristrasi motor 2 roda di data kepolisian.

  193. @ SAS : mksdnya?? Data AISI nya dipalsu??? Huahahhahaha . Udh kalah trus memalsu data??? Ckckckckck

  194. Wah Bro Nobita lagi itung-itung pesangon ya?

  195. @ rajanya_matic,
    Data market share ada dua versi, satu dari data AISI yaitu delivery pabrikan ke dealer dan satu lagi adalah data dari regitrasi STNK Samsat.
    Yang di maksud Bro SAS itu data Registrasi
    Samsat. CMIIW.

  196. Pingback: Menelanjangi Strategy, Kebijakan dan Kondisi Yamaha di 2012 | Mind Genesis

  197. @ Nobita | November 9, 2011 pukul 11:26 am |

    tinggal 2 bulan lagi, koq MS yamaha belum sampai atau mendekat ke digit awal 2 ya..?????
    hahahahahaha…….
    sori, saya masih berpegang pada komen saya sebelumnya…..
    saya kutip lagi komen saya sebelumnya…..:

    ” saya bookmark halaman ini, dan jika sampai akhir tahun MS yamaha ternyata tidak berada di digit awal 2, maka sori, saya akan katakan analisis anda gak bermutu. segala analisis anda dengan paparan strateginya adalah sampah…..”

    ========================================

    Baru aja baca http://autoblogindonesia.wordpress.com/2012/01/06/penjualan-sepeda-motor-nasional-tahun-2011-801-juta-unit/

    MarketShare Yamaha 28,9% di bulan Desember 2011, artikel ini yang sampah atau komen2 ente yang sampah berserakan dimana-mana???

  198. jadi….ada yang mau cium knalpot gak?

  199. semakin yakin kalo ybs itu time traveller

  200. @ nobita

    baca aja di blognya kang edo

    ms yamaha per desember 2011 itu 29 persen

    coba sekarang anda yg bikin analisis utk 2012?
    nanti gantian deh, kita-kita yang bookmark..

  201. Knalpot! knalpot! Siap! Wkwkwkw

  202. Gila ramalan ini benar, dari 45.22% turun ke 29.01% per dec 2012 dibanding tahun sebelumnya. Turun Besar yang sangat susah diprediksikan orang awam.
    Prediksi ke 2x.xx% terbukti benar.

    copas dari artikel diatas: “Tahun ini Market Share Yamaha Indonesia akan jatuh setidaknya di digit awal 2, dari tahun sebelumnya di digit awal 4. Artinya pencapaian Market Share Yamaha Indonesia akan turun sampai separuh dari pencapaian sebelumnya.”

    bukan blog marketing lagi, tapi dah nostradamus blog.

  203. smartinnovation

    Nobita mungkin sudah diusir kapten Tsuneo dari kapalnya… Dengar2, ada bbrp level manager kapal lama tidak mau bergabung dgn kapten Tsuneo ya??? Lebih memilih naik sekoci atau berenang sekalipun. Mhmmm mgkn itu JAUH lebih aman, mengingat MS yg udh kepala 2, pasti kapal induk juga ga akan kuat memuat terlalu banyak org, bisa jadi nanti akan ada org2 yg dilemparkan ke laut… Apalagi nahkoda nya udh pada berantem sendiri…#lempar kalengan ijo wkwkwkwkwk

  204. perkembangan yang diluar prediksi justru terprediksi disini. salute. luar biasa. fantastis.

  205. Nobita | November 9, 2011 pukul 11:26 am |

    tinggal 2 bulan lagi, koq MS yamaha belum sampai atau mendekat ke digit awal 2 ya..?????
    hahahahahaha…….
    sori, saya masih berpegang pada komen saya sebelumnya…..
    saya kutip lagi komen saya sebelumnya…..:

    ” saya bookmark halaman ini, dan jika sampai akhir tahun MS yamaha ternyata tidak berada di digit awal 2, maka sori, saya akan katakan analisis anda gak bermutu. segala analisis anda dengan paparan strateginya adalah sampah…..”
    ========================================================

    Kena batunya juga nih orang…. kasihan….. mungkin selama ini dia menganggap dirinya hebat betul.

  206. Analisis, MS yamg betul adalah mengacu bulanan, bukan akumulasi satu tahun yang di sebarkan oleh blogger “main aman” kelas kambing yang ada di warung seberang.

    Mengapa aimmingnya harus bulanan;
    1. jika tahunan, perusahaan anda tekapar karena terlena membaca market share yang terlambat bergerak karena adalah hasil akumulasi. kanker sudah meradang, tapi tak terdeteksi. (contoh kasus sudah jelas bagai gajah dipelupuk mata).
    2. 1 bulan adalah waktu yang tepat untuk merevisi taktik dan strategi jangka pendek.
    3. amplitudo harian dan mingguan terlalu cepat, Sedangkan 1 bulan adalah amplitudo yang tepat untuk membaca trend MS, sedang tahunan akan terlambat bereaksi.

    Mengenai prediksi, kalau bisa memprediksi jauh kedepan itu luar biasa, yang dibaca MS bulanannya tentu saja. salut untuk Blogger penulis Blog ini.
    Kalau sekedar baca MS akumulasi MS bulanan dalam satu tahun itu mah gampang. Semua pasti bisa. Ini trik yang dulu pernah diajarkan dosen saya waktu kuliah S1, jadi tidak perlu kuliah S2 seperti Mas3.
    Tinggal lihat saja awal tahun ini MS bulanannya berapa, +/- 2 persen sesuai trend, dan kasih +/-2% untuk toleransi pasti aman.
    Ngak percaya coba aja. Saya dan Anda pasti juga bisa kalau begitu. Tahun 2012 ini juga buatlah +/- 2 persen dari trend yang ada di MS bulan januari, kemudian dari prediksinya buatlah lagi toleransi +/-2% ==> maka amanlah prediksi anda. Misal di Januari 29%, anggap trend sedang turun, maka prediksilah -2%, jadi 27%. Prediksi anda adalah 27% dengan toleransi +/-2%, karena akumulasi MS tahunan tidak akan menyimpang jauh dari toleransi +/- 2% .Dari MS prediksi 27%. toleransi akumulasi MS memiliki range antara 25%-29% secara akumulasi, gampang kan.
    Cara penipuan dan tricky macam Bloger ale 3 mudah diterapkan. siapa yang tahu kalau di dec 2012 nanti ndelozor juga ke 12% atau naik ke 35% prediksi akumulasi masih aman aman aja, karena terkena efek akumulasi, maka amplitudo yang tinggi dari MS bulanan akan terasa bergeser dikit saja di MS akumulasi bulanan dalam satu tahun. Belajar matematika dikit pasti bisa kok.

    Bisa prediksi main aman, pakai cara tricky ini. anda juga pasti bisa seperti saya dan bisa seperti Mas3 blogger marketing alay yang suka main aman itu.

    kalau mau seperti Mas Bro Komeng yang bisa dengan tepat memprediksi MS bulanan akan jatuh di 2x.xx% saya secara pribadi TIDAK BISA dan TIDAK BERANI, so saya juga tidak menganjurkan anda memprediksi seperti Bro Komeng, karena anda dan saya pasti banyak salah.
    Bagaimana komentar Bro yang lain? mohon petunjuknya.

  207. kalo komentar saya sih standar..selama AHM belum bisa kembali ke MS 65-70%, bearti dia masih kalah sama YIMM …

  208. smartinnovation

    @Aoitsukishrine

    Kok bisa dikatakan kalah Bro?? Dasar pemikirannya apa??

  209. @smart
    tak biasanya anda berkomen dangkal Bro Smart

    peace….kaboooor

  210. @smart : dulu sebelum YMKI besar, market share AHM bisa 65%-70% (tahun 2000 ke bawah), jadi kalo masih belum kembali ke situ, ya masih bisa dianggap marketsharenya masih “dipinjem”….IMHO lho..
    Masih saya anggap AHM berusaha kembali ke masa jayanya dulu ..sama seperti ketika Manchester United “hanya” menang di EPL 2011 tapi ga menang Champions League, masih aja dianggap kalah mentereng dibandingkan generasi Treble 1999..itu jika diliat secara MS saja ya..
    Tapi jika dibandingkan keseluruhan, AHM jauh lebih baik dibandingkan tahun 2000 dulu…sama seperti jika saya bilang Man Utd generasi Wayne Rooney lebih menarik ditonton dibanding Man Utd generasi Andy Cole..

  211. Kasarnya, bulan lalu bisa jualan 70 biji, pesaing 30 biji..minggu lalu bisa jual 51 biji, pesaing 49 biji..kemaren laku 55 biji, pesaing 30 biji + new comer 15 biji, paling tidak ane masih ilang 15 biji dibanding bulan lalu kan?

  212. smartinnovation

    @ Bro aoitsukishrine

    IMHO, melihat hebat atau tidaknya sebuah perusahaan tidak bisa dilihat hanya dari perolehan MS Bro, apalagi “perang baru saja dimulai” tapi hasil akhir sudah tergambar sangat jelas. Kelihaian AHM dalam menyusun strategy termasuk memprediksi gerakan musuh bahkan melakukan gerakan tipu dan gerakan asli untuk memancing musuh dan memukul secara telak, menurut saya malah tidak pernah ada di era dibawah th 2000an dimana saat itu musuh masih banyak bermain di 2Tak, sedangkan AHM sudah lebih unggul secara teknologi dgn bermain di 4Tak, tanpa banyak kejeniusan pun, AHM secara posisi lebih menguntungkan. Justru, di Era 2007 ke atas AHM membuktikan bahwa keunggulan dia selama ini bukanlan karena keberuntungan saja, melainkan secara Grand strategy bisnis dan SDM AHM MEMANG JAUH LEBIH unggul.

    Jadi kalau anda mengatakan bahwa AHM masih kalah dengan YIMM, karena MS nya masih dibawah 65-70%, saya pikir itu pandangan yang terlalu sempit. Lagipula jika melihat situasi persaingan saat ini, MS 65-70% itu hanya masalah waktu. Kalau anda masih bersikeras, saat waktu itu datang, anda akan menjadi nobita ke dua lhooooo… Hehehehe

    Bahkan jika mau dibandingkan AHM jaman th 2000 (MS diatas 60%) dgn AHM jaman skrg (MS blm diatas 60%) anda sendiri mengakui, komen anda : ” Tapi jika dibandingkan keseluruhan, AHM jauh lebih baik dibandingkan tahun 2000 dulu…sama seperti jika saya bilang Man Utd generasi Wayne Rooney lebih menarik ditonton dibanding Man Utd generasi Andy Cole..”

  213. smartinnovation

    @ Bro kena dech : Thank’s masukkan nya Bro….. Saya juga menunggu komentar2 yang juga smart dan mendalam dari anda….

  214. @bung smart : hehehe..ane di kampus dah dipanggil Nobita kok bro…untuk komentar MS65% itu saya akui memang sempit..soalnya itu asalnya dari “intimidasi” rekan saya (kebetulan PIC supplier Yamaha sih) yang masih membekas dihati..
    Ane bukan FBY garis keras ala Nobita kok bro…motor ane 2 Honda, 1 yamaha, 1 suzuki,,
    saya akui AHM lebih baik dari tahun 2000 kemarin..tapi seperti yang saya katakan juga, selama AHM belum merebut kembali market share yang “hilang” itu, Selama Man Utd belum treble lagi, Wayne Rooyney cs tetap akan kalah pamor dari Teddy Sheringham dkk..pendapat teman saya itu akan susah hilang dari ingatan saya.
    Saya pribadi dah ilfil ma Yamaha semenjak “semakin di depan”+ “komeng commercial”…

  215. saya percaya AHM itu “genius”, tapi masih belum yakin kadar”luck” nya YIMM…

  216. kalo mau diperjelas lagi, karena AHM itu 50% Honda Motor dan 50% Astra, siapa yang sebenarnya genius di AHM? Kapten Kirk dari Honda atau Mr. Spock dari Astra?(atau sebalikanya?)

  217. @aoitsukishrine

    Per desember 2011 kan ms honda dah lebih dari 60 persen.
    Kalo bisa bertahan di situ aja, harapan anda sebenarnya sdh terkabul sejak bulan lalu.

    Tapi, tunggu dulu,
    Naga-naganya, honda nggak akan berhenti.
    Udah tersebar kabar new matic, new sport, dan new cub utk thn ini.

    Luar jawa pun masih perlu ditambah dominasinya.
    Jadi, jangat kaget kalo nanti ternyata malahan melebihi harapan anda.

    Soal tokyo atau jakarta yg lebih hebat, mungkin anda bisa melihat tokoh marketer of the year 2011…

  218. Artikel lama bisa aja ramai tiba-tiba, kok bisa ya? padahal udah lama masih ada aja yang komentar. Bagaimana cara bikin artikel yang powerful seperti ini ya? mohon petunjuk bro-bro dan agan-agan disini.

  219. yamahasukadikandang

    nah…bener kataku… nobita akhirnya masih malu2 nyium knalpot…bhua…..ha….ha…dongkol cap kapak!
    ayo nob, mau taruhan apa lagi sama aku? ngeyel kok dipiara..
    komentator2 pada jadi saksi nih… oya bro Smart, SAS, dan bro2 yg lain… benar lagi infonya; oli tsuneo (eneos) jadi sponsor…..makin2 dah yamaha di 2012!!!

  220. yamahasukadikandang

    saya panas sama yamaha karena gara2 yamaha temanku jadi bangkrut!!! dia bikin sub dealer, barang ambil dari A***S******, bangkrut karena merasa dicurangi maein dealer AS!!!!

  221. Strategi Tertinggi adalah menyerang Strategi dan Rencana Musuh, kemudian strategi terbaik selanjutnya adalah menyerang segala yang berhubungan dan persekutuan yang dimiliki musuh, kemudian menyerang pasukannya.
    Honda berhasil tahun 2011 berhasil mengatasi, menyerang dan mementahkan semua strategi dan taktik Yamaha, kemudian membuat kocar kacir pasukan Yamaha (Beat melibas Mio pada quartal terakhir 2011, begitu juga New Blade dll). Kemudian Perusahaan Leasing semua berhasil dirangkul untuk full support Honda.

  222. Leasing juga bisa lihat kedepannya siapa yang berkuasa. mereka hanya mengamankan aset aset dan account mereka.

  223. Setuju yang di atas, artikelnya seperti bangkit dari kubur.

  224. Pingback: Mind Genesis

  225. kalau menurut gw disini yg hebat bukan cuma bro komeng, tapi juga para komentator yg pastinya punya pengetahuan yg hebat juga, bro komeng dalam hal ini lebih berani membuat prediksi tentunya berdasarkan analisa yg mendalam dari sudut pandang strategi masing2 kubu (H dan Y), karena tidak semua orang memiliki akses untuk dapat mengetahui info2 yg akurat mengenai strategi masing2 kubu, jadi prediksi gw bro komeng adalah ‘orang dalam’ atau minimal ‘mantan orang dalam’ salah satu kubu, xixi.. CMIIW :D

  226. @le-bog
    kalau aku berpendapat bisa jadi justru orang luar yang sering berinteraksi dengan banyak kubu. Karena ordal Y tidak memiliki akses informasi kelas top classified dari H dan sebaliknya orang H juga tidak memiliki akses informasi top classified Y. dugaanku justru bisa jadi adalah pihak management consulting yang sudah terbiasa dengan akses-akses kelas top classified.
    apakah bisa jadi Boss HK dari M+ ?

  227. di warung trimomok ada pembodohan publik lagi, katenye;

    @vyzex
    Yaaagh setahu juragan juga… kalau ngitung market share tahun 2011 yaaagh dihitung dalam satu tahun… !!! Bukan cuma 1 bulan doang… nanti mirip seperti dulu… pabrikan anu menutup tahun dengan kemenangan penjualan… !!! Lhaaa… kepribeeen ngitungnya… ??? Yaaagh harus ada pencerdasan publik dong… betul …???
    ———————————————————————————————–
    faktanya Bro Oh noh dah jawab;
    Oh Noh | Januari 9, 2012 pukul 11:26 am |
    Analisis, MS yamg betul adalah mengacu bulanan, bukan akumulasi satu tahun yang di sebarkan oleh blogger “main aman” kelas kambing yang ada di warung seberang.

    Mengapa aimmingnya harus bulanan;
    1. jika tahunan, perusahaan anda tekapar karena terlena membaca market share yang terlambat bergerak karena adalah hasil akumulasi. kanker sudah meradang, tapi tak terdeteksi. (contoh kasus sudah jelas bagai gajah dipelupuk mata).
    2. 1 bulan adalah waktu yang tepat untuk merevisi taktik dan strategi jangka pendek.
    3. amplitudo harian dan mingguan terlalu cepat, Sedangkan 1 bulan adalah amplitudo yang tepat untuk membaca trend MS, sedang tahunan akan terlambat bereaksi.

    Mengenai prediksi, kalau bisa memprediksi jauh kedepan itu luar biasa, yang dibaca MS bulanannya tentu saja. salut untuk Blogger penulis Blog ini.
    Kalau sekedar baca MS akumulasi MS bulanan dalam satu tahun itu mah gampang. Semua pasti bisa. Ini trik yang dulu pernah diajarkan dosen saya waktu kuliah S1, jadi tidak perlu kuliah S2 seperti Mas3.
    Tinggal lihat saja awal tahun ini MS bulanannya berapa, +/- 2 persen sesuai trend, dan kasih +/-2% untuk toleransi pasti aman.
    Ngak percaya coba aja. Saya dan Anda pasti juga bisa kalau begitu. Tahun 2012 ini juga buatlah +/- 2 persen dari trend yang ada di MS bulan januari, kemudian dari prediksinya buatlah lagi toleransi +/-2% ==> maka amanlah prediksi anda. Misal di Januari 29%, anggap trend sedang turun, maka prediksilah -2%, jadi 27%. Prediksi anda adalah 27% dengan toleransi +/-2%, karena akumulasi MS tahunan tidak akan menyimpang jauh dari toleransi +/- 2% .Dari MS prediksi 27%. toleransi akumulasi MS memiliki range antara 25%-29% secara akumulasi, gampang kan.
    Cara penipuan dan tricky macam Bloger ale 3 mudah diterapkan. siapa yang tahu kalau di dec 2012 nanti ndelozor juga ke 12% atau naik ke 35% prediksi akumulasi masih aman aman aja, karena terkena efek akumulasi, maka amplitudo yang tinggi dari MS bulanan akan terasa bergeser dikit saja di MS akumulasi bulanan dalam satu tahun. Belajar matematika dikit pasti bisa kok.

    Bisa prediksi main aman, pakai cara tricky ini. anda juga pasti bisa seperti saya dan bisa seperti Mas3 blogger marketing alay yang suka main aman itu.

    kalau mau seperti Mas Bro Komeng yang bisa dengan tepat memprediksi MS bulanan akan jatuh di 2x.xx% saya secara pribadi TIDAK BISA dan TIDAK BERANI, so saya juga tidak menganjurkan anda memprediksi seperti Bro Komeng, karena anda dan saya pasti banyak salah.
    Bagaimana komentar Bro yang lain? mohon petunjuknya.
    ———————————————————————————————-
    trimomok kebakaran jenggot
    trimomok pembodohan publik
    faktanya trimomok dah dibeli sama bro r*nny ap*ng dari agency n*dyne yang pegang *a*a*a
    hayooo ngaku …..icik icik icik…..

  228. @Le_Bogs
    kita aja yang di “dalam” tidak pernah terbesit sekalipun sampai seperti itu.
    sukar dipercaya, tapi terjadi.

  229. smartinnovation

    @ Bro oh no n Bro Rodaku2

    Semakin menarik untuk membahas manakah yang lebih baik, menggunakan analisa MS tahunan atau bulanan. Agar menjadi jelas, dimanakah dan siapakah “Pembohongan publicnya”. Saya setuju dengan pemikiran Bro Oh No di atas, pemaparan anda sangat tepat Bro. dan saya ingin membahas dari sisi yang lain :

    Market Share hanyalah sebuah OUTPUT dari serangkaian PROSES yang saling terkait yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hanyalah semacam sebab-akibat atau konsekuensi logis. Artinya, kalau ada perubahan pada output, tentunya telah terjadi sesuatu pada proses. Sehingga, jika OUTPUT masih bagus, maka kesimpulan kita tentunya PROSES nya masih bagus donk, kecuali kalau OUTPUT sudah memburuk baru kita mulai berpikir, mungkin ada yang salah dengan PROSES nya. NAH, di sini lah menariknya, Prediksi Bro Genesis DIBUAT PADA SAAT OUTPUT Yamaha sedang SANGAT BAGUS-BAGUS nya, MS saat itu masih 4X,xx%. Bagi orang yang INGIN MENJATUHKAN Bro Genesis, tentunya ini dianggap kesempatan emas yang tidak boleh disia-sia kan. “BLUNDER” ini DIMANFAATKAN, namun sayang, CARANYA TIDAK BERJIWA KSATRIA, TIDAK BERANI berhadapan langsung dengan membuat PREDIKSI dengan CARA YANG BENAR, namun bersembunyi dibalik penipuan public, bermain aman, dengan cara MENYESATKAN SUDUT PANDANG PUBLIC, persis seperti yang telah dijelaskan dengan sangat baik oleh Bro Oh No.

    Saya rasa, di pendidikan PASCA SARJANA, pemikiran LOGIS yang dijelaskan Bro Oh NO sudah pasti menjadi makanan sehari-hari, lantas MENGAPA MEMILIIH JALAN di luar pemikiran logis tsb?????

    Hanya karena ingin “MEMBUNUH” Bro Genesis, maka MENGINGKARI HATI NURANI, memilih cara “PENYESATAN PUBLIC” !!! Yang sangat saya sesalkan adalah : berapa ribu orang yang telah tersesatkan hanya karena keinginan membunuh Bro Genesis. Kok sampe hati???? Bukankah BLOG dibuat untuk mencerdaskan bikers indonesia, kok yang dilakukan diberikan malah PENYESATAN???? Tapi pada akhirnya…… TIME HAS TOLD US

    Bahwa KEBAJIKAN selalu MENGALAHKAN KEBATILAN, sampai kapanpun.

    Saya bicara keras karena saya BENCI PEMBOHONGAN PUBLIC.

    STOP PEMBOHONGAN PUBLIC!!

  230. @ Bro Smart Innov
    maksutnya “juragan Mas3″ tersebut memanfaatkan statement Bro Genesis yang memplokamirkan MS Y bisa mampir di 2x.xx% dengan langsung buat statement aman masih berrtengger di 4x.xx% secara akumulasi 1 tahun dengan toleransi plus minus % githu. Secara logika awam, harusnya masih di 4x.xx% tidak ada indikasi turun kok, apalagi drastis. seandainya turunpun, statementnya masih akan aman karena inilah nilai akumulasi. Betul juga ya Bro Smart. Licik juga cara mainnya. Statement mengambang gitu kalau benar dia pasti akan berkata; ” Well, seperti prediksi Juragan di artikel…bla…bla….bla….hoax….”

  231. smartinnovation

    @ Bro Oh No

    Itulah Bro!!! Istilah kasarnya : “KEJAHATAN PUTIH”.

    Kasihan orang-orang yang sepenuh hati berniat menimba ilmu di sumur beliau. Tidak sadar kalau air nya sudah dicemari. Efek bola saljunya : setiap orang yg minum air sumur tsb akan menyimpan “virus” di kepalanya dan akan secara tidak sengaja menularkan kepada setiap orang yang diajaknya berdiskusi.

  232. kalau begitu namanya Juragan Racun ya Bro?
    wk k k k k k k….

  233. wes…sudahlah ngomongin person A B ……. pada intinya semua bloger punya pandangan yg berbeda…… cuma yang ada dan terlihat dengan jelas sekarang… blog ini lebih berbobot dari blog yg sodara2 omongkan.. saya ingat seorang manager marketing suatu product baru yg akan di louncing… “jangan pernah mengatan produk lain jelek tetapi Produk kita lebih bagus dari produk yg lain….. oleh sebab itu menjadi pelajaran juga buat YIMM dan FB nya kedepan…. stop iklan dan BC yg mengatakan produk lain jelek….coz HUKAR berlaku disemua sisi kehidupan…….

  234. Mungkin masih ada yang merasa MS akumulatif masih lumayan gedhe dan tanpa adanya produk baru, YIMM masih bisa jual motor 3,3 juta unit….senjata pamungkas kan “AHM punya modal gedhe, tiap bulan ada produk baru dsb,..wajar dong YIMM kalah MS-nya”..nah untuk mencerdaskan “salah kaprah” model begini gimana mas bro sekalian?
    Jika bos-bos YIMM masih berpikiran “ga ada model baru aja ane bisa dapat 3 jt unit laku”..salah siapa gerangan..?

  235. Y kalah karena keseringan lihat MS akumulatif. Kliatannya bertahan, tapi kenyataan dan fakta dilapangan berbicara lain.

  236. @predik
    padahal pernah dibahas disini juga…
    http://mygoldmachine.wordpress.com/2011/04/03/kecap-no-2/

  237. @smart, rodaku2, ohnoh
    tuch kalian denger, kalian jelas-jelas belain yang no2 kok beraninya ngeklaim blog nomer 1 disini dan blog lain kalina jelek-jelekkan. Ingat blog yang kalian jelek-jelekan itu jelas dimiliki orang pakar marketing yang selalu benar masukannya, sayang tidak pernah didengarkan oleh pabrikan yang kalian bela. time will tell lah!

  238. @smart, ohnoh, rodaku2, predik, sa469
    yang bener itu mbaca market share ya setahun, mana bisa di baca per bulanan terus claim begitu? inget siapa yang pernah klaim baca 1 bulan aja?

  239. mhmm coba Gue luruskan,
    Pada dasarnya untuk keperluan analysis, kedua parameter Market Share dipakai, baik Market Share Bulanan, maupun Market Share Akumulasi selama 1 tahun. Untuk kondisi analysis yang tepat, justru yang paling mendekati gambaran kondisi adalah trend dari MS bulan ke bulan itu sendiri, sehingga didapatkan bagaimana kondisi trend penjualan, atau malah kondisi keadaan kompetitor, dan sekaligus kondisi market.
    Market Share bulanan dipakai untuk segera mendapatkan signalmen untuk analysis kondisi, sehingga secepatnya take action atau bahkan revisi tactic.

    Market Share Tahunan lebih cenderung ke arah keperluan planning tahunan jangka menengah secara strategic, dengan tentunya TETAP MELIHAT TREND MS BULANAN, untuk mendapatkan gambaran lengkap yang tidak bias.

    Contoh:
    Bisa terjadi secara MS tahunan cuma turun 4%, tapi kondisi real turun sangat significant misalnya dari kondisi awal MS bulanan 43% dan kondisi akhir MS Bulanan 32%. Inilah yang dinamakan kondisi “NEAR STROKE HEADACHE” sehingga kalau kondisi ini misalnya berlanjut akan sangat berbahaya sekali.
    Sebaliknya MS tahunan naik dari 32% ke 35%, akan tetapi di dec sudah di angka 42%, maka akan sangat konyol dalam penetapan target tahun berikutnya cuma 38% (dengan alasan dari 32% ke 35% ke 38%). Seharusnya dilihat dari bulan ke bulan. Dimana misalnya di dec mencapai 42% dengan kondisi establish karena faktor competitive advantage di pihak kita, bukannya karena fluktuasi pasar. Maka target pencapaian MS tahun selanjutnya jelas harus di atas 42%. Tentunya dilihat dari berbagai banyak parameter dan trend MS bulanannya.

    Biasanya Claim MS adalah dalam kondisi establish dimana MS telah mencapai suatu angka yang telah dapat dipertahankan dan bahkan dicapai secara kokoh. Umumnya 1 tahun, sehingga seringkali memakai MS akumulasi 1 tahun. Akan tetapi boleh saja memakai MS bulanan jika pencapaian tersebut sudah memenuhi syarat claim diatas. Dimana memang benar dapat dipertanggung jawabkan. Bukan Claim karena cuma sesekali dapat mengungguli. Disini butuh kejujuran melihat kondisi diri sendiri dari pihak penge-claim MS. Dimana Claimnya adalah claim yang dapat dipertanggung jawabkan.

    Kembali ke perdebatan di atas, maka;
    Statement Gue bahwa MS akan bisa capai di kepala 2 puluhan sekian di tahun 2011 dari sebelumnya kondisi di tahun 2010 adalah di kisaran kepala 4 puluhan sekian. Menunjukkan bahwa kondisi yang Gue maksud adalah trend penjualan yang turun sangat tajam dan kondisi yang akan semakin parah.
    Judul artikel ini juga sudah menggambarkan hal ini bukan? “Kalah Telak”

    Mengenai statement dari blogger lain, Gue tidak mau berkomentar. Bagi Gue kontribusi Beliau sangat besar bagi dunia blog roda 2 di Indonesia.

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  240. Singkat cerita MS Akumulasi tahunan, akan membantu kita melihat trend tahunan dalam jangka panjang dalam kurun waktu bertahun-tahun. Sedang aplikasi analysis market, tetap harus memperhatikan MS bulanan. Misalnya Trend Tahunan yang mau kita lihat adalah 7 tahun. Maka data MS akumulasi tahunan dibutuhkan untuk menggambarkan kondisi tiap tahun berjalan, sedangkan dari 7 tahun tersebut akan sangat perlu melihat MS bulanan di 3 tahun terakhir.

    Misal :2005- 2006-2007-2008-2009-2010-2011, maka tahun 2009-2010-2011 mutlak perlu kita lihat trend MS bulanannya dari Jan ke Dec di ke-3 tahun tersebut. Sedangkan tahun yang lain tidak terlalu perlu untuk melihat trend MS bulanannya.
    Akan tetapi jika yang mau dilihat adalah trend musiman dan pergeseran trend musiman dari tahun ke tahun, maka semua data MS bulanan jadi penting di setiap tahunnya.

    Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy dulu untuk dasar analysis MS-nya. semoga membantu.

  241. @ sandal japit
    Tuh….udah dijelasin secara gamblang sama Bro Komeng…Kalau kasus ada yang klaim 1 bulan dulu itu…(IMHO)menjadi perdebatan besar karena kefanatikan FB masing2 saja..Apalagi ditambah kompor meleduk disana-sini… :D :D

  242. @sa469
    maksutnya apa Bro, mbulet githu
    enakan yang jelas-jelas aja

  243. @sandal japit
    maksut saya …klaim kemenangan 1 bulan (desember 2010 kalo gak salah)..kan jadi rancu tuh….kalau membaca penjelasan bro komeng di atas kan jelas.

  244. smartinnovation

    @ sandal japit

    Di uraian Bro Genesis kan sangat jelas Bro. KLAIM MS di angka sekian itu boleh dilakukan jika MS scr konsisten telah mencapai angka tsb, secara stabil(ada syarat amplitudo max), dlm kurun waktu tertentu.

    Sedangkan utk keperluan penerapan strategy jangka pendek, yg digunakan adalah MS bulanan, bahkan utk penyusunan strategy jangka panjang pun (7 th misalnya) hrs tetap melihat tren MS bulanan pada 3th terakhir.

    Mengenai ATPM yg mengklaim no1, itu dilakukan krn org2nya TIDAK TAHU persyaratan utk dpt mengklaim MS yg benar. Bukan berarti cara analisa MS bulanan nya yg salah…. Itu 2 hal yg berbeda Bro…. Dah paham Bro??

  245. @smart
    kalau menurut warung marketing sebelah, harusnya ya apple to apple 1 tahunan, bukan bulanan seperti yang disampaikan disini. sudah jelas ilmu marketing paten itu.

  246. Mantaffff………!!!!!

    Sdh ada contoh orang yg sdh kebanyakan makan ramuan MSG trimomok, kalo sdh sampe kena brainwash, otak jadi ngak berfungsi lg dan ngak tau lagi dimana kebenaran.penjelasan dari master maupun komentator kelas wahid pun kagak berguna.
    Belum lagi si white collar crime dgn skrenario pencerdasan otomotif melalui test ride ala anak alay, kasihan sekali yg fresh graduate maupun kalangan mahasiswa sedang belajar pada media yang salah.

    Blm lg gaya nyusup ke warung laen via klonengan yg rada2 aneh dan sedikit maaf, idiot.
    Beberapa hari ini dia sibuk, piaraannya macem no****, qw****, dll lupa satu persatu lagi juga kagak nonggol2. Cara cara terrorisme selalu dipake. Tuyul alay lah, tuyullawi etc itu semua untuk menyerang yg berani kritik dan ngak sejalan.
    Kayak makhluk plg suci sejagat aja.

    Haey bro trimomok, gimana dengan undangan gue kalo kita debate fight di arena netral sini untuk membuktikan bahwa level isi otak ente diatas rata2 atau dibawah.
    Mari kita buktikan yang putih dan hitam, jgn sok pake alasen buaya mau dikadalin. Ane tau ente selalu mantau warung ini, karena ini ganjalan untuk skenario pencerdasan otomotif dan tanggung jawab ente sbg dedengkot fby.

    Tuh liat yg punya warung ini dengan rendah hati dan bijaksana serta sangat menghargai anda. Bertobatlah Trimomok, dosa anda sdh banyak di blogsphere ini.

    1. Memecah belah dan adu domba blogger dengan memakai si benny kerbo otak jangkrik dan bro saranto untuk menyerang warung ijo, tapi alhamdulilah akhirnya bro saranto insyaf dan kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

    2. Tuh diatas skenario artikel pencerdasan otomotif.

    3. Brainwash.

    Nanti lanjut lagi

  247. @Sandal JepiiiiT
    Bro SandaL!!!
    Makanya kenapa gerakan pabrikan yang mendengarkan juragan loe selalu terlambat! tertinggal jauh dari lawannya!
    Sudah dijelaskan oleh banyak pihak disini masih belum ngerti juga. Kalau bisanya lihat dan baca data yang sudah terjadi ya tidak butuh ahli marketing. Ahli marketing yang hebat bisa baca trend kedepan. :)

  248. ane comment di warung sebelah pake modal wikipedia aja ga yang nanggepi,,,

  249. @bro Genesis
    ” Misal :2005- 2006-2007-2008-2009-2010-2011, maka tahun 2009-2010-2011 mutlak perlu kita lihat trend MS bulanannya dari Jan ke Dec di ke-3 tahun tersebut. ”

    ….baru sadar…2005 -2011…itu kan eranya yamaha mulai serius ke 4 stroke ya (CMIIW)?? 2007 – 2009 naik pesat penjualannya…bahkan 2010 pernah mencuri kemenangan MS. 2011…tau sendiri lah :D
    mantap bro!! benar2 case study yang aktual nih..

  250. smartinnovation

    @ Bro Kamen

    Xixixixi…. Salah BELI penasihat donk nih cerita nya??? Nasihatnya banyak MSG nya, bukannya menyehatkan malah bikin kanker. Giliran dah kena kanker, sarannya cethek, ngambang, ambigu, dan ga nyambung ama penyakitnya. Groundclearance lah, sidestandswitch lah, palugada lah, dll.
    Pantes aja kalahnya TELAK…. Lha sakit TBC disuruh minum obat batuk terus2an, seperti artikel Bro Genesis….

    Yg paling menyedihkan, sudah brp org yg MENJADI KORBAN spt Bro sandal ini….

    Inikah yg disebut “pencerdasan otomotif” ???

    Saya komen di sana masuk moderasi, kagak berani ditampilin, mgkn sudah dihapus….

    @ Bro Ebony
    # jujur, ane miris dengar cerita ente Bro…

  251. Nafa ente pada ngehujat dan nge-BC Rudy T? katanya disini tempatnya diskusi smart dan berbobot…tp nyatanya tak jauh seperti warung kopi tempat ngegosip dan ngejelek-jelekin orang…cuiiih..

  252. smartinnovation

    Nah…. Muncul juga…!!!
    Inilah CONTOH RIIL manusia MSG. Bisanya komen pakai emosi, krn emang logika nya lumpuh kena virus.

    Emang lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya.

    Kucing dan macan memang “mirip” , namun sekalipun kucing telah belajar “mengaum”, yg terdengar cuma ‘meonggg….’. Ha ha ha ha

    Kok saya curiga nya malah klonengan ya… Mhmmmm

  253. @ Bro Smart,
    Benar Bro, lain warung lain pelanggannya.
    Yang ngobrol di Warung Starbuck dan Warung MaSGatot pasti lain tamu dan obrolannya.
    Daya nalar masing2 penikmat kopi tentu beda2. yang kayak tahu quality kopi di suguhin Kopi Luwak No.1 juga gak kena.
    Hmm….. saya pikir ngak usah diperpanjang lagi Bro Smart, mudah2an aja yang sdh keracunan MSG bisa dinetralisir oleh antibodynya sendiri atau ketemu dokter yang bisa kasih antitoxid/antioksidan. saya juga pernah kritik artikel pepesan kosong dgn gaya sok fit proper test gitu wkwkwk….. dan levelnya kena Dech.
    Mengenai klonengan semua bisa terjadi di dunia maya.
    Keep Smart Comment Bro.

  254. ikan koi dikasih ke gelandangan juga digoreng

  255. Tahun ini Market Share Yamaha Indonesia akan jatuh setidaknya di digit awal 2, dari tahun sebelumnya di digit awal 4. Artinya pencapaian Market Share Yamaha Indonesia akan turun sampai separuh dari pencapaian sebelumnya.
    =========================================================
    ada yang mau cium knalpot panas atau sandal jepit…??? hahahahaha
    TAHUN ini (2011 red) MS yamaha berapa..?? apakah separuh dari TAHUN sebelumnya (2010) yang di digit awal 4 itu..??

    pada ngeles bicara bulan desember, jelas2 di artikelnya menyebutkan TAHUN……TAHUN….TAHUN…….

  256. percuma ngomong sama buruh kelas bawah ….ngak bakal ngerti cara pandang scr helicopter view dan strategis….apa yang dia lihat hanya angka di muka krn mrk pake kaca mata kuda …..dan percuma juga diskusi sama org2 spt ini , krn secara basic golongan mrk tidak terpengaruh mau perusahaannya terjadi krisis keq , mau pejabat2 atasnya pada di mutasi keq , mau induknya di hapus keq …perusaahannya tetap butuh buruh2 itu :D

  257. kelas buruh yang selalu demo dan demo, padahal gajinya dah lebih baik dari pada kebanyakan orang berdasi di kantoran yang level staff

  258. Ck..ck…ck……

    Satu lagi contoh barang korban MSG tjap Trimomok, ya apa mau dikata lg, yg berpendidikan aja kalo dah kena brainwash jadi buntu otaknya apalagi buruh kasar yg kgk punya otak.

    Beginilah praktek2 Trimomok dgn cara2 terorisme meneror warung yg gak sejalan, pake klonengan atau pake yg sdh dibrainwash.
    Jgn habis waktu untuk makhluk ginian Bro.

  259. xixixixi…
    begitulah..hanya membaca secara “letterleks”…
    padahal fakta2nya sudah tergambar jelas..

  260. @Nobita:
    Setuju…….gw memang buruh kasar tp msh ngerti bahasa indonesia….

  261. susah mengerti walaupun fakta di depan mata,
    masih tak mengaku kalah walau dah jelas,
    tabur sana-tabur sini…..biar makin blurr
    Yang pasti kebenaran tak bisa dipalsukan

  262. jelas2 prediksinya “TAHUN”, bukan bulan….. pada pura2 buta ya melihat tulisan TAHUN di artikelnya…??????
    beruntung tertolong angka 29 di bulan desember, jadi ada celah buat ngeles….. kalau enggak….wakakakakakakaka…..

    trus ini lagi : “pencapaian Market Share Yamaha Indonesia akan turun sampai separuh dari pencapaian sebelumnya”
    >>>>>>separuh…??? cuma turun 5 persen tuh…….
    atau mau ngeles lagi..?? wkwkwkwkwkwk……., knalpot panas ngebul…,

  263. ^ yang diatas lagi kalap cari-cari alasan bela diri karena takut makan knalpot puanass, hua ha ha

  264. @ebony:
    Lo klo mau menghujat orang silahkan tp jangan dengan kata Tri”momok”…
    Lo tau gak itu jorok artinya klo dlm bahasa sunda… bilang aja Trikampret, Trimblosok, Tripabuk…. Gw jijik lihatnya….

    @Nobita….
    Setuju Dab…… Siapa yg ngeles…siapa yg cma omdo kelihatan

  265. @ wave click

    cari-cari alasan bela diri…??
    bhuahahahahaha……. dalam rangka apa cari2 alasan…?
    yang jelas para peramal atau tukang prediksi yang sok2 jago dari atas pada meleset semua tuh…., malah pada ngeles semua lagi….

  266. siapa yang ngeles…??? siapa yang sibuk koar2 mencari alasan pembenaran…??
    YANG JELAS MS YAMAHA TAHUN 2011 tidak separuh dari MS tahun sebelumnya, juga MS yamaha TAHUN 2011 tidak berdigit awal 2.

    hahahahahaha, siapa yang mau cium knalpot panas…????

  267. kebanyakan pada mental tempe..,
    menghina dan membicarakan blogger lain di warung lain, begitu kah tingkah kalian yang menganggap diri pintar…smart..,elegan dll..???
    halah……preeettt….

  268. apalagi si ebony, salah satu fbh barisan sakit hati gara-gara warung lain membeberkan kenyataan hasil test ride honda bitch yang ternyata konsumsi bbm-nya tidak sampai 73kmpl seperti iklannya yang ngapusi……

  269. @Nobita
    Setuju dab…ayo lanjutkan perjuangan…

  270. alay fanboy ngamuk2 detected …makanya jangan pada overestimate akhirnya di ladenin , akhirnya jadi begini nih …sudah beda level sampai kapanpun ngak bakal ngerti tuh alay

  271. Mario Official Yamaha BC

    Mantap lho BC ente Mario Devan & Co, pake klonengan dan kolaborasi dgn 3@momox bakar warung ini, emang otak dan cara bc ente masih low level lah.

  272. smartinnovation

    Kelihatan kl AHOLIC ama warung MSG jd nya gmn, ga bs diajak ngomong yg berkelas…

    @Nobi
    Iya deh Bro Nobi…
    Bro Nobi hebat dech keyakinannya, buktinya Ymh tdk kalah telak kan, cm kalah tipis kan… Tahun ini juga Ymh bakal ngeluarin senjata rahasia spt omongan Bp. E P kan?????

    Ngk ucah pakai esmosi gicyu ach….

  273. kembali ke diskusi aja…
    pertanyaannya adalah apa bisa Mio Fino menyelamatkan YIMM?
    Gaungnya ma New 125 AT Honda menang mana?
    Apakah AHM juga ga punya secret weapon juga?
    Jangan2 YIMM berasumsi tahun ini AHM cm bakal re-stripping model aja?

  274. emang cara pandang ‘tahun’ bagi pekerja dan manajer itu beda….

    menurut nobita tahun itu ya setahun 365 hari…ini pemahaman leterleks nob, padahal pandangan secara bisnis tidak senaif itu dan itu jelas. data AISI pun keluar tiap bulan, jadi sebenar itungan market share yang punya arti penting adalah perbulan,,sedang MS setaun itu secara kasar kurang berarti banyak

    “Yamaha Indonesia akan Kalah Telak tahun ini (2011)”
    coba nobita baca judulnya lagi dan hayati sendiri.. dan ketika saya bertanya pada nobita
    ” pada tahun berapa MS yamaha 2x,xx persen ?”

    jawabmu apa nob?

  275. buat nobita…

    jika ga kalah telak, kenapa YMKI dicaplok YIMM ya?

  276. Benar benar seperti nobita di filmnya Doraemon.

    Ya emang serangan alay ini sudah membuktikan betapa cara pandang pelakunya begitu naif.

    Gampangnya, mengapa para jajaran top management kok sibuk baca blog ini, bukan blog yang situ. Karena Isinya di blog ini justru diatas level level kami.

    Sedang blog situ hanya bumbu bumbu ke blogger dan masyarakat awam aja. Sebagai “alat” memarketingkan, mempresepsikan dan mempromosikan produk.

    Blog ini beda.Kami dapat banyak informasi dan pengetahuan baru.Baiknya Bisnis people dan jajaran TOP Management Baca karena memang bermanfaat sekaligus kawatir saat ini strategi mereka yang justru ditelanjangi.

    Blog ini Maha Karya, walau saat ini blog situ lagi gencar mencoba memberikan menu yang sama, tapi levelnya beda jauh.

  277. Tambah lagi semua komentar bisa masuk tanpa dihapus dan dihalang-halangi, bebas berpendapat, termasuk komentar-komentar alay diatas. Saya gak tahu bagaimana dengan blog situ? Ada yang punya pengalaman menarik?

  278. @ Mario Devan,
    Gimana wilayah jatim bisa maju kalo level ente masih level buruh kasar gitu, ingat tulisan ente mencerminkan otak ente, walaupun pake seribu klonengan, tapi jiwa dan aura ente masih melekat disana. Hentikan pake banyak klonengan untuk ngaco sana sine via komen sampah ente, silakan buktiin via tulisan blog ama komen sampah di atas.
    Ingat, skrg dunia cuman selebar daun talas aja dgn adanya internet.

  279. @SAS
    kalau di warung sebelah komenq nyantoool terus, kalau disini komen kayak nobita juga kok ya dipublish terus.

  280. @cub70
    jawabnya :
    “belum pernah…liat saja MS 2011 tidak terbukti 2x,xx%”
    cuma turun ‘tipis’ katanya…. :D :D :D

  281. bagi yang memanggil nama2 saya…maaf ya sepertinya anda tidak pernah mengenal personal dengan saya….saya tidak pakai klonenangan untuk bakar2an..tolong kalo tidak punya bukti jangan mengkait2kan..

    tolong liat di comen saya waktu artikel ini pertama dibuat….

    Terima kasih

    NB: jaman bakar2an dulu da lewat buat saya…dulu bakar2an rasanya menyenangkan krn tidak menyerang personal dan dilakukan dng emosi yg dingin, sekarang banyak tuyul2 ayal hihihihihi

  282. jet aviation 1 fuel

    yg punya banyak klonengan gak hanya komengtator,,,tapi bloggerpun juga punya banyak

    kembali diluruskan ke topik awal..dari perkiraan om komeng hingga fakta yg terdata diawal tahun 2012…

    yamaha kalah telak…:D

  283. Setelah perenungan lama terhadap artikel ini, artikel ini bukan sebatas analisa mendalam dan memprediksi secara tepat saja. Akan tetapi seperti ada unsur time travel atau penerawangan masa depan secara tepat. Bayangkan judul yang dipilih bukan YMKI kalah telak, tapi Yamaha Indonesia kalah telak, seperti melambangkan YMKI sudah tak ada, yang ada Yamaha Indonesia (YIMM). Kata “Kalah Telak” juga sangat menggambarkan kondisi Yamaha saat ini. Belom lagi MS yang diprediksi anjlok bisa mencapai 2X.XX%, ternyata tercapai secara dramatis di bulan penghabisan yaitu December dengan mencengangkan.

    Serasa membaca kisah legendaris Sam Kok / 3 Negara dimana sang Master Ahli Strategi Zu Ghe Liang memaparkan Strategi dan menggambarkan kejadian yang akan datang dengan begitu tepat dan berunsur magis.

    Artikel dan Blog ini serasa membaca kisah 3 negara, dimana Zu Ghe Liang reborn di sini.

    Bagaimana? Apakah ada juga yang merasa demikian? Bro Smart? Bro Kakang Ali? Bro Safety Rider? Dan Bro yang lain? Apakah ini hanya perasaan saya?

  284. @mas Bro SAS
    kalo om Komeng diibaratkan Zuge Liang, yang manakah yang Wei, Wu dan Shu?

  285. @ Bro Aoi
    Ya bukan bermaksud menghubung hubungkan, cuma disini kemampuan Bro Komeng bagaikan Zu Ghe Liang yang mampu memprediksi kejadian dengan tepat, membuat strategi yang mampu membunuh strategi. Seakan memiliki vision yang jelas akan strategi beberapa pihak yang dinamis pada peperangan yang akan berjalan. Seorang dengan kemampuan yang layak diperebutkan oleh 3 negara yang lagi bertikai.

    Saya merasa bergelora mengikuti artikel yang serasa hidup ini. Setelah terbukti saat ini, artikel ini serasa bangkit dan menyimpan banyak kalimat misteri yang pemahamnnya baru terkuak lagi satu per satu setelah kejadiannya muncul. Dam masih banyak misteri yang masih tersimpan di dalam artikel ini. Hanya satu kata yang bisa mewakili perasaan saya saat ini. AJAIB.

  286. @bro SAS
    betul…saya juga ngrasa begitu…pas buka2 artikel2 lama…”jiwa” nya masih ada..contohnya artikel tentang yamaha fino.
    memang perlu beberapa kali membaca (buat saya) untuk menemukan “makna” dari artikel tersebut.

  287. newbieku | Januari 12, 2012 pukul 8:36 am |

    @le-bog
    kalau aku berpendapat bisa jadi justru orang luar yang sering berinteraksi dengan banyak kubu. Karena ordal Y tidak memiliki akses informasi kelas top classified dari H dan sebaliknya orang H juga tidak memiliki akses informasi top classified Y. dugaanku justru bisa jadi adalah pihak management consulting yang sudah terbiasa dengan akses-akses kelas top classified.
    apakah bisa jadi Boss HK dari M+ ?
    ——————————————————————————————-
    gw setuju bro, sepertinya bro komeng memang seorang konsultan yg hebat, yg gw inget dulu beliau masih jadi komentator dan belum punya blog ini, beliau cerita motornya jupiter mx dgn gearbox khusus yg didapet dari (sepertinya) klien-nya (yamaha) mengasapi motor2 lain, hehehe…
    jadi prediksi gw, beliau adalah “MANTAN” konsultan yamaha indonesia.. tapi tetep.. CMIIW ya, hehe..

    Revo-LeXam | Januari 12, 2012 pukul 12:35 pm |

    @Le_Bogs
    kita aja yang di “dalam” tidak pernah terbesit sekalipun sampai seperti itu.
    sukar dipercaya, tapi terjadi.
    ———————————————————————————————
    memang perspektif (cara pandang) seorang management consultant hebat harus berada diatas manajemen itu sendiri dong bro, sehingga bisa memberikan advice2 yg bisa mengcounter (bahkan mengalahkan) strategi kompetitor

    SAS | Januari 20, 2012 pukul 7:53 am |

    Tambah lagi semua komentar bisa masuk tanpa dihapus dan dihalang-halangi, bebas berpendapat, termasuk komentar-komentar alay diatas. Saya gak tahu bagaimana dengan blog situ? Ada yang punya pengalaman menarik?
    ———————————————————————————————
    gw juga pernah ngalamin komentar dihapus di blog sebelah, xixixi…

  288. smartinnovation

    @ Bro SAS

    Sbnrnya, menebak Y akan kalah di saat Y lg bagus2 nya, itu sudah sesuatu yg “extraordinary”, apalagi Bro Gen sudah mulai “melihat” scr kabur sejak akhir 2008, itu sudah sebuah “penerawangan” yg SANGAT VISIONER, apalagi di tahun 2009 dan 2010 nya Yamaha MALAH SEMAKIN NAIK… Nah!!! Mgkn bakal dikira (maaf) gila/gerot(gegar otak).

    Apalagi ditambah pemberian prediksi “waktu kejadian”. Pdhl selama waktu mar-des 2011 tsb, bisa saja kan Y tersadar dan berubah, mksd saya, masih ada banyak kemungkinan yg bs saja tjd scr tiba2, dan membuat waktu prediksi mjd meleset (toh itu msh 9 bln), namun faktor2 tsb spt telah “terlihat”. Seperti seorang pakar bola yg sejak awal pertandingan sudah bisa memprediksi di menit ke berapa akan terjadi gol????? Mungkin lebih dari itu, mgkn Bro Gen memang seorg time travel… He he he

    @ Le Blogs
    Soal warung sebelah, komen saya yg tajam dan berbobot juga tdk pernah ditampilkan… Apalagi yg kontra pendapat. Saya jd malas mampir ke sana lagi. Artikel2 yg dibuat pun semua cethek sekali. Ga mendidik sama sekali. Isinya cm pembelokan fakta. Ya yg pny udh DIBELI, ya dibuatlah ARTIKEL2 seusai PESANAN. Ha ha ha ha

  289. Sakerah kerah putih berdasi

    @Smart

    copas
    @ Le Blogs
    Soal warung sebelah, komen saya yg tajam dan berbobot juga tdk pernah ditampilkan… Apalagi yg kontra pendapat. Saya jd malas mampir ke sana lagi. Artikel2 yg dibuat pun semua cethek sekali. Ga mendidik sama sekali. Isinya cm pembelokan fakta. Ya yg pny udh DIBELI, ya dibuatlah ARTIKEL2 seusai PESANAN. Ha ha ha ha

    lah emang komen sampeyan apa di warung sebelah yang katanya dihapus dan tidak ditampilkan itu, dan di artikel apa…tulis donk disini biar kita bisa melihat relevansi omongan sampeyan. Dan kenapa TriMeMek sampai takut tidak nampilin komen sampeyan, apa kata-kata sampeyan kasar?

  290. smartinnovation

    @ Bro Sakerah
    Komen saya di artikel ini Bro, http://triatmono.wordpress.com/2012/01/07/last-lapz-honda-maju-pesat-dan-sedikit-diatas-prediksi-yamaha-dalam-zona-bahaya/

    Komen saya inti nya berbicara mengenai cara memandang MS scr tahunan dengan memberi bbrp pertanyaan kpd sang juragan, yaitu:
    1. Jika sudut pandang nya Tahunan, maka tampak sekali bahwa kondisi secara Total Akumulasi MS Tahunan Yamaha tidaklah turun secara signifikan, kok bisa beliau mengatakan pada judul artikel nya bahwa “Yamaha masuk zona bahaya”. Artinya beliau menggunakan analisa lain untuk sampai pada kesimpulan ini dong?? Krn secara analisa MS akumulasi tahunan tidak menggambarkan kondisi tersebut. Hal ini lah yang saya minta dijelaskan.
    2. Jika analisa harus dipantau tahunan, mengapa harus dipasang grafik penjualan bulanan selama tahun 2011 di artikel tsb?? Sebenarnya penting atau tidak sih analisa MS bulanan itu?? Begitupula, jika grafik penjualan bulanannya ditampilkan utk dianalisa, mengapa justru yg MS bulanan tdk ditampilkan???
    3. Jika hanya dianalisa secara total setiap tahun, bukan secara bulanan juga, apakah nanti nya tidak akan terlambat untuk mereaksi market yang selalu dinamis ini?? padahal seringkali dalam setiap artikel nya beliau selalu meminta Yamaha utk bergerak cepat.

    Bgmn, menurut Bro Sakerah, apakah ada kata2 saya yg kasar atau menyinggung beliau??? Jika tidak ada, mengapa tidak diloloskan???
    Dan seumpama Bro Sakerah adalah beliau, Jawaban dan tindakan apa yg akan Bro SAkerah berikan???

  291. smartinnovation

    Atau mungkin Bro-Bro yang lain mau memberi saran dan masukan.

    Apabila Bro2 semua adalah beliau,
    sebagai seorang Juragan,
    Public Figure yang Arif dan Bijaksana,
    sebagai seorang lulusan pasca sarjana luar negri (CMIIW) yg tentunya sangat berintelektual tinggi,
    dan juga sebagai seorang pemilik warung yang “mempunyai hati untuk mendidik Bikers Indonesia”.

    Jawaban dan tindakan apa yang akan Bro2 semua berikan??

    Silahkan memberikan pendapatnya. Tujuan kita baik kok, siapa tahu masukan dan saran dari kita bisa menjadi pertimbangan yang akan membawa kemajuan bagi beliau dan warung beliau, JIKA dan HANYA JIKA beliau mau dengan rendah hati mendengarkan saran dan pendapat para bikers. Juga, yang pasti, tujuannya adalah untuk kemajuan bersama, yaitu kita, Bikers Indonesia.

  292. @ Bro Smart
    kalo memang itu yang di komen dan di hapus,,,berarti tuh blogger sangat arogan , mau menang sendiri dan berupaya menutupi2 kebenaran …ngak nyangka ada yah manusia spt itu ….menggelikan ….ngak heran dia menduda ..lha wong bininya aja yang sangat deket sama dia aja alergi dan memutuskan out ..apalagi org lain …wkwkwk … kasihan sekali sama blogger yg satu itu ….lagaknya sok suci suka menasehati/mengkritik org lain untuk berbuat baik tapi bagaikan semut di sebrang lautan tampak jelas tapi balok di depan matanya ngak kelihatan sama dia.

  293. Sundul gan :up :up

  294. buat yg pnya warung, top markotop luar biasa dah.
    bwt warung sblh tribla3 pemb0d0h4* publik yah… cmiiw
    《♥p200ns♥》

  295. Mmg honda hebat. D saat kalah menerapkan bbrp strategy “sandwich” thd product yamaha. Mis MX kelar honda langsung balas dng new supra x ‘n cs1. Mio d sandwich ma beat, scoopy ‘n specy dll. Sdngkan yamaha tdk mmbagun strategy sandwich. Trus iklan honda mulai jam 4 sore smp jam 11 malam gencar d slh 1 tv swasta. Well hrsnya honda semakin di depan…

  296. ah ketepu semua…Des 2011 yamaha memang sengaja ngerem buat ngalihin perhatian Honda…artinya Yamaha bersandiwara…lihat aja bulan Jan-Feb ini melejit lagi

  297. @mono
    sudah elu kalao gak tau gak usah banyak bacot, bentar lagi juga njulek lagi.

  298. @moron
    alay mending dangdutan aja sono , ngak usah memamerkan kebodohan disini yah :D

  299. Dilanjut lagi dong diskusinya dg topik terkini….mana nih Bro SAS sama Smart???

  300. http://i1076.photobucket.com/albums/w459/Dara_81/Motor/Share04.jpg
    market share yamaha sebenarnya dr data samsat udh 29% per oktober 2011

  301. Lontong Loe

    sampai sekarang juga Yamaha masih kalah telak kagak bisa bangkit.

  302. jadi teringat koar koar yamaha tahun 2010 menjadi nomer 1 wk k k k

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s